18 Agustus 2009

Indonesia Gagal Total di Kejuaraan Dunia Bulutangkis di India

Jakarta - Satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2009, Nova Widianto/Lilyana Natsir, gagal meraih gelar juara setelah ditaklukkan lawannya dari Denmark.

Menghadapi unggulan ketujuh Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, Minggu (16/8/2009), Nova/Lily yang diunggulkan di tempat kedua menyerah dua set langsung. Dalam waktu 39 menit mereka kalah 13-21 17-21.

Selain tak bisa menyumbang gelar untuk Indonesia di event yang digelar di Hyderabad, India, ini, Nova/Lily juga gagal menambah koleksi titel Kejuaraan Dunia-nya menjadi tiga. Mereka pernah dua kali memenanginya yaitu di tahun 2005 dan 2007.

Sedangkan China merajai empat dari lima nomor yang tersedia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2009. Satu-satunya negara yang berhasil menghalangi kesempurnaan mereka adalah Denmark.

Sumber: www.detik.com

Setelah tulisan saya tentang bulutangkis sempat vakum selama beberapa bulan, akhirnya hari ini kesampaian juga nulis sedikit tentang kejuaraan dunia bulutangkis di India. Tapi, harapan saya agar Indonesia bisa menyumbangkan sebiji gelar akhirnya tidak kesampaian juga. Kejuaraan di India, Indonesia gagal total. Tidak ada gelar satupun yang didapat. Ini semakin melengkapi rentetan kegagalan sepanjang tahun ini timnas merah putih di pentas bulutangkis dunia.

Dari 5 nomor yang dipertandingkan, hanya ganda campuran yang bisa nimbus final. Tapi, saat difinal, penyakit lama malah kambuh, yaitu loyo dan tidak terlihat adanya semangat juang untuk menang. Saya melihat stamina lagi-lagi menjadi kendala disini. Hasilnya, tim lawan yaitu Denmark tidak membutuhkan waktu lama untuk menundukkan pasangan Indonesia. Di semifinal tunggal putra, Taufik Hidayat yang diharapkan bisa menang melawan tunggal putra China, malah kalah…

Mau bagaimana lagi, sudah cape juga nulis-nulis bahwa skuad Indonesia harus berbenah. Tidak boleh lagi bertumpu pada pemain-pemain yang memang sudah HABIS. Lihat saja prestasi apa yang didapat saat menggunakan pemain TUA sekarang? 0 besar! PBSI Harus berani meregenerasi seluruh pemainnya dengan pemain berdarah muda. Kalau tidak sekarang kapan lagi. Nanti akan semakin tertinggal saat beberapa tahun kedepan…

4 komentar:

Zippy mengatakan...

Ia nih, Indonesia keok banget.
Gak ada yang dapet emas, huhuhu...
Bulutangkis Indonesia udah mulai redup kejayaan'x.
Menyedihkan... T.T

sanman mengatakan...

Saya juga prihatin kalo prestasi Indonesia di bulutangkis meredup.
Harusnya ada perubahan, tapi sampai sekarang tidak ada perubahan.

antwa mengatakan...

ia nih bangsa indonesia ga bisa mempertahankan pretasinya....
btw om sanman, sekedar saran nih om, kotak komentarnya jangan dipiash dari postingan om coz malah bikin ribet para pengunjung om, mending disatuin ajah alias embbeded below post.....maaf nih om dah sok tau....

sanman mengatakan...

haha...
thx usulannya...
akan dipertimbangkan...