20 Oktober 2010

10 Besar Negara dengan Internet Terbaik

Kualitas dan ketersediaan jaringan broadband di seluruh dunia ternyata meningkat dramatis beberapa tahun belakangan ini. Demikian kesimpulan riset oleh Oxford University di Inggris yang didukung oleh Cisco. Studi tahunan ini menganalisa jaringan internet broadband di 72 negara dan 238 kota. Hasilnya, kualitas broadband diketahui melonjak 50% dalam tiga tahun terakhir karena investasi yang meningkat.

Kecepatan download rata-rata di ranah global tahun 2010 ini mencapai 5,92Mbps, meningkat dari angka 3,27Mbps di tahun 2008. Sedangkan kecepatan upload mencapai 1,77Mbps, tahun 2008 hanya 794Kbps. Sebagai hasil kian cepatnya koneksi dan akses yang meluas, 48 negara atau 66% berhasil meraih syarat menjalankan layanan internet yang ada saat ini. Layanan itu seperti jejaring sosial, streaming video definisi rendah atau sharing file ukuran kecil.

Sebanyak 14 negara dan 38 kota dinyatakan siap menjalankan aplikasi internet masa depan. Lagi-lagi, Korea Selatan berada di posisi teratas jaringan broadband paling berkualitas di dunia. Warga di sana menikmati kecepatan download rata-rata 33,5Mbps dan kecepatan upload 17Mbps. Berikut 10 besar negara dengan kualitas broadband terbaik. Sayang, tak disebut lengkap kecepatan akses masing-masing. Namun sebagai gambaran, Amerika Serikat di posisi 15 punya kecepatan download rata-rata 9,6Mbps dan upload 2,2Mbps.

Lagi-lagi, nama Indonesia belum ada di sini. Bahkan, Indonesia juga belum masuk dalam posisi 30 besar.

1. Korea Selatan
2. Hong Kong
3. Jepang
4. Eslandia
5. Swiss, Luxemburg, Singapura
6. Malta
7. Belanda
8. Uni Emirat Arab, Qatar
9. Swedia
10. Denmark

11 komentar:

fb mengatakan...

Indonesia belumt ermasuk 10 besar ya.. Ok sob sudah saya follow balik ya..

Hanya Seorang Sahabat mengatakan...

cb klo indonesia ky gitu ya hehehe.. (ngimpi)

infoponsel mengatakan...

Internet kita amsih kalah dengan nagra lain padahal pemakai internet di Indonesia sudah semakin meningkat dnegan kebutuhan yang makin bertambah pula.

four dreams mengatakan...

wah indonesia enggak ada

sanman mengatakan...

indonesia harus berbenah nih agar kualitas jaringan internetnya bagus.

catatan kecilku mengatakan...

Kenapa utk hal2 terbaik spt ini Indonesia selalu gak masuk ya..?

the others.... mengatakan...

Semoga Indonesia dapat berbenah diri dan masuk dalam kategori salah satu dari yg terbaik di bidang apapun. Kapan ya dapat terwujud..?! *ngarep*

Berry Devanda mengatakan...

indonesia kapan bisa masuk ya mas herman?

sanman mengatakan...

Indonesia bisa masuk asalkan memperbaiki semua kekurangannya...

mjcoolz21 mengatakan...

mana indonesia...indonesia mana ??

hehehe...mungkin setara dg kualitasnya kali ye...

antwa mengatakan...

Moga aja negaraku tercinta bisa masuk ke 10 besar dunia, kan enak buat saya juga klo Inet indonesia secepet inet di Korsel :D