09 Januari 2012

China Bangun Hotel 30 Lantai Dalam 15 Hari



China memang tidak pernah berhenti dalam mencetak rekor-rekor baru yang sangat mengesankan dalam sejarah peradaban dunia modern. Negara yang dijuluki Negeri tirai bambu ini telah bertranformasi menjadi salah satu negara super power abad ke-21 dengan teknologi super komputernya dan ekonomi yang kuat membuat negara-negara di belahan dunia lain menjadi iri.

Kini China punya rekor lain, yakni sebagai pembangun gedung tercepat di muka bumi ini. Sebuah perusahaan konstruksi bangunan China yang bernama Broad Grup, baru saja sukses membangun sebuah hotel setinggi 30 lantai dengan luas 55.7784 M2 (meter persegi) hanya dalam waktu 15 hari, atau 360 jam saja. Hebatnya lagi, para pekerja yang membangun gedung di kota Changsha wilayah China bagian selatan itu mampu mencatatkan prestasi yang luar biasa itu dengan tanpa seorang pun yang mengalami cedera.

Bangunan yang baru dibangun dalam tempo 15 hari tersebut bernama Ark Hotel yang terletak di pinggiran danau Dongting, Provinsi Hunan. Konstruksinya dikerjakan oleh Broad Grup, sebuah perusahaan konstruksi China yang mengkhususkan diri dalam bidang arsitektur berkelanjutan. Menurut Akademi Penelitian Bangunan China, hotel itu dirancang khusus untuk menahan gempa dahsyat yang berkekuatan hingga 9,0 Skala Richter.

11 komentar:

Zhang mengatakan...

Bikinnya pake teknik apaan ya?

Zhang mengatakan...

Klo liat video-nya kayak knock down, semacam bikin dari lego/puzzle gitu.

DewiFatma mengatakan...

Kayaknya gampang dan cepet banget ya, bikin gedung. Kalo mbangun perumnas sekecil rumahku jangan-jangan sehari selesai tuh..hihi....

RanggaGoBloG mengatakan...

keren tekhnisinya... hebad hebad hebad...

Zippy mengatakan...

Wih, keren banget ya :D
Buatnya hanya 15 hari tapi konstruksinya kokoh gitu.
Mantep lah, China kok dilawan :D

sanman mengatakan...

Harus punya perencanaan yang baik untuk membangun suatu bangunan dalam waktu singkat. Juga pengalaman yang banyak.

Tapi banyak yang meragukan kualitas bangunan yang dibuat ini, terutama dari para perusahaan/kontraktor sejenis. Mungkin karena "persaingan" kali ya?

Zhang mengatakan...

Teknik pembangunan seperti gedung diatas mulai banyak juga dipakai di Jepang. Contoh paling nyata adalah rumah2 penampungan darurat bagi korban Tsunami belum lama ini, dibangun dengan sistem knock down seperti itu.
Hanya saja perbedaannya adalah di Jepang adalah rumah biasa 1 lantai, sedangkan di Tiongkok gedung 30 lantai, tentunya perhitungannya juga jauh lebih rumit.
Sebelum gedung 30 lantai ini, kalau nggak salah ingat, dibangun juga gedung 15 lantai di Tiongkok, yang mana selesai dalam 6-7 hari saja.
Semoga kontraktor di Indonesia juga mau mulai mempelajari teknik seperti ini, biar bangun rumah nggak kelamaan, masa sampe 3-6 bulan hanya untuk rumah 100-200 meter persegi.

anazkia mengatakan...

Jadi inget pelajaran matematika kelas satu SMU yang ngitung pegawai itu

Eh, saya kayaknya serng ke sini, tapi nggak penah meninggalkan jejak. Mohon maaf, yah...

kenalan lagi, ah :)
Salam kenal, buat tuan rumahnya

Bang Iwan mengatakan...

China hebat,,,,....Indonesia harus belajar banyak..

agen xamthone plus mengatakan...

ko bisa ya china pembuatan gedung tercepat,apakah arsitekturnya asal-asalan??

Widhi mengatakan...

wuih kalah dong sangkuriang saat mw buat candi untuk ibunya.... waakakkaka