02 Juni 2009

PAKE SPEEDY LELET ABIS

Nih mau nulis unek2 aja, sapa tau ada masukan. Nih net aku pake jaringan speedy (telkom). Karena tertarik biaya murah dan berhubung baru buka (egk punya modal berlebih), yang hanya 2,5 juta tambah ppn dan materai, saya pun mencobanya. Sebelum tahun 2009 bandwith nya hanya 384 kbps. Saat tahun 2009 baru diupgrade 1 Mbps. Hasilnya lumayan bagus pada awalnya. Tapi akhir2 ini koq makin lelet ya?

Saat di konfirmasi ke CS (baik di pusat maupun didaerahnya) hanya dijawab “KONEKSI KAMI SEDANG BAIK-BAIK SAJA”. Kontan mendengar hal itu saya seperti mendengar guntur! Masa jaringan mati-mati terus malah dibilang baik-baik saja! Setelah setahun usaha net jalan, saya mengambil kesimpulan bahwa jaringan telkomnet speedy lebih banyak matinya ketimbang jalannya. Saya pernah iseng2 mengambil sample (sekitar bulan januari-februari 2009), dalam 1 minggu 1x jaringan terputus berat/lama (>2 jam) dan > 50x terputus koneksi singkat (<3 menit). Hasilnya? SELURUH TAMU YANG SEMENTARA BERINTERNET RIA HARUS KELUAR PULANG GARA2 TIDAK INGIN MENUNGGU BERLAMA2. Intinya disini adalah pentingnya Buffer jaringan/ kestabilan jaringan. Semenit aja putus koneksi, net yang daya tampungnya besar (>100 unit kompi) pun saya jamin langsung kosong melompong hanya gara2 itu.

Memang sih dari segi tarikan download/kuota bisa dibilang no.1 coz bandwithnya 1 Mbps (tarikan downloadnya bisa >100kbps pake flashget/IDM). Mantab buat usaha net. Tapi usul saya sebaiknya dipake kompi server, biar kuota nya dibagi sama rata. Coz ada tamu2 yang boleh dibilang bermuka tebal (bukan marah neh). Mereka nekad memasang software IDM/flashget itu tuk menarik jaringan Sekuat Mungkin! Padahal mereka saya yakin sudah tau apa dampak dari penggunakan software itu, yang memang sangat dianjurkan untuk dipakai dirumah. Dalam hati saya, mereka tau egk ini tempat umum, bukan dirumah mereka. Jadi kalo misalnya 100kbps ditarik mereka 90%, trus tamu yang lainnya mau narik pake apa kalo sisa 10%.zzzz….Jadilah saya yang harus ngomong bae2 agar mereka tidak kecewa, dan bilang kalo ingi donlod bisa, tapi max 2 file.

Begitu pun dengan game online, yang menurut saya jaringan speedy tidak cocok digunakan. Coz dalam game online, yang dibutuhkan bukanlah kuotanya (kapasitas bandwith), melainkan buffer/kestabilan jaringan. Karena pada umumnya, semua jenis game (saya sebutkan saja beberapa game2 top sekarang, spt Rose Online, Audition, PW, Lineage, dll), untuk menjaga agar tetap terkoneksi, yang dibutuhkan hanya 3-4 kbps saja untuk tiap detiknya (setara dengan koneksi kabel telpon rumah). Tapi apabila 10 detik saja putus koneksi, gamenya otomatis akan terputus juga (ditandakan dengan timeout yang terlalu sering). Paling hanya pada saat pacth game saja yang membutuhkan bandwith lebih, tapi umumnya game2 sudah menyediakan manual pacth nya. Jadi bisa di donlod pelan2.

Mau juga neh rasanya tuk mengganti provider jaringan, seperti IM2, Indosat, Infotech, JAP net (neh jaringan lokal lho didaerah saya), dll. Tapi masalahnya untuk menggantinya pasti ribet banget. Mulai dari proses pengajuan pemutusan speedy, trus bla bla bla (egk bisa ngomong disini coz dah protap), Ok. Sekian saja. Ada saran/usul? Bisa!

4 komentar:

Zhang mengatakan...

Terjadi di tempat Bro saja, atau seluruh pengguna Speedy di daerah Bro ?

sanman mengatakan...

Yang pasti seluruh pengguna speedy di daerah saya donk. Namanya juga 1 provider, egk mungkin beda bandwithnya. Setingan ditempat saya (warnet) standar koq sama net2/pengguna home yang lain. Denger kabar juga katanya speedy emang sering lelet di luar pulau jawa.

Anonim mengatakan...

gw g ngerti mslh internet,,,tp yang pengen gw tau yang bagus untuk internetan klo di rumah pake modem pa'an???coz yng di pake sekarang ini sering ngeheng,,,,tlng kasi tau ya

sanman mengatakan...

Kalo buat modem yang bagus ambil yang merek D-LINK. Itu modem standar khusus rumah or office or net. Harganya juga terjangkau.