09 Februari 2010

Mesin Pencari Goojje Muncul di China

Kemunculan mesin pencari tiruan bernama Goojje di China, ternyata mengundang kemarahan Google. Raksasa internet ini merasa hak ciptanya telah diinjak-injak. Sebuah peringatan keras pun dilayangkan ke Goojje.

Google menilai, selain melanggar hak cipta dengan memakai logo khas Google, Goojje juga diyakini telah membuat user percaya bahwa situs ini memiliki link ke Google. Oleh karena itu, raksasa mesin pencari tersebut meminta Goojje berhenti memakai logonya sampai tenggang waktu yang ditetapkan. Jika permintaan ini tidak dituruti, Google mengancam akan menempuh jalur hukum.

Goojje dibesut oleh 20 tim yang dipimpin oleh mahasiswi dengan julukan Wen. Situs ini muncul setelah isu tentang hengkangnya Google dari China bergulir. Sekadar informasi, suku kata ‘jje’ dalam Goojje berbunyi seperti kosa kata China untuk kakak perempuan. Sedang ‘gle’ dalam Google sendiri berbunyi seperti kosa kata China untuk kakak laki-laki.

Pihak Goojje belum memberikan tanggapan atas kemarahan Google tersebut. Tapi menurut saya, sangatlah tidak etis jika Goojje harus menempel pada Google untuk memperoleh ketenaran. Coba lihat tampilan websitenya di Goojje yang sangat mirip dengan model tampilan mesin pencarian Google, termasuk logonya. Kalau dibiarkan, popularitas Google bisa menurun dimata penduduk RRT tersebut.

7 komentar:

Dunia Hape mengatakan...

Wkekekee...si China kembali berulah...
Tapi gak heran sih, kalo China emang suka nya copy paste...
Tu hape china aja copas tampilan hape2 yang udah terkenal :D

Zippy mengatakan...

Wah...tampilannya emang bener2 mirip..
Tapi pinter yah, kan Google lagi ada masalah tu sama China...
Nah, mereka berhasil mengambil perhatian :D

hendrie k_bejo mengatakan...

makin seru aja tuh !, si Mbah + panas x ya !!

sanman mengatakan...

@ dunia hape: ya. benar. tapi kalo sebut copas rasanya tidak enak. lebih cocok kalo disebut mereka pandai dalam memanfaatkan celah dunia usaha, untuk mendapatkan keuntungan. tidak bisa disalahkan juga.

@ Zippy: yup. mau mancing diair keruh. google takut, coz jumlah penduduk china tuh 1/7 dari total penduduk dunia.

tito mengatakan...

wah luar biasa ya china, kemarin pemerintah china nya yang bikin aturan kalo google harus nurut sama aturan china, mungkin peristiwa akan hengkangnya google di china langsung di manfaatkan dengan membikin gojjie hehe...

keren, good post sob, thanks for share :)

haryadi mengatakan...

Pantes Cina lebih cepat maju...
blognya berat banget...loadingnya...

sanman mengatakan...

@ tito: itulah china. sengaja mengusir google, karena memang mungkin sudah ada rencana mau bikin mesin pencarian sendiri kayak google.

@ haryadi: itu loadnya bukan karena halaman webnya berat, tetapi karena jaringan kita (indonesia) kurang power jika harus menjelajahi website2 luar negeri (bandwith).