22 Februari 2012

Indonesia Perlu Bangun PLTN

Saya baru saja mendapatkan kabar dari Yahoo yang mengatakan bahwa 10 tahun lagi Indonesia akan kehabisan bahan bakar minyak dikarenakan produksi BBM yang terus menurun sehingga perlu ada penggantinya. Menurut Menristek Gusti Muhammad Hatta, untuk mengantisipasi kehabisan BBM maka pemerintah sudah siap membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Pembangunan PLTN sendiri akan diusulkan untuk dibangun di Provinsi Bangka Belitung atau Kalimantan Selatan. Kedua daerah itu sangat cocok untuk pengembangan sumber energi nuklir sebab selain kaya akan timah, juga kaya akan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), yaitu Thorium.

Apabila tak segera dipersiapkan sumber energi pengganti BBM, maka bisa dipastikan akan banyak pabrik tutup sehingga menimbulkan pengangguran. Karena itu, pemerintah juga terus berusaha untuk mensosialisasikan tentang manfaat dan kegunaan dari sumber energi nuklir sendiri, sebab penggunaan sumber daya energi nuklir relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan sumber daya yang lain. Bila masyarakat siap menerima pembangunan PLTN maka pemerintah akan segera membangunnya, karena dari segi penggunaan teknologi dan sumber daya manusia (SDM) sendiri pemerintah sudah menyiapkan dan tidak ada masalah.

6 komentar:

Blogspot Pemula mengatakan...

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir sepertinya harus dikaji lebih matang lagi, biar semuanya Fix.
Nice Share

Zhang mengatakan...

Apa pemerintah siap mengelola PLTN nih? PLTA dan PLTD yg teknologi lama aja masih tambal sulam. Air atau solar bocor masih gampang diurus, tetapi nuklir bocor gimana tuh?

BlogS of Hariyanto mengatakan...

PLTN itu konon kabarnya bisa menghasilkan energi listrik yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan listrik PLN saat ini..dan semoga rakyat Indonesia bisa benar-benar bisa mendapatkannya yang benar-benar murah dan bermutu bagus :-)

sanman mengatakan...

Semoga bukan menjadi senjata pemusnah massal karena kepadatan penduduk...hihihi

Iskaruji dot com mengatakan...

Jika tidak ada masalah dgn SDM, PLTN memang segera diperlukan..moga SDM yang dimaksud memang benar2 kredible...nice post and happy blogging

Raihan Marie Ramadhan mengatakan...

Untuk pembangunan yang sekiranya demi hajat hidup orang banyak ane sepakat sop,asal memperhatikan efek buruknya terhadap lingkungan.
Memang betul kawan,selarasanya PLN segera membangun pembangkit listrik lagi untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Nice share,thanks ya,happy blogging.