15 Agustus 2010

Pertunjukan Barongsai di Istana Negara Pada Proklamasi RI Ke-65

Pada tanggal 17 Agustus 2010, bertepatan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-65, tim barongsai KONG HA HONG akan membuat sejarah baru, yaitu dengan menampilkan permainan tonggak di Istana Negara pada acara upacara penurunan bendera merah putih di hadapan bapak presiden SBY dan tamu-tamu kenegaraan, yang akan diliput oleh media local maupun international.

Ini adalah sejarah bagi dunia barongsai Indonesia, karena selama 65 tahun sejak Indonesia merdeka, belum pernah ada pertunjukan barongsai di dalam Istana Negara. Selain itu, dengan adanya pertunjukan barongsai dari tim KONG HA HONG ini, juga membuktikan eksistensi orang Tionghoa di tanah air, karena sangat jarang ada pertujukan kebudayaan Tionghoa, seperti Barongsai di acara pemerintahan/kenegaraan.

Oke! Selamat berjuang buat tim KHH Indonesia! Buktikan kehebatanmu di Istana Negara nanti! Banggakan kebudayaan Tionghoa kita di mata dunia!

8 komentar:

Life Tips mengatakan...

semoga saja Indonesia bisa lebih sejahterah dengan Proklamasi yang telah 65 tahun...

Manchester United Tech mengatakan...

yah, semoga juga dengan kemerdekaan RI ke 65 ini, indonesia bisa lebih baik dari sebelumnya..

bt, saya juga dah follow balik sob..happy blogging

four dreams mengatakan...

okelah sobat, liat video aku dong lagi baca proklamasi :D

KANG uchiha mengatakan...

lah.. Bukanya dari dulu orang tionghoa uda eksis? Liat aja tuh.. Siapa yg ada di ruko2 bertingkat pinggir jalan? Trus liat jg siapa yg ada di gubuk2 pinggir sungai/kali?

sanman mengatakan...

ya. orang tionghoa mmg sudah eksis, tapi untuk urusan kebudayaan rasanya masih belum, dan masih asing di mata pemerintah. nah dengan ada nya pertunjukkan barongsai di istana negara, semoga membuka kran kebudayaan tionghoa agar lebih banyak lagi utk tampil di iven2 negara.

jadi jangan salah artikan kalo 100% org tionghoa itu kaya. masih banyak sekali, bahkan kalo mau dikasih perbandingan, kira2 hanya 1 dari 2 orang tionghoa yg hidupnya beruntung.

riza mengatakan...

... semoga lebih banyak orang yang mampu menikmati kemerdekaan ...

hera_sw_17 mengatakan...

Walaupun pemerintah baru pertama kali menunjukkan budaya barongsai dalam acara kenegaraan, kita seharusnya bangga dengan usaha pemerintah ini. Dengan adanya hal ini menandakan adanya upaya pemerintah dalam memajukan kebudayaan barongsai. Seperti yang kita ketahui, dewasa ini kebudayaan barat lebih mudah merasuk dalam jiwa anak muda sekarang, padahal anak muda sekarang merupakan generasi penerus budaya lampau. Eksistensi kebudayaan saat ini pun sangatlah kurang, padahal kebudayaan merupakan kebangaan dan keistimewaan dari negara Indonesia. Dengan adanya berbagai macam kebudayaan menunjukkan bahwa negara Indonesia adalah negara yang beraneka ragam baik etnis, ras maupun suku bangsa. Dan dalam keanekaragaman tersebut seharusnya kita dapat bersatu padu.
Suatu budaya untuk dapat masuk dan berkembang dalam lingkup yang luas tidaklah mudah. Sama halnya dengan roda kehidupan manusia yang mengalami pasang dan surut, perkembangan barongsai pun sama seperti itu. Barongsai mengalami masa gemilang ketika ada perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan tapi pada jaman pemerintahan Soeharto, barongsai sempat tidak diijinkan untuk dimainkan. Tapi dengan kegigihan dan perjuangan Abdurrahman Wahid budaya Tionghoa dapat kembali menunjukan eksistensinya secara perlahan. Mengingat perjuangan yang tidaklah mudah itu, sudah seharusnya kita turut berpartisipasi untuk tetap melestarikan budaya barongsai kita bersama dan mendukung upaya pemerintah dalam memajukan kebudayaan Indonesia.
Tetaplah maju untuk kebudayaan barongsai di Indonesia.

sanman mengatakan...

saya sangat setuju dengan sdri hera diatas!
selayaknya anak muda sekarang harus bangga akan kebudayaannya, bukannya malah menghina dan mencela budaya sendiri!