06 Mei 2011

5 Jam Setiap Hari di Depan Layar Komputer Bikin Cepat Mati

Menurut penelitian, menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari di depan komputer bisa merusak jantung dan menjurus ke kematian lebih cepat. Penyebabnya adalah posisi duduk, terutama duduk bersandar, yang merupakan posisi umum saat orang bekerja dengan komputer, bermain game, ataupun menonton televisi.

Menurut penelitian, menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari di depan komputer bisa merusak jantung dan menjurus ke kematian lebih cepat. Penyebabnya adalah posisi duduk, terutama duduk bersandar, yang merupakan posisi umum saat orang bekerja dengan komputer, bermain game, ataupun menonton televisi.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Emmanuel Stamatakis, peneliti dari University College London, Inggris. Ia melakukan penelitian terhadap lebih dari 4.500 orang berusia di atas 35 tahun dan hasilnya dipublikasikan di Journal of the American College of Cardiology.

Temuan ini menambah bukti-bukti yang terus terkumpul seputar bahayanya berlama-lama duduk. Padahal, kecenderungan yang terjadi saat ini adalah orang semakin banyak yang duduk di depan komputer saat bekerja di kantor.

“Orang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam berturut-turut per hari di depan komputer memiliki peluang 125 persen lebih tinggi akan mengalami kematian terkait penyakit jantung dibanding mereka yang hanya menghabiskan waktu kurang dari 2 jam di depan layar,” kata Stamatakis, seperti dikutip dari Examiner, 20 April 2011.

Stamatakis menyebutkan, dari penelitian, mereka juga menemukan bahwa 48 persen orang yang menghabiskan waktu 4 jam di depan komputer berturut-turut juga berpeluang mengalami kematian lebih cepat akibat faktor lain di luar jantung.

Lebih lanjut, mereka yang menghabiskan lebih dari 5 jam di depan komputer per hari, risiko mati lebih cepatnya naik secara signifikan.

Sebelumnya, diperkirakan bahwa mereka yang menghabiskan waktu terlalu banyak di depan komputer, atau juga di depan televisi, merupakan orang yang malas berolahraga dan menyebabkan munculnya penyakit. Namun, dari data yang didapat, tidak demikian.

“Orang yang berolahraga secara reguler di waktu luang mereka juga memiliki peluang untuk mati lebih cepat,” kata Stamatakis.

Peneliti meyakini bahwa penyebabnya memang adalah duduk yang terlalu lama. Posisi tersebut diketahui menyebabkan penurunan 90 persen lipoprotein lipase dan enzim jantung yang sehat. Pembengkakan dan masalah metabolisme yang disebabkan oleh ketidakatifan dalam waktu panjang juga menjadi sumber permasalahan.

Akan tetapi, ada solusi bagi mereka yang terpaksa harus bekerja di depan komputer sepanjang hari. “Anda harus bangun setiap 20 menit dan berjalan kaki sejenak,” kata Stamatakis. “Itu akan menurunkan masalah-masalah tersebut dan mungkin akan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama,” ucapnya.

Sumber : http://ditonews.blogspot.com/

hihi..thx banget sudah mo share infonya. Abis, berita ini cocok sekali buat saya, yang pekerjaan sehari-hari sebagai OP Net + Gamers..hua hua hua...sehari kurang lebih 6 jam depan komputer. Artinya 16,66% lebih cepat mati dari pada prediksi diatas. hihihi...

6 komentar:

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

untung saya cuma 4 jam sehari huehe, oya sob kalo mau meneruskan tag mengenai definisi a fun blogger, silahkan di buat sebuah postingan jika ada waktu B)

mjcoolz21 mengatakan...

wah...gawat juga ya hasil penelitiannya...

gw dulu pernah 20 jam nonstop...untung gw gak lagi..


nice infonya sob

DuniaPiyen mengatakan...

wah ngeri juga yah... kalo gw malah bisa lebih dari 5 jam duduk depan komputer

DewiFatma mengatakan...

Haa?? Saya minimal 8 jam sehari didepan kompi. Nah, kalo setiap 20 menit mesti jalan-jalan, ntar dikira Bos saya nggak kerja.
Wadduh...piye?

villa yasmin bali mengatakan...

Waduch ngeri sekali iya kalau tiap hari berlama-lama didepan komputer, tapi itu tergantung dengan situasi tubuhnya mungkin dan tergantung sama kondisi kesehatannya juga :).
Salam kenal dan terima kasih informasinya.

Anonim mengatakan...

wah... akukan kerjanya depan komputer jadi gimana dong?