03 Mei 2009

Dota Allstar strategi part 2

Dota Allstar strategi part 2

Bermain Individu
Chapter ini berisi beberapa petunjuk cara bermain individu. Tidak peduli hero apapun atau jenis permainan apapun yang kamu mainkan, ada beberapa taktik yang digunakan untuk mengembangkan cara bermainmu. Chapter ini akan sedikit mengajarkan mengenai itu. Skenario apa saja yang terlintas di pikiran saya, ada di bawah ini:

1. Latihan membuatmu semakin baik
Jelas bahwa, semakin sering kamu memainkan sebuah hero, semakin baik juga caramu memainkannya. Cari hero terbaikmu dan cari tahu apakah itu hero terbaik yang baik yang bisa kamu pilih dan apakah sesuai dengan susunan timmu. Lalu berlatihlah terus dengan hero itu sampai cara bermainmu semakin lancar. Misalnya kamu akan lebih mudah untuk menggunakan shotkey skill dan lebih mudah dalam mengatur skill dan item.

2. Melakukan penyelesaian akhir
Selalu lakukan yang terbaik dalam menyelesaikan suatu serangan terhadap hero. Ini akan sedikit susah dilakukan hero Range daripada hero Melee dan membutuhkan sedikit latihan sampai kamu bisa melakukannya dengan baik. Ingat baik-baik jumlah damage heromu setiap serangan dan perhitungkan waktunya baik-baik untuk memberi serangan terakhir.

3. Range(kamu) VS Melee(musuhmu)
Ini mungkin adalah situasi terbaik yang bisa kamu dapatkan. Karena kamu memiliki kelebihan jarak dalam menyerang. Akan tetapi hati-hati jika musuhmu juga memiliki damage skill seperti Leoric dengan Bolt-nya dan Lucifer dengan skill Doom-nya. Selalu ketahui skill musuhmu. Jangan menunggu sampai kamu mati beberapa kali untuk mengetahuinya.

Jika musuhmu tidak memiliki damage skill. Posisikan heromu di belakang unitmu. Lalu jika hero musuhmu mulai maju untuk menyerang unitmu, serang dia sesekali.

Ingat, creep musuh akan menyerangmu jika kamu menyerang hero musuh begitu juga dengan tower. Jadi serang ia satu atau dua kali, lalu mundur lagi kebelakang. Creep musuh tidak akan bisa mengejarmu karena terhalang dan akan kembali menyerang unitmu. ditambah unitmu akan akan terus memukul creep musuh saat mereka berusaha mengejarmu. Kamu juga bisa menggunakan ini untk memancing creep musuh ke arah towermu. Berlatihlah dengan metode ini agar kamu terbiasa dengan memainkan mousemu.

Jika hero musuhmu memiliki damage spell, selalu perhatikan slot mananya. Jika ia punya cukup mana untuk mengeluarkan spell, mundur segera. Ia akan dihalangi oleh unitmu. lebih bagus lagi jika ia mencoba menyerangmu dengan tangannya. Unitmu akan menyerangnya saat ia melewati mereka. Dan saat itu kamu bisa menyerangnya sesekali saat ia kembali terhalang oleh unitmu. taktik ini sama dengan taktik Hit-and-Run. Sabarlah dan tunggu hp musuhmu tersisa sedikit untuk menghabisi musuhmu.

4. Range Intelligence (kamu) VS musuh jenis apa saja
Salah satu taktik yang digunakan jika memakai hero Range Intelligence adalah selalu menggunakan damage spell. Tapi jaga agar hp musuhmu tetap setengah. Karena jika terlalu rendah kebanyakan orang akan langsung kembali ke fountain untuk me-recover. Rata-rata hero Range Intelligence memiliki ultimate skill yang sangat mematikan. Jadi saat hampir mancapai level 6, saya kembali ke fountain untuk mengisi mana dan hp. Lalu saat saya sudah mencapai level 6, saya memiliki mana yang cukup untuk memakai skill dan ultimate skill. Dan satu skill biasa ditambah ultimate skill pasti bisa mebunuhnya.

Pastikan kamu mengetahui jarak skill-mu. Gunakan dahulu skill yang berjarak lebih rendah baru kemudian menggunakan yang jaraknya lebih jauh untuk berjaga-jaga jika ia melarikan diri. Jangan lupa untuk membeli boots of speed agar kamu bisa mengejar musuhmu.

Jika kamu yang melawan hero Intelligence, berhati-hatilah jika ia mengeluarkan skill-nya tiba-tiba. Jika ia berdiam diri sedikit lama dan tiba-tiba maju, mungkin ia akan menyerangmu dengan skill-nya. Cepatlah mundur untuk menghindar. Terus lakukan ini dan kamu pasti bisa mengalahkannya.

5. Melee(kamu) VS hero jenis apapun
Seperti yang sudah dijelaskan di edisi lalu, bahwa hero Melee merupakan hero agak susah untuk berkembang. Akan tetapi dengan hp-nya yang besar dan damage-nya yang sangat besar, mereka akan menguasai jalannya permainan yang bertahan lama atau di akhir-akhir permainan. Jadi hero Range akan terus menguasaimu pada awal-awal permainan dan hanya dengan cara terus menekanmu mereka bisa mengamankan jalannya permainan.

Maka dari itu jika kamu memakai hero Melee dan melawan hero Range, apalagi renge intelligence, berhati-hatilah. Jangan terlalu maju dan tahan posisimu. Terus tekan alt untuk melihat hp unitmu dan creep musuh. Saat hp creep musuh tersisa sedikit, selesaikan dan mundur lagi.

Terus berada di sekitar area itu agar mendapat exp point. Terkadang kamu harus merelakan tower pertamamu untuk menjaga kamu tetap hidup. Lagipula tower pertama memang sering dihancurkan pada awal-awal permainan. Yang penting adalah, tetap sabar dan terus leveling dan mengumpulkan uang. Kamu akan terkejut saat mengetahui seberapa cepat hero Melee dapat mengumpulkan uang karena mereka hanya melakukan serangan terakhir.

6. Taktik melarikan diri
Ada banyak taktik mengenai cara melarikan diri di saat kamu hampir mati. Yang ada di sini hanya beberapa trik dasa untuk melarikan diri.

l Saat kembali ke markas, kita tidak hanya mengklik markas dan membiarkan heromu berjalan sendiri kembali. Kamu harus terus mengenda-likannya dari titik ke titik. Karena jika tidak, mungkin heromu akan melalui jalan yang sana dengan unitmu sehingga mereka akan bertabrakan terus menerus dan memperlambat gerakanmu. Hal ini memberi kesempatan hero musuh untuk mengejarmu dan membunuhmu. Jadi perhatikan gerakan unitmu dan atur gerakan heromu.

l Perhatikan ke mana arah larimu. Terkadang heromu berlari melewati tower musuh. Jika kamu memiliki sisa hp yang sangat kecil dan jauh dari markas. Larilah ke tower-mu yang terdekat. Hal ini mungkin akan membuat hero musuh menjadi segan untuk mengejarmu. Akan tetapi jika hero musuh masih memiliki hp yang banyak ia mungkin tidak akan keberatan diserang tower-mu asalkan dapat membunuhmu. Ada banyak jalan pintas untuk mencapai tujuanmu. Jadi selalu perhatikan gerakan heromu untk menghindari kematian. Ada kalanya kamu bisa menerobos masuk ke pepohonan untuk mendapatkan jalan pintas dibandingkan harus memutar pepohonan. Dan jangan mengubah arah karena hanya akan memperlambatmu.

l Perhatikan pembicaraan teman timmu. Terkadang mereka tahu jika kamu dalam kesulitan dan akan datang untuk menyelamatkanmu. Jadi selalu lari ke arah temanmu.

l Beberapa orang sangat bernapsu membunuh-mu sampai-sampai mereka tidak peduli tower me-nembak atau unitmu sedang memukulnya. Jika kamu sedang berlari dan melewati tower dan unitmu, se-dangkan musuhmu sedang mengejarmu, cepat stun dia sehingga tower dan unitmu dengan senang hati akan terus menyerangnya. Jika kamu tidak memiliki skill stun, mungkin kamu berlari mengelilingi tower-mu sehingga ia akan menjadi frustasi karena tidak dapat memukulmu. Mungkin timmu akan men-dapatkan satu pembunuhan lagi untuk alasan yang sia-sia.

Permainan Tim

Chapter ini sedikit mengajarkan mengenai cara bermain tim dan bekerjasama. Pada akhirnya DOTA adalah permainan tim, bukan permainan individu. Jadi menghargai cara bermain timmu adalah sesuatu yang sangat penting. Berlatihlah untuk menjadi pemain tim yang brilian, bukan untuk menjadi pemain solo yang brilian. Dengan begitu kamu akan diterima bermain di tim mana pun. Saya memperhatikan banyak sekali pemain yang berusaha menjadi pemain solo yang hebat. Meskipun ini meningkatkan percaya dirimu dan membuatmu menjadi terkenal, tapi sepertinya tidak akan berfungsi baik di dalam tim. Dalam permainan ini setiap hero bisa dilawan dengan suatu hero. Tidak ada hero yang terlalu superior. Jadi semuanya tergantung dari caramu bermain dan permainanmu dalam tim untuk menentukan kemenangan.

Ini adalah beberapa contoh skenario yang terjadi dalam permainan tim:

1. Membantu temanmu melarikan diri
Jika kamu berpasangan dengan orang lain di suatu tempat. Ingatlah untuk selalu saling menjaga. Jika hero musuh meng-stun temanmu dan siap untuk memakannya, segera stun musuhmu juga. Jika kamu tidak memiliki skill stun, keluarkan skill apa saja yang kamu miliki. Bahkan pukulan biasa saja mungkin akan membuat hero musuh berubah pikiran dan ragu-ragu untuk menyerang temanmu. Ingat ini. Saya sering sekali melihat seseorang melarikan diri saat temannya sedang diserang meskipun hp-nya masih penuh. Bahkan terkadang samai menghalangi saat temannya mau melarikan diri. Hal ini akan berakibat buruk bagi reputasimu di DOTA. Bahkan tidak jarang pemain lain yang akan mulai mencacimu. Tentu saja saya tidak menyuruhmu untuk masuk ke dalam situasi dan mengorbankan dirimu. Lakukan apa saja yang bisa membantu tanpa ada korban dari pihak timmu. Bahkan jika kamu seorang pemula, usaha seperti itu akan sangat dihargai oleh teman satu timmu.

2. Membantu teman timmu untuk membunuh hero lain
Jika kamu memiliki skill stun atau slow, hal ini akan sangat berguna. Banyak permainan DOTA dilakukan dalam game online, di mana kamu hanya bisa berkomunikasi dengan menulis tidak berteriak seperti saat kamu bermain LAN. Jadi kamu harus bisa sedikit mengembangkan telepati dengan teman satu timmu dengan cara membiasakan melihat gerak-gerik temanmu. Jika kamu melihat temanmu mengeluarkan skill stun-nya ke hero musuh dan kira-kira ia tidak bisa membunuhnya sendiri, maju dan keluarkan skill stun-mu saat stun temanmu sudah habis. Ini disebut kerjasama yang baik. Jika kamu bisa melakukan ini, usahamu akan dilihat dan sangat dihargai oleh yang lainnya.

3. Bertahan lebih utama daripada membunuh
l Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang lain adalah mengejar hero musuh yang sudah sekarat sendirian. Kecuali kamu bermain 1 VS 1, jangan lakukan ini. Karena hero musuhmu yang lainnya akan segera muncul dan langsung mengeluarkan skill stun-nya ke kamu.

l Juga jangan pernah meninggalkan markas yang sedang butuh bantuan untuk mengejar satu hero yang sedang sekarat. Mungkin jika membunuh hero kamu akan mendapatkan uang dan experience point, tapi tower tak ternilai harganya. Jadi dalam kasus ini bertahan dulu untuk nantinya menyerang balik adalah suatu hal yang lebih baik daripada mengejar hero sekarat sendirian. Bahkan lebih bodoh lagi jika kamu mengejar sekelompok hero yang sekarat sendirian. Ingat, heromu bukan superman.

4. Pertahanan tim
Pada akhir-akhir permainan, biasanya satu tim bersama-sama mendorong satu arah pertahanan musuhnya. Jika kamu yang sedang diserang, pastikan kamu ada di sana untuk membantu. Jika kamu sedang asik berburu di sisi lainnya, timmu bisa dipastikan akan membunuhmu. Selalu bertahan sebagai tim saat sedang diserang. Cari titik yang baik untuk bertahan. Tempat bertahan paling baik adalah di depan tower. Jika salah satu temanmu sedang dipojokkan. Segera stun musuh yang paling berbahaya. Jika tidak memiliki skill stun, lakukan apa saja.

Kesimpulan

Ada alasan mengapa diulas permainan tim di akhir-akhir. Karena memang harus ditekankan bah-wa permainan tim sangat penting. Dengan berlatih kamu bisa menjadi pemain DOTA yang hebat. Tapi menjadi pemain DOTA dalam suatu tim adalah hal yang sangat sulit. Apalagi jika kamu bermain dengan orang asing. Untuk mempelajari permainan individu sangat mudah, tapi permainan tim sangat susah.

Memang bahwa jika kamu menjadi pemain DOTA individu yang ahli akan sangat dihargai apa-lagi jika kamu bisa melakukan GODLIKE dengan mudah. Orang-orang akan menghargaimu. Tapi ti-dak semua game dapat dimenangkan dengan permainan individu yang brilian. Kamu tidak akan bertemu dengan pe-main pemula yang sama terus. Terkadang kamu akan mengha-dapi tim yang kerja-samanya sangat baik. Dan biasanya mereka terdiri dari orang-orang yang me-miliki skill individu biasa saja, tapi kerja-sama kelompok-nya sangat luar biasa.

Sebagai pemula, sangat penting jika kamu terus rajin berlatih untuk meningkatkan skill-mu. Tapi ingat jika kamu bermain dengan orang lain, segera latihlah kerja sama timmu. Bekerja sama dengan timmu dan menangkan permainan bersama-sama. Saya lebih memilih bermain dengan orang yang memiliki kemampuan individu rata-rata, tapi baik dalam bekerja sama. Dibandingkan orang yang memiliki kemampuan individunya tinggi, tapi buruk dalam bekerjasama.

Banyak sekali yang bisa ditulis mengenai DOTA Allstars, jadi pastikan kamu rajin membaca guide-guide DOTA yang lainnya. Masih banyak taktik dan strategi yang baik dan banyak penulis yang lebih baik ikut menulis mengenai DOTA.

Mudah-mudahan guide ini berguna dalam melatih permainanmu Dan semoga. tidak ada orang lain lagi yang menyebutmu "pemula". Good luck and may the Force be with you!

1 komentar:

sanman mengatakan...

haha...
bro tahu aja...>.<