18 Desember 2011

Sandbox Google


Apakah anda pernah mengalami postingan atau artikel anda menghilang dari halaman Google (SERP) padahal sebelumnya artikel tersebut sudah muncul di halaman pertama dengan keyword tertentu? Itulah yang pernah saya alami sekitar beberapa bulan yang lalu. Seluruh artikel postingan saya menghilang, bahkan dari hasil search url posting muncul kalimat “not found this url”. Padahal sebelumnya beberapa artikel postingan saya muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Jika anda juga pernah mengalaminya sama seperti saya, maka kemungkinan website/blog anda telah masuk kotak sandbox.

Sebelumnya, apakah Sandbox itu? Beberapa orang mengatakan kalau Sandbox itu bukanlah istilah resmi yang dikenalkan Google, tapi istilah ini dimunculkan oleh webmaster untuk menggambarkan sebuah fenomena bagaimana sulitnya satu website domain baru untuk menempatkan halaman-halamannya pada hasil pencarian di Google. Kenapa bisa diparkir di Sandbox? Katanya hal ini merupakan salah satu upaya dari Google untuk mengurangi spam atau bisa juga sebagai tempat menahan isi website/blog yang dicurigai menggunakan teknik SEO blackhat.

Apa yang menyebabkan hal di atas? Apakah artikel tersebut telah melanggar UU ITE 2008? Tidak ada yang tahu dengan pasti.

8 komentar:

Griya Kuliner mengatakan...

Kenapa kok blog nya bisa masuk Sandbox?

sanman mengatakan...

mungkin dulu secara tidak sengaja pernah pake program black seo. jadi ya kena.

Aryo Seno mengatakan...

Saya pernah kena sandbox, index blog saya hilang semua

Blog Serba Serbi mengatakan...

Kalo Blog Copy Paste ntar masuk Google Sandbox gak ya

Allien 99 mengatakan...

saya punya 'not found url' seperti itu gara2 ada postingan yg dihapus karena terlalu por**o. setelah direvisi pake google webmaster tool. baru bener dah.. :)

Nur Prasetiyo (Zutonx Blog) mengatakan...

Semacem Blacklist kali ya...

sanman mengatakan...

@ Blog Serba Serbi : blog copas juga bisa masuk kotak sandbox. mungkin tergantung keseringan/banyaknya yang dicopas.

Nur Prasetiyo (Zutonx Blog) : ya, semacam itulah. cuma gak permanen. pasti akan dilepas google. sekitar 3-6 bulan biasanya. mungkin untuk "memotong" black seo engine yang telah dipasang di website/blog kita agar kehilangan kontak sementara. pelan2 mati sendiri enginenya.

Anjieya mengatakan...

Kok....artikelnya hidden gini yah? apa karena inetku lemot.