03 Februari 2010

Game Online Ayodance Merusak Keyboard

Game Ayodance memang menarik. Sejak diluncurkan tahun 2007 silam, game ini tidak pernah mati. Berbeda sekali dengan game online lainnya yang juga sama-sama diluncurkan tahun 2007, seperti SEAL Online, ROSE Online, Idol Street, dll yang sudah mati suri alias ditinggal gamers. Ini disebabkan karena game Ayodance setiap bulan mengeluarkan pacth baru yang berisi penambahan beberapa lagu baru yang membuat gamersnya betah. Lagu-lagu hits terbaru selalu di add untuk dimainkan untuk mencegah kebosanan.

Tapi, ada satu hal yang membuat saya berkata bahwa game Ayodance kurang bagus. Bukan disebabkan karena gamenya jelek atau lainnya (sound/picture), tetapi karena game ini bisa memancing emosi gamersnya untuk memukul keyboard keras-keras. Ya, bagi yang sudah pernah memainkan game ini tentu sudah tahu. Game ini dimainkan dengan cara mengikuti arah yang muncul diarah, dan pemain diwajibkan mengikuti arah keyboard yang ditujuk, dan diakhiri dengan memukul tombol “SPACE” atau tombol “Ctrl”, untuk mendapatkan angka/point.

Untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut



Icon-icon kecil berbentuk arah/anak panah berwarna/warni dibawah gambar orang diatas itu menunjukkan arah yang harus diikuti pemain dengan menekan di keyboard juga. Nah, apabila kualitas jaringan lagi buruk, atau dalam game sering disebut dengan istilah “lag”, umumnya gamers/pemain akan memukul tombol “SPACE” atau “Ctrl” dengan keras untuk menghindari miss/gagal mengikuti arah icon yang ditunjuk.

Dampak jangka panjangnya, pemain Ayodance menjadi sering emosi dan akhirnya malah membuat banyak keyboard-keyboard di warnet rusak parah. Tombol Spasinya nyaris copot dan terangkat. Ada juga yang sampai terbelah tombol spasinya. Belum lagi tombol 4 arah yang sudah renggang. Tombol “Enter” yang dipakai untuk membuka kotak chat juga tak luput dari kemarahan apabila lagi lag.

Kalau begini, malas juga nginstall game model begini.Sebuah keyboard merek Logitech seharga > Rp.100 ribu tidak sebanding dengan 1x login paket yang rata-rata Cuma Rp.10 ribu/4 jam. Apalagi, ada beberapa gamers “preman” yang sengaja bermain dengan tujuan merusak keyboard. Masih lebih aman bermain game MMORPG/game petualang atau game DOTA.

10 komentar:

sewa mobil mengatakan...

ya daripada main game onlne dance
mendingan langsung aza ngedance di karaoke

sanman mengatakan...

Ya.
Ini game "dance" juga, cuma dance di dunia maya.
Bisa couple juga lho antara coweok dan cewek, yah meski couple nya juga didunia maya...

hendrie k_bejo mengatakan...

Wah bisa gawat neh !

sanman mengatakan...

Bener2 gawat..
Wargame2 terancam bangrut akibat ulah gamers yang buruk..

sanman mengatakan...

Mohon jangan nyepam disini ya mas/tante/ibu/bapak/ade...

sanman mengatakan...

Mulai saat ini koementar2 berbahasa asing saya akan delete.

Terima kasih.

Haruka mengatakan...

yah... kLo ngga begitu game nya g bkaLan seru Lh....

sanman mengatakan...

Yang bikin game seru bukan karena asik mukul2 keyboardnya kk...

ame ajha mengatakan...

game asuu...
keyboard di NET gw SPASInya gak ada yg beres semenjak ada ayodance atau idol street...
males banged gw PATCH game ini

ame ajha mengatakan...

wew klo gitu gw buka usaha ajj jadi tukkang betulin spasi...?
kali ajj bnyak yg minat
ekekekekekek