13 Januari 2012

Cara Mengukur Berat dan Loading Sebuah Blog/Website

Begitu pentingnya "kerampingan" sebuah blog atau website, dimana pengunjung tidak akan berlama-lama untuk membuka halaman blog atau website anda. Ada beberapa cara yang disediakan oleh Online Service yang menyediakan layanan jasa untuk mengukur berat dan loading suatu blog atau website. Diantara puluhan jasa Online Service untuk mengukur berat/loading sebuah web, ada empat yang paling menonjol dan akurat, yaitu :

1. Menggunakan Iwebtool Speed Test. Caranya cukup masukkan URL blog anda, lalu klik summit untuk mengetahui berapa size atau ukuran halaman web anda, dan berapa lama waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mengaksesnya. Sayangnya, untuk non member, dibatasi hanya sampai 5x penggunaan untuk 1 IP Address per jamnya.

2. Menggunakan Stopwacth. Ini yang paling simple. Cukup ketik alamat blog atau website anda, lalu klik "Start Stopwatch", lalu perhitungan pun akan segera dimulai.

3. Menggunakan WebsiteOptimization. Dengan menggunakan ini, hasil perhitungan akan jauh lebih komplit, dimana kita dapat mengetahui seberapa cepat waktu loading sebuah halaman web apabila diakses dengan menggunakan enam kecepatan koneksi internet. Hasil tes juga akan disertai dengan Analysis dan recommendation sebagai acuan kita.

4. Menggunakan PingdomTool. Akan menampilkan grafik tentang lamanya sebuah link objek di blog kita yang akan di loading.

Sebenarnya, untuk memperkecil ukuran blog atau website kita, ada beberapa cara, seperti :

1. Jangan memasang widget yang tidak berguna, yang hanya akan memperparah loading halaman untuk menuju ke web anda.

2. Perkecil ukuran gambar dan jumlahnya, baik di gambar postingan atau di banner anda.

3. Hindari memasang script yang tidak bermanfaat.

Semoga bermanfaat!

21 komentar:

Enny Law mengatakan...

aku biasa'a pke iwebtool..

emank klo jln2 ke blog yg ringan tuh lebih nyaman,hahha

Zhang mengatakan...

Mantap, thanks sharingnya bos.

NUYA TOURS mengatakan...

Informasi yang bagus dan berguna. Salam perkenalan dari kami.

sanman mengatakan...

@ Nuya Tours : Salam kenal :)

vie_three mengatakan...

aku nyoba yang menggunakan stopwatch ach.... hehehehe

Zippy mengatakan...

Pernah menggunakan beberapa tools tersebut buat patokan.
Ya syukur2 udah agak ringanan blog saya :D
*eh, bener gak ya? :))*
Btw, lama dan tidaknya loading suatu blog saat di tes, tergantung koneksinya juga lo.
Soalnya kalo koneksinya kita lelet, hasilnya juga parah banget :)))

Erwin mengatakan...

awal ngeblog dulu aku suka pasang banyak widget, tp setelah tahu itu bisa mempengaruhi loadingnya, jd banyak yg ku hilangkan.

makasih sharingnya... :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tks infonya

sanman mengatakan...

@ Zippy : Ya, benar! Tergantung kecepatan koneksi kita juga. Meski widget berjibun, tapi kalo koneksi cepat, misalkan pake speedy pake 1 MB or high, rasanya no problem.

Tapi kalo pake koneksi pas-pasan, seperti telkomselflash or ect, yah lemot.

@ Erwin : Ya, biar lebih langsing yah, hehe...

RaDiAl mengatakan...

iya y dek, klo kita mampir diblog yg lemot jd malas mau mampir lagi...

jiah al jafara mengatakan...

coba"...
uhuy

si chengger mengatakan...

oh g2 yaw gan caranya
makasih atas sarannya
aku jadi tambah ilmu lg gan

Nurmayanti Zain mengatakan...

wow :D nice~
cara mengetahui script nggak berguna tuh gimana?

sanman mengatakan...

@ Nurmayanti Zain : Contoh script yang kurang berguna, seperti :

1. Ditambahkan script kolom komentar lewat FB. Jadi, kolom komentarnya ada dua. Kan sebenarnya hanya perlu 1 aja. Dengan memasang tambahan script komentar dari FB ini, malah akan semakin akan memperparah loading blog/web anda.

2. Summit di berbagai direktory/mesin pencari. Kadang2, untuk meng-approve blog anda di directory mereka, mereka akan meminta untuk memasukkan semacam kode html/script di blog anda sebagai bukti confirm. Semakin banyak script yang ada masukkan di blog anda, semakin menambah beban load di blog anda.

sekiranya 2 contoh diatas cukup...

dhenok habibie mengatakan...

dulu pernah nyoba test sob, alhamdulillah standar2 aja gk terlalu berat.. hehe :D

panbran mengatakan...

Info yg berguna Gan. Terimakasih.

newbie mengatakan...

kalau hosting bisa gak mempengaruhi lambatnya loading blog kita gan ?mohon pencerahannya,,maklum masih newbie dan cari cari hosting

sanman mengatakan...

Bisa juga.
Hosting juga, ada yang bagus, ada yang jelek, tergantung lokasi server mereka ada di mana.
Pilihlah Hosting yang baik, supaya kualitas loading blog anda juga lancar.

BAJU MUSLIMAH mengatakan...

Wah kalo saya sedang yach Gan utk akses nya LOADING web saya ini.

ANK's Blog mengatakan...

info yg sangat bagus dan bermanfaat bagi saya,,, kunjungi balik gann www.ankurniawan.blogspot.com

muhd akbr mengatakan...

Saya pernah dengar tentang google pagespeed, bagaimana dengan itu/