Dota Allstar strategi part 1

Posted by Herman Tan | Minggu, Mei 03, 2009 | | 8 comments »

Dota Allstar strategi part 1

Guide ini disediakan untuk mempelajari tahap-tahap dasar dalam memainkan game DOTA Allstars. Ini disediakan untuk memberi gambaran dasar dalam pemetaan hero-hero.

Target dari guide ini adalah para pemula yang sedang belajar atau orang-orang yang ingin mencoba memainkan DOTA, juga untuk pemula yang muak karena menghabiskan waktunya bermain tanpa bisa membunuh musuhnya atau para pemula yang muak karena selalu diteriaki teman timnya karena kurang skill atau kurang bisa bermain dengan tim.

Guide ini tidak cocok untuk pemain yang sudah sering bermain atau pemain yang sudah berpengalaman, karena mereka tentunya sudah mengembangkan cara-cara bermain mereka dalam menghadapi musuh-musuhnya. Guide ini juga bukan disediakan sebagai panduan lengkap DOTA Allstars ataupun mencakup seluruh htmek dalam permainan DOTA. Panduan ini dibuat hanya sebagai sarana untuk mempercepat para pemula untuk belajar.

Isi dari panduan ini dibagi dalam beberapa bagian. Masing-masing berisi skill-skill dasar dan ilmu-ilmu yang harus dikuasai oleh para pemain DOTA Allstars. Semua isi yang ada di panduan ini berasal dari pengetahuan dan pengalaman pengarang dalam bermain. Tentu saja isinya tidak harus akurat. Penulis sendiri hanya pemain dengan kemampuan menengah dan mungkin banyak area dalam map ini yang tidak terlalu akurat maupun kurang tepat. Bagaimanapun, penulis berharap para pemula dapat mengambil keuntungan dari membaca panduan ini dan mengembangkan skill mereka dalam permainan ini sehingga mereka tidak dijuluki "NOOB" dalam permainan DOTA Allstars.

Tanpa basa basi lagi mari kita langsung mulai saja.

Pemilihan Hero & Membuat Item
Bagian ini mengajarkan tentang pemilihan hero dan trik membuat item dalam permainan. Pada dasarnya ada beberapa jenis hero dan beberapa lebih mudah digunakan daripada hero lainnya. Beberapa hero lebih mudah digunakan tetapi lemah atau ada juga hero lebih susah digunakan, tetapi lebih kuat.

Pilih heromu berdasarkan kemampuan "NOOBness"-mu.

Ranged :
Hero ini menembak dari jarak jauh dan maka dari itu lebih mudah untk digunakan oleh para pemula.

Melee :
Hero-hero yang lebih kuat terdapat di kategori ini, tetapi mereka lebih sulit digunakan karena gaya bertarung mereka yang mengandalkan jarak dekat. Sehingga mereka sangat rentan terhadap serangn musuh.

Agility :
Ini adalah kategori terlemah pada awal-awal permainan. Mereka memiliki hp yang rendah dan damage yang sangat kecil. Mereka biasanya dijadikan target utama hero musuh pada awal-awal permainan. Mereka baru bisa berkembang di akhir-akhir permainan dan menjadi semakin berbahaya. Hero yang memiliki status melee agility dan dimainkan para pemula biasanya menjadi incaran para hero musuh.

Intelligence:
Hero ini adalah pembunuh yang dapat digunakan pada awal-awal permainan. Dilengkapi dengan sihir yang mematikan mulai dari awal. Hero ini bisa membunuh hero-hero musuh pada awal permainan untuk mengimbangi kelemahan mereka dalam bermain lama. Kecepatan yang lambat dan hp yang rendah membuat mereka sangat rapuh. Akan teteapi bisanya hero Intelligence memiliki serangan jarak jauh.

Strengh :
Hero jenis ini juga bisa berkembang pada akhir-akhir permainan. Mereka memiliki hp yang banyak dan tingkat damage yang sangat besar. Kelemahannya adalah, mereka bisanya penyerang jarak dekat.

Ada beberapa jenis cara bermain yang bisa disesuaikan dengan jenis hero. Dan untuk pemula, kamu hanya perlu mengetahui 3 jenis saja.

Pusher/Tanker :
Hero yang dapat melakukan ini harus hero yang bisa menerobos ke depan dan menghadapi creeps tanpa resiko mati. Jenis bermain seperti ini membutuhkan hero yang memiliki hp banyak, cara hunting yang baik dan tingkat recovery hp yang tinggi.

Hero Killer :
Yang bisa dipakai adalah hero yang dilengkapi dengan physical dan magic damage yang besar. Ini adalah jenis hero yang bisa tiba-tiba muncul dibelakangmu dan mengenaimu dengan pukulan kritikalnya. Biasanya dijuluki dengan assassins. Cara bermain seperti ini memerlukan keseriusan dalam menaikkan tingkat damage, penepatan hero yang baik dan pergerakan hero yang baik.

Support :
Hero jenis ini merupakan yang cukup berguna. Karena bisa membantu dalam mendorong pasukan atau memberika suport pada hero lain. Bahkan dapat membunuh hero musuh. Hero ini biasanya memiliki skill stun, disabling atau area attack.

Jika timmu sebelumnya sudah membahas strategi dan menentukan hero jenis apa yang harus dipakai tiap pemain, pilihlah yang paling mudah kamu gunakan. Hero jarak jauh biasanya lebih aman untuk digunakan. Pastikan kamu sebelumnya sudah mencoba hero tersebut. Jangan memilih hero yang belum pernah digunakan orang lain sebelumnya hanya karena hero tersebut terlihat keren atau gagah.

Buka DOTA-Allstars.info atau DOTA-Allstars.com untuk lebih memahami mengenai hero dan item-item-nya. Banyak orang telah menyarankan item-item yang harus dibeli dlam membentuk sebuah hero. Baca forum dan cari satu cara membentuk hero yang sudah dibaca orang banyak dan mendapatkan pengakuan dari orang yang sudah mencobanya. Cari keuntungan dan kelemahan dari setiap hero yang kamu mainkan dan selanjutnya dapat kamu gunakan dalam permainanmu. Ada bermacam-macam cara membentuk hero sesuai dengancara bermainmu. Hal ini akan dibahas nanti.

Ingat bahwa tidak ada jalan pintas menuju sukses. Rajinlah berlatih dan baca review atau hints sebanyak-banyaknya dan pelajari. Caritahu item apa saja yang harus dibeli dan ketahui juga resep-resep dalam pembuatnnya. Kamu pasti tidak mau mengahbiskan waktumu untuk berdiri di dekat fountain untuk melihat apa kegunaa dari suatu item atau bahkan berlari kembali ke pedagang hanya karena kamu kekurangan 20 gold. Perkecil kesempatan rekan setimmu untuk selalu marah-marah kepadamu.

Ini adalah beberapa tips item yang harus dibeli untuk membentuk hero yang bermacam-macam :

1. Membeli item yang menambah statistik:
Ini adalah fakta yang mendasar: menambah poin pada strengh juga akan menambah jumlah hpmu. Terutama jika heromu merupakan hero yang berdasarkan kepada strength ini juga akan memberimu tambahan pada damage. Menambah poin agility pada heromu juga akan menambah jumlah armornya dan jika heromu merupakan hero Agility, maka damage-nya pun akan bertambah. Begitu juga jika kamu menambahkan intelligence pada heromu akan menambah jumlah mananya dan jika heromu merupakan hero Intelligence juga akan menambah damage-nya. Mudah, kan?

Jika kamu memainkan hero yang memiliki hp kecil pada awalnya, mungkin lebih baik jika kamu membeli item yang dapat menambah statistik heromu. Contohnya bracer untuk hero Strengh, nulltalisman untuk hero Intelligence dan wraith bands untuk hero Agility. Contoh lebih baiknya adalah ultimate orb.

2. Membeli item yang menambah damage:
Banyak item yang hanya menambahkan damage tanpa menambahkan statistikmu, dan kamu harus berhati-hati dalam membeli item ini. Karena kamu adalah seorang pemula ada baiknya jika kamu mencoba menyeimbangkan antara damage dan statistik daripada kamu membentuk hero yang hanya memperhatikan salah satu antara hp atau damage. Contohnya jika kamu membentuk hero dengan damage 50 tapi hpmu tetap pada rata-rata 900, maka dapat dipastikan kamu akan dengan mudah dibunuh.

Akan tetapi jika kamu menikmati bermain sebagai assassin, maka kamu bisa mencoba cara dengan menambahkan damage terus menerus. Misalnya dengan lebih memilih membeli sacred relic daripada messerschmidt's reaver. Tapi harap tetap hati-hati.

3. Membeli item yang meningkatkan hp/mana regenerasi:
Saya pernah melihat orang membeli ring of regenerations atau sobi mask lebih dari 4 atau 5. Hal ini sungguh konyol. Item ini memang bagus. Tapi dalam permainan DOTA, ada yang dinamakan titik efisiensi. Terlalu banyak terkadang membuat tidak efisien. Buat apa membelanjakan uangmu untuk regenerasi hp/mana jika kamu tidak mempunyai hp dan damage yang cukup untuk membunuh musuhmu? Selalu beri keseimbangan dalam membentuk heromu. Kecuali kamu tahu apa yang kamu lakukan, membeli item yang sama dengan berlebih akan membuatmu kesusahan dalam pertempuran panjang.

Lebih-lebih, beberapa basic item dapat digabungkan dengan basic item lainnya untuk membuat suatu item yang lebih baik. Mengapa tidak mencoba menggabungkan ring of health dengan void stone untuk membuat perseverance? Cara ini lebih efektif untuk meng-equip heromu dibandingkan dengan memenuhinya dengan basic item.

l Kategori item ini sangat cocok dengan hero yang dipakai untuk mendorong pasukan musuh

4. Membeli item yang memberi efek vampiric aura:
Saya juga pernah melihat orang membeli 3 sampai 4 mask of death dan helm of dominators. Ingat lagi tentang efisiensi dalam membeli item. Tidak berarti jika kamu membeli 3 sampai 4 item yang sama akan meningkatkan efektifitas heromu. Tapi tolong diingat bahwa ada beberapa item yang jika kamu membelinya beberapa tetap bisa efektif.

Jika kamu menggunakan hero Intelligence, ada baiknya jika kamu tidak membuang-buang uangmu untuk membeli item yang memiliki vampiric aura, kecuali jika kamu mempunyai banyak uang dan tidak tahu lagi apa yang akan dibeli (yang sepertinya sangat jarang terjadi). Pertama-tama mungkin kamu akan lebih mengandalkan magic jarak jauhmu karena mungkin kamu memakai hero range, karena dari itu kamu akan jarang terlibat kontak langsung dengan creep. Yang kedua, seranganmu mungkin terlalu lambat sehingga membuat vampiric aura menjadi sangat tidak efektif. Saya mungkin sudah selesai makan siang tapi heromu belum juga merekover hp-nya secara penuh dengan vampiric aura.

Item ini lebih baik digunakan oleh hero Melee atau hero Agility yang memiliki serangan dengan kecepatan tinggi. Jika kamu masih belum yakin dan mengerti, coba kamu bermain dengan menggunakan Naix sampai level 25. Kamu akan melihat apa yang saya maksud dengan serangan berkecepatan tinggi digabungkan dengan vampiric aura.

5. Membeli item yang memberi aura:
Beberapa aura tidak bisa digunakan menumpuk. Contohnya Corruptionaura dari Stygian Desolator dengan vampiric aura dari Helm of Dominators. Kamu hanya bisa memakai satu aura walaupun kamu membeli keduanya. Untuk mengetahui mengenai item apa saja yang bisa dan tidak bisa dipakai sekaligus coba baca di DOTA Allstars forum.

6. Membeli item yang memberi efek stun/bash:
Hal ini hampir sama dengan penjelasan mengenai vampiric aura. Sebagai contohnya adalah Cranium Basher.

Item ini memberimu kesempatan untuk mengeluarkan efek stun atau bash pada pukulanmu dengan persentase tertentu. Tapi jika heromu memiliki kecepatan pukulan 1/detik, lebih baik beli saja item lain. Kenapa? Karena kesempatan baik mendapatan efek ini sangat ditentukan dari kecepatanmu memukul. Semakin banyak pukulan yang keluar dengan waktu yang cepat akan lebih baik karena efek ini bisa lebih sering keluar. Item ini lebih cocok digunakan oleh hero Agility yang memiliki kecepatan tinggi dalam pukulan. Atau juga hero Melee yang memiliki item penambah kecepatan pukulannya. Sebagai contohnya adalah Bone Fletcher.

7. Membeli item yang dengan kemampuan lebih tinggi:
l Ini sangat penting: saat kamu memutuskan untuk membeli item dengan kemampuan yang lebih tinggi, pilihlah dengan bijaksana. Pada awal permainan jangan langsung menabung untuk membeli item yang mahal atau berkemampuan tinggi seperti Butterfly. Sebaiknya kamu membeli item yang bisa meningkatkan statmu perlahan dan selanjutnya terus mengumpulkan untuk item yang lebih baik. Kecuali lawanmu adalah seorang pemula yang membiarkanmu hunting sampai uangmu bisa membeli Butterfly. Kamu tidak akan bertahan lama dengan pemikiran semacam itu.

Bayangkan skenario seperti ini: dalam permainan 1vs1, kamu dan musuhmu memiliki kemampuan damage poin 1. lalu ada 2 jenis item, yaitu item level 4 seharga 1000 gold dengan efek 100 damage dan ada item level 2 dengan efek 10 damage seharga 100 gold. Lalu kamu menabung untuk membeli item level 4, sedangkan musuhmu membeli item level 2. pada saat uangmu sudah mencapai 999 gold, heromu masih memiliki 1 damage poin, sementara musuhmu mungkin sudah memiliki 91 poin damage. Saat kalian bertemu, kira-kira mana yang akan lebih sering terbunuh? Kamu mengerti, kan?

Sangat beresiko menabung untuk item yang harganya sangat mahal, seperti seharga 3000 gold atau lebih. Apalagi pada awal-awal permainan.

Jika ingin memakai Butterfly, perhitungkan resepnya: Butterfly Scroll (1400), Eaglehorn (3450), dan Quaterstaff (1150). Sekarang bagaimana menurutmu urutan membelinya? Jika kamu berpikir untuk membeli Scroll Butterfly terlebih dahulu, berarti kamu benar-benar tidak memperhatikan petunjuk-petunjuk sebelumnya. Atau jika kamu terus menabung untuk membeli Eaglehorn terlebih dahulu, artinya kamu juga terlalu percaya diri. Urutan terbaiknya adalah membeli Quaterstaff dahulu, Eaglehorn baru membeli Butterfly Scroll.

8. Tips dasar membeli item:
Lihat apa skill heromu. Jangan membeli item yang mempunyai bonus skill sama dengan heromu. Contohnya Naix dilengkapi dengan mask of death sama dengan sia-sia. Atau split arrow milik Medusa kamu tambah dengan membeli battle fury. Karena hanya akan membuang-buang uang.

Tentukan strategimu sejak awal bermain. Tentukan tahapan pembelian item-mu dan ikuti terus. Belilah item karena itu berguna, bukan karena terlihat keren.

Artikel Yang Berhubungan:



8 comments

  1. antwa // Agustus 29, 2009 12:34 AM  

    wah...penggemar dota juga yah..suka yang online or yang offline...?????

  2. sanman // Agustus 31, 2009 12:42 PM  

    saya suka yang offlne aja...
    coz yang onlinennya egk tau caranya gimana...
    sudah dicoba2 tapi egk terkonek...
    bisa bantu bro?

  3. Anonim // Desember 07, 2009 9:03 PM  

    Game DOTA memang paling yahud!

  4. ahmadabdun // April 18, 2011 10:50 PM  

    wah bermanfaat nih, ane pemula nih bro . main bnet diolok2 mulu gara2 masih noob :p hehehe

  5. fahri hihi // Agustus 11, 2012 9:30 AM  

    makasih admin, manfaat banget :)

  6. fahri hihi // Agustus 11, 2012 9:32 AM  

    makasih admin, manfaat banget
    Tapi mau numpang nanya nih, kalo pengertian stack itu apa sih ? Biasanya kan ada di item item atau pada skill hero :)
    Tolong di balas ya min, makasih..

  7. sanman // Agustus 11, 2012 10:03 AM  

    Stack itu artinya item armor yang tidak cocok dengan skill si hero. Contoh kayak stygian desolator, tidak bisa digunakan ke hero yang sudah punya skill permanen "lifesteal" atau lewat item2 lifesteal kayak "satanic" dan "vladmir "offering".
    Alasannya, karena di stygian desolator sudah ada bonus status -6 def, jadi tidak mungkin lagi di kombinasikan dengan skill lifesteal. Sama kayak ice of srikadi, yang membuat status slow ke lawan apabila terkena.
    Kalo masih ngotot pake item2 stack, bisa, tapi hanya nambah ke damage, tapi status buffnya akan ada salah satu yang dikorbankan.

  8. fahri hihi // Agustus 11, 2012 12:02 PM  

    oh iyaya, maklum masih pemula, saya engga tau hehe..
    Makasih ya min :)

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentarmu disini
Leave Your Comment Here

Komentar yang berbau SPAM dan mengandung LINK tidak akan ditayangkan