16 April 2010

Utang Indonesia Naik

Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri Indonesia sampai dengan Januari 2010 mencapai US$ 178,041 miliar atau naik 17,55% sebanyak US$ 26,584 miliar jika dibandingkan dengan Januari 2009 yang sebesar US$ 151,457 miliar. Utang tersebut terdiri dari utang jangka pendek pemerintah, bank sentral dan swasta sebesar US$ 25,589 miliar dan utang jangka panjang pemerintah, bank sentral dan swasta sebesar US$ 152,452 miliar.

Kalo tidak salah dulu Presiden SBY pernah bilang kalo Indonesia sudah bebas utang luar negeri. Nah ini buktinya kita masih berhutang juga. Pantesan negara kita tambah banyak utangnya. Habis korupsi terjadi dimana-mana. Baru-baru ini saja sudah muncul kasus Bank Century dan kasus Markus (makelar kasus) yang melibatkan pegawai pajak sendiri, Gayus Tambunan. Jadi mau gimana lagi? Utang 7 turunan pun tidak akan habis dibayar.

8 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Wah... anak kita kelak lahir menjadi generasi pembayar utang nih...

sanman mengatakan...

Betul sekali Pak Setiawan. Generasi Tua kita happy, generasi tua kita tidak happy karena mesti bayar utang yang diperbuat "orang tua"...

Darin mengatakan...

haduh makin miris saya mendengarnya sob :(

sanman mengatakan...

Saya juga bro Darin. Utang sudah beratus milyar dolar gitu kalo dirupiahkan berapa, dengan kurs USD $1? jalan terakhir tinggal jual pulau aja.

Hendro-Prayitno mengatakan...

semoga dapat terselesaikan hutang2 itu

sanman mengatakan...

Yup semoga saja bro. Tapi kayaknya tidak akan semudah yang dibayangkan...

rizalsaputra81 mengatakan...

gimana ya bayar utangnya kalu dikorupsi terus, anda sudah ku follow, follow balik yah

sanman mengatakan...

thx bro rizal...
sudah aku follow juga..
semoga para koruptor ditanah aira ditangkap. Seperti kata bapak siapa sudah lupa aku, yang ada masuk metro tv beberapa hari lalu, berkata baha "tikusnya itu yang ditangkap, tapi lumbungnya jangan dibakar"...haha
setuju!!!