04 Februari 2010

Hari Valentine

Hari Valentine atau dalam bahasa Inggrisnya Valentine's Day, yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari, adalah sebuah hari di mana para pasangan kekasih yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir abad pertengahan ketika konsep-konsep semacam ini diciptakan.

Simbol Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah cupid bersayap. Mulai abad ke 19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu Valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan.

Di Amerika Serikat mulai pada abad ke 20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian macam-macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Padahal sebenarnya hari Valentine merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih. Hari Valentine merupakan hari terbesar dalam soal percintaan tapi bukan berarti selain Hari Valentine tidak merasakan cinta.

Di Indonesia, budaya bertukaran surat ucapan dengan kekasih juga mulai muncul. Budaya semacam ini menjadi budaya populer di kalangan anak muda. Selain bertukaran surat, tradisi saling memberikan cokelat kepada pasangan kekasih juga sudah menjadi tren saat ini. Ada juga ajang saling bertukar hadiah yang sudah dibungkus dengan kertas kado berwarna merah muda sebagai lambang Valentine, apabila perayaan valentine dirayakan bersama dengan teman-teman.

Bentuk perayaan di Hari Valentine pun bermacam-macam, mulai dari saling berbagi kasih dengan pasangan, orang tua, orang-orang yang kurang beruntung secara materi, dan mengunjungi panti asuhan di mana mereka sangat membutuhkan kasih sayang dari sesama manusia. Pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan Hari Valentine.

Referensi: Wikipedia

7 komentar:

MIGOMAGI Brand mengatakan...

Hello bang herman, kalo mau beli dompet, gini caranya signkatnya...

kirim nama dan alamat lengkap, dan jumlah barang yang dipesan ke email: migomagi@gmail.com

nanti tunggu balasan dari kami untuk total biayanya. setelah itu kirim total biaya ke nomer rekeneing yang akan kami lampirkan dalam balasan email, setelah selesai membayar, silakan untuk mengonfirmasi kami, dan barang segera dikirim.

untuk lengkapnya, boleh masuk ke http://migomagistore.blogspot.com

sanman mengatakan...

Thx infonya MIGOMAGI...

Pen Lab mengatakan...

berkasih-sayang bisa kapan saja dan dimana saja...kenapa harus menunggu hari valentine?

haryadi mengatakan...

info yang menarik

sanman mengatakan...

@ berry devanda: setuju! cuma hari valentine dijadikan sebagai hari yang agak "special" gitu.

@ haryadi: thx bro...

richo mengatakan...

wah aku dah trauma ngerayain valentine heheh

sanman mengatakan...

Kenapa harus trauma bro?