29 Agustus 2009

Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Baru-baru ini ada sebuah berita menarik, lagu kebangsaan Indonesia Raya diplesetkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Konon katanya oknum ini berasal dari Malaysia. Tidak tahu betul apa tidak, tapi seperti yang diberitakan di Televisi Nasional Metro TV, berikut beritanya:

Pemerintah Serius Menyelidiki Pelecehan Lagu Kebangsaan
Metro Malam / Umum / Jumat, 28 Agustus 2009 00:08 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Beredarnya plesetan lagu Indonesia Raya yang ditampilkan dalam forum website topix dot com mengundang protes keras. Pemerintah sesegera mungkin menyelidiki siapa yang melakukan perbuatan yang melecehkan bangsa itu dan akan menindak tegas. Demikian ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informasi M. Nuh di Jakarta, Kamis (27/8).

Indonesia sekali lagi mengalami pelecehan. Kali ini, pelecehan dilakukan lewat lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Belum jelas siapa pelaku pelecehan ini. Yang terang, pelecehan ini dilakukan lewat forum website topix dot com. Administrator situs tersebut berada di Malaysia.

Menanggapi hal ini, Menkominfo mengatakan, pihaknya dan tim kepolisian akan menelusuri siapa web administrator yang telah merendahkan salah satu identitas bangsa Indonesia ini. Apabila benar itu merupakan perbuatan warga Malaysia, Menkominfo akan melayangkan surat peringatan ke Dubes Malaysia dan melakukan diplomasi politik atau perundingan antar-negara agar masalah ini bisa diselesaikan secara damai.

M. Nuh mengatakan, pelakunya bisa ditindak secara pidana dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Namun, untuk saat ini, dirinya tidak mau menduga-duga karena bisa saja ada pihak ketiga yang sengaja mengadu domba Indonesia dengan Malaysia.

Pendapat senada juga dikemukakan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault. Menurut Adhyaksa, perihal ini perlu penyelidikan lebih lanjut. Jangan sampai telanjur terpancing. Adhyaksa menambahkan, Indonesia perlu berhati-hati. Sebab, dia menduga, boleh jadi pelecehan ini dilakukan pihak ketiga yang ingin memperkeruh suasana. Maklum, belakangan hubungan Indonesia dan Malaysia menegang akibat ulah Malaysia yang beberapa kali mengklaim hasil karya budaya masyarakat Indonesia…

Singkat saja tanggapan menurut saya, nah, jika memang benar, jadi sudah berturut-turut negara tetangga kita itu melakukan “serangan fajar”, dengan beberapa bulan yang lalu dengan alasan patroli wilayah, mereka memasuki wilayah perbatasan Indonesia dengan kapal perang mereka. Tidak lama Tarian adat asal Bali, yakni tari Pendet juga mereka klaim berasal dari Negara mereka. Tapi tak lama melalui perwakilan menlu mereka meminta maaf atas adanya informasi diatas, dan mengatakan bahwa pihak swasta di Malaysialah yang membuat iklan promosi dengan tarian Pendet tersebut.

Nah, sekarang giliran lagu kebangsaan kita yang mau diplesetkan. Sebenarnya sih mau ditampilkan juga kutipan lagu yang diplesetkan itu, tapi rasanya tidak etis, koq malah jadi kita sendiri yang menyebarluaskan lagu plesetan tersebut. Tapi kalau mau lihat seperti apa, coba aja cari di googl pasti ketemu, atau di forumnya langsung di www.topix.com itu. Silahkan nyari-nyari disana, coz forum disana sudah menjadi ajang lempar kata-kata kotor antar negara.zzz...

Tidak tau apa sih maunya Negara tetangga kita itu. Koq selalu mencari masalah dengan kita. Tidak puas apa dengan menyiksa para TKI kita yang ada dinegara mereka. Belum lagi banyak lagu daerah atau tarian daerah yang sudah diklaim mereka, termasuk beberapa pulau yang sudah dibajak, seperti kasus sipadan-ligitan waktu lalu. Memang sih, ini juga menjadi pelajaran bagi aparat pemerintahan Negara, bahwa kesalahan juga terjadi dipihak kita.Seperti tidak mau memperhatikan nasib pulau-pulau terluar, dan tidak mau melestarikan kebudayaan yang ada. Tapi yah mau gimana lagi, nasib sudah jadi bubur. Semoga hal ini tidak menjadi polemic dikemudian hari…

7 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Yah.... emang sudah kelewatan si Malingsia...

Zippy mengatakan...

Malingsia bener2 ingin diganyang, hahaha...
Kupret tu negara...

sanman mengatakan...

Saya juga panas lho kalo negara kita dipandang sebelah mata oleh negara tetangga yang katanya serumpun itu...

Ada sih forum www.topix.com yang membahas perdebatan antara negara kita dan negara malayasia itu, cuma isinya saya lihat sudah menjadi ajang maki-makian tuh...

Antwa mengatakan...

memang bener tuh malingsia keparat banget, saya tau udah lumayan lama om coz tau dari teman di FB..ya saya juga ikutan lah ngebela indonesia dengan cara memaki tuh orang malingsia.....

titosatrya mengatakan...

Kenapa ya pemerintah kita nggak berani lagi mengeluarkan kata Ganyang Malaysia!!! seperti dulu

sanman mengatakan...

Pemerintah egk berani sembarangan mengeluarkan statement, karena bisa mempengaruhi stabilitas negara. Apalagi jika sampai perang terjadi.

Anonim mengatakan...

ha, I will try out my thought, your post get me some good ideas, it's truly awesome, thanks.

- Joe