28 April 2010

Jika Perang, Cadangan Energi Indonesia Cuma Cukup untuk 20 Hari

Walau mempunyai banyak sumber daya alam, namun cadangan energi Indonesia sangat mengkhawatirkan. Jika Indonesia menghadapi peperangan, cadangan energi dalam negeri hanya cukup untuk 20 hari pertempuran. Apabila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura yang cadangan energinya 120 hari, kita sudah tertinggal jauh.

Energi yang dimaksud adalah semua energi yang bisa mendukung pertempuran seperti BBM maupun nuklir. Selain masalah energi, TNI juga belum memiliki kekuatan yang merata. Konsentrasi pasukan masih terpusat di Pulau Jawa. Bahkan untuk di Indonesia Timur, di sebagian Maluku, ada wilayah yang seolah-olah kosong melompong dan tidak tercover oleh radar TNI AU. Jadi sampai saat ini TNI AU hanya bisa menyiasatinya dengan radar dari angkatan lain, atau bantuan dari radar sipil.

6 komentar:

Narzis Blog mengatakan...

Wedew..tragis banget yah...
Kasian deh Indonesia..
Hikz... :(

Dunia Hape mengatakan...

Beuh...jauh amat yah.
Kalo gitu, jangan samapi ada perang deh, xiixix... :D

sanman mengatakan...

@ Narzis Blog: tragis dunk..anggaran kesiapan kecukupan perang aja cuma dibackup tahan 20 hari..ckck..

@ Dunia Hape: kita udah beberapa kali mau jadi perang sama malaysia gaar2 negara tetangga itu sering caplok kebudayaan kita, dan wilayah kita. cuma untungnya selalu bisa diselesaikan dengan cara damai.

tapi kenapa mereka (malaysia) berani caplok2 wilayah kita? jawabannya tentu kembali ke judul postingan saya...

Zhang mengatakan...

Dengar2 katanya harus minimal 2-3 bulan cadangannya itu..... Klo dibawah 1 bulan ya susah deh... Perangnya aja itu baru sampai tahap pemanasan/penyisihan..... Blom babak final.... :)

sanman mengatakan...

Memang sih, di zaman sekarang, peluang terjadinya perang tinggal 0,000000000001%..tapi, dengan persenjataan yang lengkap dan canggih, negara2 tetangga atau negara asing TIDAK AKAN PANDANG SEBELAH MATA NEGARA KITA, INDONESIA.
Lihat negara serumpun kita yg sudah berani masuk2 wilayah kita. Itu kenapa? karena MEREKA TAHU KALO KITA (INDO) LEMAH!!!

Anonim mengatakan...

set up you seen this deficient medical around i unqualifiedly liked it and found legal healthfulness workbook