08 Januari 2012

Menjelang Tahun Baru Imlek

Tidak terasa, sudah 08 hari kita melangkah di tahun 2012 ini. Bagi sebagian orang, tentu suasana tahun baru sudah berakhir. Aktivitas normal sudah harus kembali berjalan seperti biasa. Tapi, bagi orang Tionghoa, justru suasana tahun baru yang sebenarnya baru akan dimulai sebentar lagi. Ya, tinggal 15 hari lagi, seluruh orang Tionghoa di dunia akan merayakan tahun baru, atau di Indonesia biasa dikenal dengan Hari Raya Imlek.

Tahun ini, Imlek akan jatuh pada tanggal 23 Januari 2012 (01 Cia Gwee 2563). Sesuai perputaran kalender penanggalan China, Tahun 2012 ini adalah tahun Naga berunsur Air. Nah, di tahun Naga Air ini, orang Tionghoa percaya bahwa kesuksesan besar akan datang. Tak heran, banyak pasangan yang menikah di tahun lalu (2011) agar bisa segera mendapatkan anak di tahun ini (2012), karena diyakini bahwa anak yang bershio Naga akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi keluarganya.

Menjelang Imlek, orang Tionghoa biasanya mulai mengadakan persiapan, seperti bersih-bersih rumah, mengecat dinding tembok yang kusam dengan warna-warna cerah, menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek (hiasan lampion, naga, lukisan, dll), sampai mulai mempersiapkan menu jamuan makan untuk hari H nya, karena diharapkan, pada hari Imlek nanti, seluruh anggota keluarga dan sanak saudara akan berkumpul bersama dalam penuh keceriaan.

Tak lupa juga, mereka akan menyempatkan diri untuk pergi ke kuil/klenteng untuk menyampaikan doa dan harapan kepada dewa/i, agar di tahun yang baru nanti diberikan berkah dan perlindungan agar semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Selanjutnya, seperti apakah rangkaian yang akan mewarnai kegiatan sesudah Imlek berturut-turut sampai ke acara puncaknya, yakni Perayaan Lentera/Cap Go Meh? Nantikan ulasannya hanya di www hermantan dot com

7 komentar:

Zhang mengatakan...

Sudah dekat Imlek nih.
Udah persiapan ?

jiah al jafara mengatakan...

ngga ngrayain :-D

NURA mengatakan...

asalamualaikum
iya bentar lg imlek
kalau dulu hujan terus menerus.

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

gak terasa ya bentar lagi,siap2 turun hujan ya?

Aulawi Ahmad mengatakan...

gong xi fat cai aja deh :)

anazkia mengatakan...

Keluarga majikanku kalau imlek gini pada ngadain family day :)

veven mengatakan...

Itulah Indonesia mas/bro..hehe

Berbagai suku, ras, agama, kebudayaan, dll di negeri ini..

Harusnya kita bangga, karena merupakan salah satu bangsa dengan KEBUDAYAAN TERVARIATIF di dunia!