Cara Menghapus Virus dari Flashdisk

Posted by Herman Tan | Kamis, Juli 30, 2009 | | 5 comments »

Salah satu cara virus untuk dapat menulari PC anda melalui USB / Pen Drive. Melalui virus seperti 'Ravmon', 'New Folder.exe', 'Orkut is banned' dan lain sebagainya, yang tersebar melalui USB drive. Kebanyakan program-program anti virus tidak dapat mendeteksi dan anti virus bahkan tidak dapat menghapus file virus tersebut, anti virus hanya mampu untuk melakukan karantina. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menghapus virus dari USB drive.

Kapanpun Anda memasukkan USB drive kedalam sistem komputer anda, akan muncul sebuah jendela. Jangan klik Ok, cukup pilih 'Cancel'. Buka Command Prompt dengan mengetikkan 'cmd' dalam kotak run. Pada command prompt ketik the drive letter: dan tekan enter. Sekarang ketik dir /w/a dan tekan enter.

Ini akan menampilkan daftar file dalam pen/flashdisk drive. Periksa apakah file berikut ada atau tidak:

1. Heap41a
2. Exe atau file lainnya yang mungkin mencurigakan.

Jika salah satu file yang di atas ada, maka mungkin USB drive anda terinfeksi. Dalam command prompt ketik attrib-r-a-s-h *.* dan tekan enter. Ini akan menghapus Read Only, Archive, System and hidden file yang tersembunyi dari semua file. Sekarang hanya menghapus file dengan menggunakan perintah del filename. contoh del Ravmon.exe. Hapus semua file yang mencurigakan. Harus di sisi yang lebih aman, hanya memindai USB drive dengan anti virus program untuk memeriksa apakah itu bebas dari virus atau tidak. Sekarang menghapus drive dan tancapkan kembali.

Dalam sebagian beberapa kasus, kesalahan orang terbanyak adalah mereka meng-klik "Autorun.inf" dan seseorang meng-klik Ok pada jendela dialog yang muncul seperti di atas. Dengan demikian, infeksi virus dapat terjadi dan bakal berakibat buruk.

Artikel Yang Berhubungan:



5 comments

  1. Anonim // Agustus 08, 2009 12:41 PM  

    tidak berhasil caranya... saya sedang buka run dan isi cmd press ok keluar kotak hitam. tp langsung hilang lagi. mungkin virusnya sudah hebat ya... ada cara lainnya? sepertinya terinfeksi virus autorun

  2. sanman // Agustus 10, 2009 6:07 PM  

    wah wah...
    kalo jenis virus tingkat tinggi saya juga nyerah bro...hehe...
    kadang2 kalopun bisa ilangin virusnya (meski tidak 100%) pasti akan merusak beberapa program file yang ada di flashdisk tersebut.

  3. Anonim // Mei 14, 2011 7:03 PM  

    kalo modem bisa jga ga? saya coba tapi kayaknya ga terdeteksi.
    makasi

  4. Anonim // Mei 09, 2012 1:55 AM  

    ko malahh batc file (user)

  5. Worm // September 16, 2013 4:55 PM  

    Can you delete trojan?
    please give me some tips..

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentarmu disini
Leave Your Comment Here

Komentar yang berbau SPAM dan mengandung LINK tidak akan ditayangkan