18 Januari 2012

Aksi Menentang SOPA

SOPA (Stop Online Piracy Act) adalah rancangan undang–undang anti pembajakan secara online. Kalau dulu kita mengenal DMCA, kini SOPA sedang menjadi perbincangan hangat di internet. Bagaimana tidak, dengan adanya Rancangan Undang-Undang SOPA ini, maka situs-situs yang memiliki nama salah satu trade mark perusahaan tertentu akan dibabat habis. Apalagi yang mengandung illegal content (melanggar copyright atau hak cipta).

Tujuan SOPA, tidak lain adalah untuk menghentikan pembajakan atau hal-hal yang merugikan pemegang hak cipta, maka hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap apa yang terkandung di dunia internet saat ini. Salah satu contoh bila RUU SOPA jadi diterapkan adalah pihak pemerintah Amerika Serikat berhak untuk memblokir atau bahkan menghapus website/blog yang dipandang melanggar hak cipta atau copyright.

Yang jelas, dengan kekuasaan yang dimiliki, jika SOPA bisa berhasil disahkanmenjadi sebuah undang-undang, maka Internet akan mati, dan pastinya banyak blog atau website yang akan tutup. Hari ini, tanggal 18 Januari banyak website-website besar yang melakukan strike (mogok), antara lain Wordpress, Wikipedia, dan sebagainya. Bahkan situs Wikipedia memutuskan untuk blackout (off-line) selama 24 jam penuh sebagai bentuk tentangan terhadap RUU SOPA ini.
Tautan
Bagaimana RUU SOPA ini berkerja? Misalkan si "A" upload gambar milik si "B" ke Facebook dan Youtube. Jika dalam hukum DMCA yang berlaku saat ini, maka si A yang dinyatakan bersalah dan bisa kena hukuman. Namun dengan SOPA ini, maka Facebook dan Youtube dinyatakan bersalah juga dan terancam hukuman hingga bisa ditutup.

Bagaimana mungkin situs Facebook, Youtube, Wordpress, Blogspot, dan sebagainya bisa melototin setiap postingan atau upload yang dilakukan membernya. Bahkan dengan UU SOPA, memungkinkan search engine seperti Google atau Yahoo bisa terkena imbas karena mereka harus de-listing website yang terkena hukuman SOPA.

Lalu, siapa saja pendukung RUU SOPA? Mereka adalah Old media, yang meliputi koran, majalah, TV, dan lain-lain. Kenapa old media mendukung SOPA? Agar internet menjadi lumpuh, sehingga diharapkan orang-orang akan kembali ke old media, seperti membaca Koran atau majalah, menonton TV dan sebagainya. Nggak Facebook-an, Twitter-an, nge-blog dan sebagainya.

Penentang SOPA adalah New Media, yaitu semua aktifitas yang melibatkan Internet, seperti blog, website, forum, community, dan sebagainya. Bagaimana cara kita mendukung gerakan ANTI RUU SOPA ini? Apabila anda warga USA maka bisa menghubungi Kongres, Senator atau perwakilan mereka di pemerintahan, sedangkan kita yang di Indonesia bisa turut mendukung gerakan ANTI RUU SOPA ini dengan menyebarkan semangat menentang SOPA, seperti membuat artikel mengenai kebijakan RUU SOPA, memasang gambar dan diarahkan ke website-website ANTI SOPA, seperti http://sopastrike.com/strike atau http://americancensorship.org dan sebagainya.

16 komentar:

jiah al jafara mengatakan...

disana sini mbahas sopaaaa

sanman mengatakan...

ya mbak :)
bahkan hari ini ada banyak blog/web tutup sementara selama 12-24 jam sebagai bentuk protes.

FYI, uu sopa ini akan diputuskan pada tgl 24 jan nanti.

amdhas mengatakan...

klo begitu google dan facebook yang paling bersalah. Jadi klo mau di tuntut tuntut saja google karena ada google image.

vie_three mengatakan...

oh ya ampuunnn, tadi dikantor sekilas baca di yahoo ada berita wikipedia blackout (aku kira apaan) namanya juga dikantor, jadi gak berani ngeklik. trus di fb si mbak anaz apdet status tentang wordpress yang blackout juga, trus nunggu lainnya lagi yang blackout. aku kira ada apa niy???

baru baca artikelmu ini, aku langsung ngeh. hehehehe

Radio Bersama mengatakan...

Ini sumber penghasilan amerika,, ngurus trade mark pake duit,,, gitu kali ya hahahah? gak ngerti ah,,

Zhang mengatakan...

Ini UU yg keblinger.....

al kahfi mengatakan...

jika kesalahan 1 orang/blog maka website trkait akan tertutup dimana pemakai websit /blog jutaan orang,tentu akan menjadi krisis international dengan UU sopa ini....

YOLANDA mengatakan...

ohh, jadi ini alasan wikipedia kmrn gak bisa diakses

wah, merugikan juga yaa si SOPA ini

herman mengatakan...

Ya.
Kemarin wikipedia black out selama 24 jam sebagai bentuk protes terhadap RUU SOPA ini...

Zippy mengatakan...

Waduw, bahaya juga yah.
Bisa2 blog saya juga kena imbasnya nih kalo hal ini diberlakukan.
Ada2 aja ni UU, parah bener.

Koki @ GriyaKuliner.com mengatakan...

█ ████████ ██████ ██████████ ██ ████ ██ ████ ██████████ ██. ███ ███ This comment has been found in violation of H.R. 3261, S.O.P.A and has been removed.

anazkia mengatakan...

Setelah tanggal 24 lalu ditunda, semoga kelak akan dibatalkan. Amin...

Leiny Nadiraa (deedee) mengatakan...

IKUT! :)

semoga dibatalin. aamiin
jadi sarana internet tetep jadi pendidikan gratis :)

JASMINE mengatakan...

ada apa dengan Ira Maya Sopa?? hehe...

djawa mengatakan...

klo sopa yang di ruang tamu sih empuk2 aja hehe.,

Dangstars mengatakan...

Begitu rupanya maksudnya Sopa nih..
kalo menurut saya sah-sah aja mau apapun mereka buat ya terserah..