28 September 2009

PLN Payah

Benar benar payah. Sudah 2 bulan ini krisis listrik didaerah kami. PLN dengan terpaksa harus mengadakan pemadaman bergilir setiap harinya. zzz…Padahal kalo telat bayar sehari aja langsung diputus sambungan. Bah!

Yang saya sesalkan bukannya lantaran adanya pemadaman bergilir ini, karena bisa saya maklumi juga, didaerah kami sumber pasokan listrik terbesar adalah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Nah, didaerah kami bulan Mei sampai bulan September ini egk sekalipun turun hujan. Panasss terus. Jumlah debit air di danau yang dibangun PLTA itu (danau Tondano namanya), akibat musim kemarau yang panjang ini turun drastis. Jadi, turbin kehilangan tenaga air guna memutar dan menghasilkan listrik.

Masalahnya, jadwal pemadamannya yang sangat tidak teratur. Kadang pagi, kadang malam. Belum lagi durasi padamnya sudah mencapai 4 jam/hari. Nah, payahnya, saya ada buka usaha Net. Jika jadwal teratur, minimal kita dapat meminimalisir kerugian yang timbul. Untung disetiap komputer saya ada pasang UPS, kalo egk sudah bangkrut saya. PLN mau ganti? Hihi, jangan harap!

Jadi, inti persoalannya, selama tidak ada hujan, jangan harap listrik aman. Saya harus mempersiapkan genset nih kalo gini. Benar-benar payah. Mau gimana lagi? Kalau tidak pelanggan saya bisa hilang, lari ke Net lain yang punya genset. Ok! Sekian saja, semoga PLN dapat berbenah dan mengatasi persoalan krisis listrik ini secepatnya. Yah paling tidak, diwaktu-waktu mendapat, bangunlah sumber tenaga listrik yang lain, seperti tenaga panas bumi, tenaga uap, dsb.

10 komentar:

Zippy mengatakan...

Wah, kalo di Jayapura dulu sering banget kayak gitu, tapi syukur sekarang udah gak lagi...

sanman mengatakan...

Gara-gara setiap hari mati lampu, banyak peralatan elektronika yang rusak rusak. Bahkan komputer-komputer diNet saya juga banyak yang sudah mau K.O akibat listrik mati-mati, 1 hari sudah mencapai 5-7 kali volt nya naik turun. zzzzzzzz...

Berry_Devanda mengatakan...

iya ne mas...
kadang2 juga suka bikin kesal jika kita emang lagi perlu...

antwa mengatakan...

tadi malem nih PLNya nyebelin bangetz, masa ia dirumah saya mati tapi dirumah sebelah ga mati..kan nyebelin bangetz tuh pln =(

sanman mengatakan...

wew...
ada juga yang kayak gitu.
Mungkin bro dengan tetangga beda jalur listriknya, atau sakering di rumah bro keturun egk sengaja akibat kelebihan beban.

antwa mengatakan...

kayanya sih beda aliran deh tapi ini mah jarang-jarang kaya gini.....klo ditempat saya sih PLN tuh mang ngeselin bangetz, ga ada angin ga ada apa eh malah mati lampu =(

Zippy mengatakan...

PLN mau bangkrut bos, xixixiix...

sanman mengatakan...

zzz...
PLN dan PAM kurang sama saja!
PLN mati gara-gara egk ada air buat muter turbin. PAM mati gara-gara tidak ada listrik buat menghidupkan mesin airnya. Gara-gara mereka berdua, kantor telkom sibuk melayani pengaduan2 masyarakat...
sekali lagi zzz...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Yah,... samma dan senasib, malah kemaren 3 x 4 jam, kayak fas foto aja.
busyet dah.

sanman mengatakan...

hihihi...
mati 3 kali sehari masing2 dengan durasi 4 jam...
alias mati 1/2 hari...