13 Oktober 2010

Indomie Aman Dikonsumsi

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan produk mi instan merek Indomie yang dipasarkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di luar dan dalam negeri aman dikonsumsi.Menurut dia, Taiwan maupun Indonesia memiliki standar yang berbeda untuk produk pangan terutama kecap pada mi instan tersebut.

Menurut Mendag, produk Indomie yang ditujukan untuk pasar Taiwan sudah memenuhi standar di negara itu. Namun, kemudian ditemukan produk Indomie yang sebetulnya bukan ditujukan untuk pasar Taiwan. Pihak Indonesia telah menghubungi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat melalui Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taiwan yang dikoordinasi oleh Kementerian Perdagangan.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan meminta Badan POM di Taiwan guna mengklarifikasi masalah tersebut. Pihak Taiwan pun, menurut Mari, menanggapi positif dan Kementerian Perdagangan sedang menunggu apa yang akan mereka sampaikan. engenai produk Indomie yang bukan diperuntukkan bagi pasar Taiwan dan lolos di negara itu, menurut Mari, Kementerian Perdagangan akan menyelidikinya.

Bahkan, manajemen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menyampaikan bahwa untuk produk mereka di pasar Taiwan sudah memenuhi standar yang berbeda itu. Dan ini bisa terlihat dari logo Badan POM yang tertera di kemasan. ementerian Perdagangan pun, Mari menjelaskan, akan berkomunikasi dengan negara lain yang juga menjadi pasar utama produk Indomie. Kementerian akan menjelaskan masalah yang terjadi, karena intinya hanya terkait pada standar yang berbeda.

Saat ini, menurut Mari, pemerintah sedang melakukan pencegahan agar penarikan Indomie di Taiwan tersebut tidak menyebar ke produk-produk Indonesia lainnya. Pemerintah Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Badan POM berkomitmen bahwa produk Indonesia yang di pasarkan ke luar negeri adalah produk yang aman dan memenuhi standar internasional.

2 komentar:

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola mengatakan...

ane juga masih makan mie sob, cuma standarnya aja disana gak sama ama kita, jadi dicabut deh dari peredarannya

sanman mengatakan...

makan indomie aman lho..
kalo memang berbahaya pasti sudah banyak yang komplain..
ini cuma strategi politik taiwan saja, karena FYI aja, branch produk indomie di taiwan sudah termasuk kategori kuat ketimbang produk2 mie lokalnya...
indomieee....selerakuuu...