13 Maret 2012

Zona Waktu di Indonesia Akan Digabung

Saya baru mendapat kabar setelah membaca dari Yahoo News kalau pemerintah Indonesia telah berencana untuk menyatukan tiga zona waktu Indonesia yang terdiri atas Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) menjadi satu zona waktu saja, dengan WITA (GMT+8) akan dijadikan patokan waktu.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar daya saing ekonomi Indonesia meningkat dan birokrasi lebih efisien. Melalui penyatuan zona waktu WITA (GMT +8), masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia timur dan tengah akan memiliki waktu transaksi yang lebih banyak dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia barat. Selain itu, penyatuan waktu ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang ekonomi, sosial politik, bahkan ekologi.

Secara pribadi, saya sebenarnya mendukung langkah penyatuan zona waktu ini. Negara tetangga kita saja (Malaysia), yang wilayahnya terbagi 2 (barat dan timur) , zona waktunya digabung menjadi 1. Masih kurang? China dan India aja, yang luas wilayah daratannya lebih luas dari Indonesia, hanya memiliki 1 zona waktu saja. Yang penting, beberapa faktor lainnya juga harus dipertimbangkan, agar jangan sampai kebijakan ini malah merugikan pihak lain.

12 komentar:

Zhang mengatakan...

Setuju. 3 zona waktu bikin repot aja.
Lebih bagus 1 zona waktu.

sanman mengatakan...

1 zona waktu aku tak pusing, soalnya aku tinggal di zona waktu WITA. wkwk

Sam Rinaldy mengatakan...

Wah setuju banget..> (^ ^
Kenapa gak dari dulu aja ya?

Zippy mengatakan...

Kita lihat aja deh kedepannya gimana, apakah penyatuan zona waktu ini emang bener2 efektif atau hal yang percuma aja :D

agusbg mengatakan...

mudah mudahan kedepannya lebih mudah dan efisien..

Iskaruji dot com mengatakan...

mungkin ide ini diambil setelah pembagian tiga zona waktu tidak menguntungkan lagi...hehe...Happy blogging!

Antaresa mengatakan...

ya semoga bener-bener terlaksana, tapi nanti harus ada penyesuaian waktu lagi ya

10 Hal Menarik Dunia Kita - Arham Vhy mengatakan...

Aku sih setuju aja asal berdampak positif..
kalo dsini aku zona waktu WITA

Beni R. U. Napitu mengatakan...

terimakasih telah berkunjung juragan...

@balsan komen : wah.. kalo itu mah udah dari dulu direncana gan, tapi ada beberapa faktor penghalang: msalah uang, lumayan malas sih uptadenya, trus belum ada waktu yg khusus buat online... hehehehe

terimakasih juga komen dukungannya gan...

sanman mengatakan...

@ Beni R.U Napitu : memakai domain sendiri cuma seratus ribu per tahun. artinya gak sampe 300 perak/hari. hehe

rizki_ris mengatakan...

Kunjungan pagi sobat
maaf baru berkunjung
wah digabung
setuju sobat, biar gak bingung- bingung lihat jam
hehehe

makmur mengatakan...

baru tau nih infonya, thk sharingnya