12 November 2010

Usaha Warnet Kian Digemari

Ya, sesuai dengan judul diatas, usaha mendirikan warnet kini malah makin digemari banyak orang. Alasannya, karena banyak yang beranggapan bahwa usaha net-an lebih mudah dan memiliki resiko lebih kecil dibanding usaha lain. Selain modal yang dibutuhkan tidak sebesar dibandingkan beberapa tahun lalu, usaha ini juga masih bebas pajak pemerintah sampai saat ini. Padahal, kalau mau jujur, rata-rata omzet warnet dalam beberapa tahun terakhir juga menurun dengan berbagai macam sebab/alasan.

Padahal, mereka (yang akan membuat usaha warnet kedepannya) tidak berpikir kalau usaha ini perlu pengalaman dan ketekunan dalam menjalankan usaha. Sebagai contoh, ada warnet tetangga saya, yang karena tergiur dengan ”katanya” usaha warnet bisa mendapatkan omzet sejuta sehari hanya dengan modal 10-15 komputer, akhirnya malah bangkrut duluan. Selain sepi pengunjung (pasar potensial sudah habis), komputer mereka juga banyak yang kena virus dan rusak akibat tidak ada penanganan yang tepat dan berpengalaman.

Bagi mereka, yang penting duit masuk. Tinggal pakai orang kerja buat jaga dan duit mengalir kayak air masuk ke laci meja. Mereka tidak tahu kalo penyakit komputer terkadang lebih kronis dibanding penyakit manusia atau mesin mobil. Perbandingan penyakit komputer bisa 1”1.000.000 dalam skala kecil. Mereka juga pasti tidak menyiapkan biaya perawatan apabila ada kerusakan, karena berstatus ”baru”. Bahkan, ada orang tua/pasutri yang buta teknologi pun kepincut untuk membuat warnet dengan alasan ”gengsi” setelah melihat tetangganya sukses dalam usaha warnet. Ckck...

2 komentar:

Seiri Hanako mengatakan...

thanks sharingnya

titotea mengatakan...

Tapi sekarang Warnet nya mayoritas warnet game online ya,Katanya warnet biasa tergerus sama internet di HP