15 Agustus 2009

Sail Bunaken 2009


Jakarta, Kominfo Newsroom-Sekitar 40 jenis kapal perang dari berbagai negara dan sekitar 7.000 pelaut dunia yang meliputi sailing-pass, flying-pass, dan open-ship, akan menghadiri Sail Bunaken 2009 di Manado, Sulawesi Utara.

Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SDKP) Departemen Kelautan dan Perikanan, Aji Sularso, mengatakan bahwa puncak acara Sail Bunaken 2009 adalah Sailing-pass dan Fying-pass pada 19 Agustus 2009 yang akan dihadiri oleh Presiden RI.

Menurut Aji pada acara Gathering Pers di Jakarta, Senin (1/6), semua kapal peserta Fleet Review akan memberikan penghormatan kepada Presiden RI di Teluk Manado, termasuk kapal induk Amerika ''USS George Washington.

Ia menambahkan, Flying-pass juga dilakukan oleh pesawat tempur serbu TNI AU jenis Sukhoi dan F16, dan demo take off dan landing pesawat tempur AS di atas geladak kapal induk USS George Washington.

Dikemukakan, ada beberapa rangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Sail Bunaken 2009, kata Aji, yaitu Indonesian Fleet Review. Dalam kegiatan ini, Indonesia akan menghadirkan Tallship dan Warship dari beberapa negara sahabat, yaitu dari negara-negara Eropa, Asia dan Amerika, dengan jumlah kapal mencapai 40 kapal perang. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh 7.000 pelaut dunia.

Kegiatan lain adalah reli kapal-kapal layar (yacht rally) yang akan diikuti lebih dari 140 kapal dari berbagai negara dengan jumlah peserta lebih dari 700 orang.
Peserta yacht-rally akan singgah di beberapa provinsi destinasi pariwisata, antara lain di Provinsi Maluku, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah dan Bangka Belitung.



Aji menambahkan, penyelenggaraan Sail Bunaken 2009 akan memberikan dampak ekonomi menguntungkan bagi masyarakat di daerah, karena berdasarkan pengalaman Sail Indonesia 2008, kegiatan yacht rally memberikan dampak ekonomi yang langsung dirasakan masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

Dikemukakan, hal itu dimungkinkan karena para peserta yacht rally rata rata menghabiskan 30 dollar AS hingga 50 dollar AS per orang per hari di setiap destinasi yang disinggahi. Dengan demikian, secara keseluruhan uang yang dibelanjakan oleh peserta yacht rally di setiap destinasi berkisar antara Rp 621 juta hingga Rp 1,725 miliar.

Kegiatan lain adalah International Seminar on Building a Comprehenshive Maritime Region. Menurut dia, peserta seminar berasal dari dalam dan luar negeri serta negara-negara yang berkepentingan dalam IUU Fishing, terutama yang tergabung dalam Coordinating Committee RPOA (Regional Plan of Action) yang beranggotakan 11 negara, yaitu negara-negara ASEAN dan Australia dengan jumlah sekitar 250 orang.

Agenda keempat, kata Aji, adalah Olah Raga Bahari, yaitu jenis olah raga yang akan ditampilkan yang meliputi lomba dayung, mancing, scuba diving (pemecahan rekor Guiness Book of Record dengan 1.500 penyelam). Sedangkan agenda terakhir adalah parade budaya Nusantara dan karnaval bunga.

Total peserta Sail Bunaken adalah 34 kapal perang (10 kapal Indonesia dan 24 kapal asing), 2 kapal perang pemerintah asing, 2 flight pesawat udara TNI AU, 2 skuadron pesawat udara Patmar TNI AL, kapal-kapal pemerintah RI dan kapal-kapal pelayaran rakyat. "Bahkan rencananya akan ada Kapal Induk USS George Washington sebagai primadonanya.

2 komentar:

Zippy mengatakan...

Keren banget tu sail bunaken...
Kmrn berhasil pecahin 3rekor sekaligus....
Mantep...
Oh..ya, udah saya follow balik :)

sanman mengatakan...

Iya neh, cara sail bunakennya di daerah saya bro, di manado. Sukses besar! haha
Terima kasih bro!