Usaha sekarang ini yang kalau mau dilihat memiliki prospek baik untuk kedepannya sebenarnya cukup banyak. Misalnya saja usaha warnet. Dengan modal <75 juta kita sudah bisa membuka usaha warnet. Itupun sudah termasuk komputer ± 10 unit (dengan speck standar), AC, meja, Kursi, modem, dan perlengkapan lainnya. Keuntungannya lumayan, asal dikelola dengan serius dan fokus. Apalagi dengan memiliki lokasi yang tepat, seperti berada didekat sekolah, atau berada di mall, tentu akan memiliki jumlah trafik pengunjung yang banyak pula, selain promosi dan persaingan kualitas jaringan menjadi pelengkapnya.

Usaha lainnya yang juga punya prospek baik kedepannya adalah usaha tour and travel. Melihat perkembangan di kota saya, kota Manado, yang semakin berkembang, dan acara-acara sekelas WOC dan Sail Bunaken yang banyak mendatangkan turis asing maupun lokal, tentu merupakan potensi pasar yang baik untuk digarap.Belum lagi ciri khas masyarakat Manado yang begitu konsumtif dalam urusan hiburan atau rekseasi, apalagi disaat musim liburan akhir tahun dan liburan sekolah. Tentu dengan semakin majunya kota Manado, dengan dicanangkannya MKPD (Manado Kota Pariwisata Dunia) 2010 nanti, pasti semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung. Pun dengan dibukanya jalur-jalur penerbangan keluar negeri langsung, tanpa transit ke Jakarta, seperti ke Hongkong, Taiwan, Malaysia, Philipina, singapura, dsb, tentu akan semakin menarik orang untuk berlibur keluar. Tinggal bagaimana kita kemas saja bagaimana promosinya, seperti membuat brosur atau website.

Usaha lainnya yang pantas untuk diperhitungkan adalah usaha pembuatan merchandise. Sekarang, banyak acara-acara yang sudah dilaksanakan digedung-gedung mewah, seperti acara pernikahan, ulang tahun, seminar, pameran, dll. Tentu membutuhkan banyak merchandise atau pernak-pernik untuk para tamu/undangan/peserta suatu acara. Disana kita dapat melihat terdapat juga potensi bisnis yang menggiurkan, sekali lagi asal dikelola dengan baik. Tentu juga usaha merchandise ini baik bagi penyerapan tenaga kerja, karena otomatis memakai banyak tenaga kerja lokal dalam usaha pembuatan merchandisenya.

Masih banyak lagi usaha-usaha yang cocok untuk dikembangankan sekarang. Semuanya tinggal tergantung apakah kita serius atau tidak, ditambah dengan modal yang ada. Kalaupun tidak punya apa-apa, asal kita punya ide brilian, bisa kita jual/tawari ke orang yang memiliki modal. Sekali lagi yang penting niat dulu.

Artikel Yang Berhubungan:



4 comments

  1. Zippy // September 06, 2009 11:36 PM  

    Yeeah..lumayan bwt referensi.
    Kyk'x yg lg hot juga usaha distro...
    Soal'x makin bnyk org yg gila pakaian, wkwkwk...

  2. MIGOMAGI // September 07, 2009 9:16 AM  

    kalo usaha distro masih tetap "in" hingga sekarang mungkin karena memang sandang adalah salah satu kebutuhan yang primer, walaupun perputaran usahanya tidak secepat pangan.

    dan warnet, ya... teman kami juga baru membuka warnet di lokasi yang tepat... dan setiap malam, selalu saja ada yang harus waiting list... hmm...

  3. sanman // September 07, 2009 12:56 PM  

    betul juga. pakaian juga usaha yang bagus, misalnya buka butik.

  4. tito satrya kamil // September 10, 2009 12:28 PM  

    Wah Kalo buat saya usaha apa ya??,maklum masih smp

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentarmu disini
Leave Your Comment Here

Komentar yang berbau SPAM dan mengandung LINK tidak akan ditayangkan