18 Mei 2009

KISAH PERJALANAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN SIUTAO

KISAH PERJALANAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN SIUTAO

Waktu pertama kali saya mengetahui situs www.siutao.com ini pada tahun 2004, senang rasanya karena dapat mengetahui lebih banyak lagi tentang TAO. Maklum, setahu saya, situs inilah yang pertama-tama ada yang membahas tentang TAO, kemudian disusul situs yang lain, seperti www.tao-4u.zzn.com dan www.kelenteng.com Tujuan saya yang pertama kali tentunya ingin belajar sedikit lebih dalam tentang TAO itu seperti apa dan bagaimana.

Tapi, setelah mengetahui adanya forum diskusi tentang TAO disitus ini, saya pun tertarik untuk mengikutinya. Sejak mendaftar pada tahun 2004, saya agak bingung dan kesulitan untuk posting, karena kurang paham. Maklum lagi, waktu itu saya masih SMP, bahasa inggris masih belum fasih. Nah, nanti pada waktu tahun 2007 bulan Juli baru saya register kembali dan berhasil untuk posting yang pertama kali. Masih ingat juga topik pertama kali yang saya buka adalah tentang ritual thang sin/lo tung. hihi, langsung “diserbu” teman-teman forum. Apalagi waktu itu saya egk basa-basi, maklum, belum mengenal karakter ss/sc di forum dan etika diskusi yang baik, serta masih penuh pertanyaan. Jadilah saya terus membantah sampai pak mod pun harus mengunci topik tersebut karena dianggap debat kusir.

Saya diberi pengertian yang baik tentang apa dan bagaimana hal tersebut. Kalo egk salah masih ingat juga kata2 dari bro shanmao yang sangat ngotot terhadap pemahaman saya waktu itu. Banyak juga bro2 yang lain, Cuma dah lupa coz dah lama. Untung ada bro chang (bingung juga, apa chang = handoyo chang = zhangjia = imlek, hihi) yang bersifat agak “kebapakan” yang perkataannya (masih teringat2) sedikit lumayanlah untuk saya mendengarnya. Gini kalo egk salah inti petikannya (coz topik pertama saya di forum didelete karena debat kusir ini) “yah, mungkin kamu masih belum bisa menerima TAO, dan belum saatnya kamu untuk menerima TAO”. Weks, mendengar itu saya seperti kena guntur, zzz…

Yah memang saya tidak mengerti terlalu dalam tentang TAO, karena saya tinggal di luar jawa, yang boleh dikata belum tersebar agama TAO. Disini mayoritas Cuma ada kelenteng, yang diajarkan paham “sam kau”. Jadi gado-gado lah. Bahkan saya sempat berpikir kalau TAO itu = KHC. Inilah akibat sedikitnya informasi tentang TAO. Tapi saya sangat bersyukur, karena ada situs siutao ini, sehingga saya bisa mengetahui bagaimana TAO itu. Paling tidak, ADA JODOH UNTUK BERTEMU, TAPI TIDAK BISA BERSAMA”.

Sedikit banyak saya bisa menyebarkan “misin” yang ada sangat banyak di lingkungan saya ini, pertama2 mulai dari keluarga saya. Baru ke teman2 SMA yang se agama (padahal tidak ada lho, coz teman2 saya disini biasa masuk kelenteng, belajar 3 agama). Tapi saya yakin, mereka bibit2 unggul, Cuma belum “ketemu” TAO. Saya sangat berharap didaerah saya dibangun suatu Tao Kwan, supaya perkembangan agama TAO juga lebih cepat, dan tidak sentralisasi. Pasti saya akan jadi anggota pertamanya.

Selama berdiskusi (kurang lebih sudah 2 tahun, dengan total posting >1000) banyak yang telah saya dapatkan. Yah tentunya menyangkut pemahaman umumnya, tidak terlalu dalam coz yang lain udah menyangkut Tao ying Suk. Jadi mo ditanyain pun sama aja egk ngerti. Katanya harus dibimbing Sefu yah? Termasuk beberapa ungkapan bahasa mandarin nya yang agak kurang dimengerti juga. Paling tidak tau sedikitlah, biar ditanya orang jawabnya tidak ngacau. Apalagi saya sudah dikirim buku kuning dan buku serba-serbi agama TAO oleh saudara Handoyo Zhang. Tq yah!

Sempat terbesik dipikiran saya juga untuk membuat nick baru, agar tidak di cap senior. Ntar ditanya ini itu pasti tidak paham. Jawaban2 yang saya berikan pun masih kacau dan tidak sempurna. Apalagi ditanya pendatang baru, jika salah ngomong pasti akan mempermalukan Tao sendiri. Nanti deh mau dikonsultasikan dengan pak adminnya.

Nah, sekarang saya mau berterima kasih terhadap teman2 diskusi, yang kadang mungkin agak kontroversial menurut saya, tapi saya kadang juga merenung perkataan2 mereka lho. haha. Bro Shanmao (orang pertama di forum + ngomong pertama ke saya), bro DaoRen, bro sponbob (sering saya usilin joki-jokian ma dia), bro username, bro Tjingwen (senior saya nih), bro chang (kalo egk salah yang kirim buku ke saya), bro Zhangjia (master IT neh), bro mirianto (master IT juga neh), bro jogger, bro teccu, bro kartono (usaha toko kompi ya), bro sanren (senior nih), bro cookies, bro changqi (sedaerah tuh), bro mod dan bro admin (ntah sudah berapa generasi), dan bro-bro yang lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Tentunya berdiskusi di forum STC, menurut saya ibarat suatu jalan cerita yang tidak dapat diputus. Banyak kisah-kasih yang tejadi disana. Kalo di filmkan bagus itu. Hehe…

Ok, sekian saja cerita hati saya ini. Pendek saja coz kehabisan kata-kata. Mohon jika ada salah2 kata atau kurang pas mengenai kata2 diatas jangan diambil hati yah…ntar ngambek lagi..hihi…

Mohon masukannya dan jika ada sepatah dua patah kata bisa dikomen, apa tanggapan ato mungkin “kritikan” yang mungkin tidak saya inginkan. Coz tulisan saya diatas spontan lho, sama seperti postingan2 saya yang sebelumnya, tidak dikarang lama2. Muncul begitu saja (kayak pengarang saja). Hehe..

NB: kalo egk salah ada salah satu bro (pxcxm, cewek nih)juga yang sampe nyasar kirim posting ke profile orang lain hanya gara2 pingin tau kenapa saya bisa mengenal TAO.

Ok!
Maju terus TAO, maju terus STC, dan forum Community Siutao!

5 komentar:

mirianto mengatakan...

Hahahahah, yah kalo gt tuh cewe loe ladenin aja, siapa tau itu jodoh u juga. Ada kesempatan ambil aja.

Wah, bagus kalau masih bisa tetap di STC gitu. Jangan cepat mudah tersinggung ama putus asa bro. Hadapi dengan tenang semua masalah yang ada di sana. Kalau ditegur karena salah yah terima saja, jangan ngambek yah.

Anonim mengatakan...

Wew... Wew... Wew...
Bro..., mbok yah... kalau nulis itu pakai tanda baca yg cukup plus dibagi dalam beberapa alinea, biar enak dibaca !!!

Kalau masalah si "Pacem", samperin aja di http://www.Muditao.com Nah... terus ente sosor deh !!!

Zhang mengatakan...

Sukses selalu dan pantang menyerah Bos.... :)

Anonim mengatakan...

Wew... wew... wew...

Bro, kalau yg ngirimin buku mungkin bukan Bro Chang... tapi Bro Zhang (Handoyo Zhang).

Terus tentang kata2 : "... menyebarkan “mi sin” yang ada..." Bukankah yg dimaksud dengan MISIN itu adalah "Ketahayulan", saya pikir anda salah ngetik deh !!!

sanman mengatakan...

mirianto: pasti bro. tq dukungannya ya!

anonim 1: melihat tulisannya pasti bro tjingwen neh! (kalo salah komen balik).ok bro, masukan yang berarti! cuma kalo edit paragraf rasanya egk bisa bro di blogspot ini.

zhang: tq semangatnya bro!

anonim 2: pasti bro tjingwen juga. Iya neh. salah ngetik, coz idenya langsung muncul. Jadi langsung ngetik pas lagi berada di depan kompi. Masukan diterima bro, yang benar adalah meluruskan pemahaman mi sin (ketahayulan) yang ada.