07 Februari 2011

Cap Go Meh/Goan Siao di Manado DIRESTUI

Setelah tiga tahun beruntun tidak direstui, akhirnya prosesi Cap Go Meh/Goan Siao di Manado keluar juga di tahun Kelinci Emas ini. Setelah tigas hari sesudah Imlek, tepatnya hari Minggu, 6 Februari diadakan prosesi ritual di klenteng tertua di kota Manado, Ban Hing Kiong. Prosesi ritual sudah dilaksanakan dari malam sebelumnya, sekitar pukul 23.00, hingga puncaknya pada siang hari keesokan harinya.

Setelah “ditanyakan“ melalui 2 buah kayu popoe yang dilakukan di Klenteng Ban Hing Kiong Manado, hasilnya prosesi Cap Go Meh di Manado tahun ini direstui untuk bisa dilakukan di jalan raya. Segenap umat Tridharma pun bersorak gembira setelah menanti penantian yang panjang selama tiga tahun lamanya.

Untuk kegiatan prosesi Cap Go meh/Goan Siao didaerah Sulawesi Utara, yang direstui untuk dilakukan di jalan raya/kirab, hanya di Manado dan Tomohon. Di Bitung, tepatnya di klenteng Seng Bo Kiong, prosesi Cap Go Meh tidak direstui oleh Thian. Oleh karenanya, prosesi Cap Go Meh hanya dilakukan didalam klenteng atau seputar halaman klenteng saja.

Sebagai info, dalam acara Cap Go Meh yang akan berlangsung pada tanggal 17 Februari nanti di Manado, akan ada sekitar 10 Thang Sin dan belasan Kio/Usungan, serta diikuti puluhan kereta hias/pikulan. Rute yang akan dilewati sendiri, masih disekitar komplek seputaran kampung China yang berbentuk letter 9.

Para turis mancanegara maupun lokal pun pasti berdatangan untuk menonton atraksi para Thang Sin yang diyakini membawa berkah. Untuk kegiatan seperti perayaan Cap Go Meh ini, apabila pemerintah serius mengelolanya, dan dijadikan iven tetap pariwisata tahunan, pasti akan mendatangkan devisa bagi daerah. Hotel-hotel pun pasti terbantu karena tingkat hunian meningkat.

4 komentar:

Zippy mengatakan...

Belum pernah sekalipun lihat perayaan Cap Go Meh.
penasaran banget acaranya kayak apa :D

Berpikir Positif mengatakan...

datang belajar bagaimana blog yang bagus, mantap sekali

herman mengatakan...

thx bro sudah berkunjung...

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

selamat tahun baru imlek sob :D