29 Desember 2009

Mendapatkan Uang dari Blog atau Website

Sekarang, membuat blog atau website, sudah bisa mendapatkan uang. Nah, kalo begitu, kenapa tidak mencobanya? Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dari blog atau website anda. Lumayan kan? Apabila sukses, anda tidak perlu susah-susah masuk kantor lagi. Cukup duduk didepan komputer, dan mulailah menikmati hasilnya.

Caranya? Yang penting anda tahu bagaimana cara membuat Blog atau Website. Begitu banyak buku-buku yang dijual mengenai bagaimana cara mencari uang melalui ngeblog atau berwebsite. Tapi, jika anda MAU BELAJAR ILMU GRATIS, silahkan bergabung di Lentera.me, atau di Facebook.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari internet:

1. Melalui Iklan per Klik (PPC)

Banyak sekali iklan jenis PPC ini. Anda juga bisa mendapatkan uang darinya. Caranya, cukup mendaftar di Kumpulblogger atau di Adsensecamp. Itu versi Indonesianya. Kalo mau dapat duit dari luar negeri, mendaftar saja di google adsense. Umumnya sudah disediakan saat anda memulai ngeblog di Blogspot.

Setelah mendaftar, anda akan diberi script HTML untuk dipasang di blog anda. Cara kerja dari PPC ini, adalah jika setiap ada orang lain (IP unik) yang mengklik iklan PPC di blog anda, maka anda akan dibayar Rp.300,- (umumnya). Jika sehari saja ada 10 orang yang mengklik iklan anda, sudah Rp.3000,-. Kalo sebulan kan lumayan.

2. Berjualan di Internet

Banyak yang telah sukses berjualan di Internet. Tapi, sebaiknya menggunakan jenis website, bukan blog. Sekarang, mau bikin web, tinggal main klik-klik aja. Tidak seperti dulu yang serba manual. Anda bisa merancang model toko online anda, dan mulailah menawarkan barang/jasa yang ingin anda jual. Jika anda punya toko/usaha, bolehlah membuat website. Lumayanlah sebagai tambahan pemasukan. Website yang menyediakan jasa pembuatan website gratis bisa di Weebly. Mau mapping domain (bagi yang mau pake domain sendiri) juga tidak dikenakan biaya tambahan.

3. E-Books

Nih dia yang sudah sangat menjamur akibat mudahnya memperoleh duit dari cara ini. Mudah sekali. Jika anda mempunyai pemikiran-pemikiran sukses mengenai berwiraswasta, atau berusaha, atau lain;lain, tuangkan pemikiran anda dengan menulis dengan format PDF. Cara pembuatan model PDF di PDF.

4. Sumbangan dari pembaca

Buatlah tulisan/karangan di blog semenarik mungkin. Tuangkan catatan harian pengalaman, ide-ide, gagasan, dan pengetahuan yang anda miliki diblog. Jika anda berhasil membius pembaca melalui karya-karya anda, siap-siaplah menerima aliran uang di rekening anda. Perhatikan banyaknya kata 'Donate' di berbagai blog luar negeri. Secara tidak langsung mereka meminta biaya 'cetak' untuk setiap penulisan-penulisan di blog mereka.

5. Populerkan alamat blog atau website anda

Simple sekali. Jika blog atau website anda sudah banyak dikunjungi orang, dengan kata lain, trafik anda meningkat, secara otomatis pagerank anda meningkat. Dimata Google, sebuah blog atau website yang memilik pagerank yang tinggi, pastilah mempunyai trafik yang tinggi. Jika sudah begitu, juallah nama domain anda. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengambil jalan pintas dengan mengadopsi nama domain yang sudah popular di masyarakat.

Atau kalo anda seorang blogger, jangan sia-siakan waktu anda dengan menaikkan Pagerank anda atau Alexarank anda. Jika suatu saat, dak tidak disangka-sangka, provider Blogspot, maka tamatlah anda. Kalaupun postingan-postingan anda ada di back-up, tapi trafik anda? Harus mulai dari 0 lagi. Begitu juga dengan yang pake domain gratis seperti .co.cc.

Tahu tidak, banyak pengalaman setelah sebuah domain terkenal, dan memiliki banyak trafik, mereka (pemilik .co.cc) yang memberikan anda sebuah domain gratis, tidak akan sungkan-sungkan untuk memblok ID dan Pass anda, beserta domain yang sudah anda perjuangan, ke orang/perusahaan yang membayar mereka. Masih mau yang gratis? Mulai dari sekarang, sisihkanlah uang saku anda untuk menyewa domain, Cuma sekitar 100.000,- per tahun untuk sebuah domain. Provider mau bangkrut pun, trafik dan Pagerank tetap menjadi milik anda.

6. Jual beli domain

Ini dia yang serba praktis. Cukup berburu aja nama-nama domain bagus, dan mempunyai kata kunci yang baik, baik yang sudah domain yang expire maupun yang baru. Buatlah list, lalu tawari orang/perusahaan. Atau buat website, tulis daftar jual domain anda. Beli 100 ribu, bisa jual sejuta bahkan lebih. Prototi nama-nama domain terkenal, dan jika mereka tidak perpanjang, segera anda ambil.

Mau contoh, jika anda penggemar berita sepakbola, pasti tidak asing dengan Superepl. Ya! Dulu itu adalah website utama semua berita liga Inggris di tanah air, yang disponsori jarum super soccer kalo tidak salah. Tapi, gara-gara sewanya cuma setahun, dan tidak disambung, akhirnya direkrut orang lain. Trafiknya masih dapat. Untungnya ya orang yang beli itu, karena tidak perlu susah-susah mempopulerkan websitenya.

Ok. Itu aja berbagai macam cara meng-uangkan dari blog anda dari saya. Jika masih bingung dengan cara-cara diatas, silahkan posting komentar anda dibawah!

7 komentar:

DeNi mengatakan...

makasih bos udah ngingetin kembali :)

haryadi mengatakan...

tips yg menarik

sanman mengatakan...

Mari wujudkan gerakan ngeblog. Bisa dijadiin hobi juga lho. Ayo!

Anonim mengatakan...

Never, never, never, never give up

-----------------------------------
McGill

Anonim mengatakan...

Hei, aku mencoba ke email Anda berkaitan dengan posting ini tapi aren t mampu menjangkau Anda?. Silakan e-mail saya ketika mendapatkan beberapa saat. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Apa yang posting bagus. Saya sangat suka membaca jenis atau artikel. Aku bisa? T menunggu untuk melihat apa yang orang lain katakan.

Zhang mengatakan...

Saya duduk diam dan menyimak!