18 November 2009

Kualifikasi Grup F Piala Asia U-19, Hong Kong vs Indonesia 1-4

Inilah pertandingan akhir, macthday ke 5 buat timnas U-19 Indonesia. Setelah kalah 0-1 melawan Singapura, kalah 0-7 melawan Australia, menang 6-0 melawan Taiwan, dan seri 0-0 melawan Jepang, kali ini timnas menang 4-1 atas Hongkong. Cukup telak, mengingat lawan yang dihadapi menang saat melawan Singapura.

Timnas Junior tidak butuh waktu lama untuk menjebol gawang Hongkong, yakni kurang dari satu menit babak pertama berjalan melalui sontekan Syamsir Alam.
Sempat dikejutkan gol balasan striker Lau Cheuk Hin lima menit kemudian memanfaatkan bola muntah dari tangkapan kiper Tri Windu yang tidak akurat, timnas U-19 kembali menambah keunggulan melalui tendangan bebas Syamsir Alam pada menit ke-37, dan skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Indonesia mencetak dua gol tambahan. Abdul Rahman Lestaluhu membawa Indonesia menjauh dengan skor 3-1 di menit ke-52, dan menjadi 4-1 di menit ke-88. Luar biasa! Pola permainan anak-anak semakin berkembang. Meski pada saat disamakan 1-1 oleh Hong Kong, tapi mental timnas tidak down, malahan bisa kembali menguasai jalannya pertandingan secara penuh.

Pertandingan ini memang sudah tidak berpengaruh bagi kedua tim. Peluang tim Merah-Putih untuk meraih dua tiket peringkat tiga terbaik tak mungkin terealisasi. Pasalnya, dari tujuh grup kualifikasi, sudah ada dua tim yang menempati posisi tiga besar dengan raihan poin lebih baik, yakni Tajikistan (Grup A, 9 poin) dan Vietnam (Grup E, 12 poin). Tapi, paling tidak, dengan kemenangan ini, mengantar Indonesia ke posisi 3 klasmen grup F, dengan nilai 7. Lumayanlah untuk tim yang baru pertama kali turun di kejuaran resmi timnas setelah berguru 2 tahun di Uruguay.

Dengan ini, babak kualifikasi U-19 Piala Asia sudah selesai secara keseluruhan. Semoga timnas junior ini, dapat dipertahankan, meski di partai-partai awal mengecewakan, tapi berhasil menutupnya dengan baik. Alhasil, timnas ini kembali digaungkan menjadi tumpuan Indonesia di masa-masa mendatang. Apalagi kondisi timnas senior sekarang banyak dikritik akibat tidak konsisten. Hehe, asal jangan sampai setelah merampungkan 4 tahun masa latihan di Uruguay, kumpulan anak-anak muda ini diserahkan ke bung BENDOL. Zzz…jadi kayak seonggok sampah lagi ntar. Ok! Akhir kata…

FORZA TIMNAS U-19!
KALIAN SUDAH MEMBERIKAN YANG TERBAIK BUAT INDONESIA DI AJANG KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19 KALI INI!

2 komentar:

Narzis.net mengatakan...

Wew..mantep yah...
Makin eksis aja U-19...
Ya..andaikan saja Timnas juga bisa seperti itu :)

sanman mengatakan...

Tenang saja bro. 2 tahun lagi timnas U-19 ini yang rata-rata masih berusia 16-17 tahun sudah bisa dipanen koq. Dengan usia 18-19 tahun, mungkin sudah bisa langsung di promosikan ke timnas senior.

Kalau masih banyak kalah2 pun egk masalah coz masih hijau. Malah ntar akan jadi nilai tambah, karena pengalaman bertanding (CAPS) internasional akan meningkat tajam.

Bahkan boleh masih guiness book record, dengan timnas rata2 termuda, U-20...