29 Februari 2012

Cara Mengecek Validasi Template

Kadang-kadang, kita sering membuat error di susunan atau penulisan HTML di blog atau website kita. Hal ini sering kita anggap enteng, karena biasanya kalau kita "men-save" kode tag html baru, dan langsung SUCCESS (dapat disimpan), itu artinya kode html yang kita isikan valid. Tapi sebenarnya, itu hanya sebuah "toleransi" saja atas kesalahan-kesalahan kecil yang kita buat. Akibatnya, proses "crawl" dari google bot tersendat. Hasilnya, tentu berdampak pada penilaian RANK di blog/web kita.

Ada dua cara untuk mengecek nya,.Yang pertama, kita harus menginstall sebuah program yang bernama W3C Markup Validation Service. Program ini dapat diunduh disini. Tapi agak ribet dalam penggunaaannya. Adapun cara kedua yang lebih praktis dilakukan adalah dengan mengunjungi situs http://validator.w3.org/, lalu isikan alamat URL anda disitu. Jangan kaget, kalau melihat ratusan error kesalahan html anda disana. Syukur-syukur anda mau memperbaikinya.

5 komentar:

Blogspot Pemula mengatakan...

Nice share sobat, mengurangi error pada template sangat perlu dilakukan, hmmm tapi saya sendiri malas juga sih. Salam

sanman mengatakan...

Sebenarnya, bukan error beneran, tetapi cuma kesalahan elemeter/mendasar dalam kode HTML, seperti kode buka, tutup, dsb
Ini banyak terjadi kalo di blog kita banyak widget. Kalo sedikit widget, harusnya tidak akan banyak errornya..

Blog Keperawatan mengatakan...

Tadi barusan mengecek lumayan banyak errornya ternyata yah...
Bisa kasih tahu ndak cara memperbaikinya sahabat...?

sanman mengatakan...

@ Blog Keperawatan : Cara cepatnya ada dua :
1. Hapus widget2.
2. Ganti themes/template. Karena daripada capek memperbaiki satu persatu, ada baiknya pilihan nomor 2 ini dilakukan. Tapi ya, takutnya beberapa kode tag html yang terpasang "dibelakang layar", seperti TAG google webmaster, yahoo, bing, msn, dsb juga akan ikut tersapu.

Kalau errornya <100, rasanya masih bisa diperbaiki. Cek aja kode buka/tutupnya, kebanyakan seperti tanda petik ("), tanda bintang (*), dan tanda "<" atau ">"

Jefry mengatakan...

Setelah saya cek untuk template blog yang saya pergunakan ada beberapa kode html yang error, kira2 ini berpengaruh besar tidaka validasi template dimata google ?
terima kaish banyak atas infonya agan..