18 Mei 2012

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis ke Google Maps

 
Ayo daftarkan Lokasi Toko, Kantor, Perusahaan, Pabrik, Tempat Praktek, Jasa dan sebagainya milik anda di Google Map. Nilai jualnya akan sangat baik, mengingat jenis ponsel yang sudah mendukung aplikasi Google Maps, GPS atau Ipad dan sejenisnya dengan terkoneksi internet sekarang sudah sangat banyak. Mudahkan mereka untuk menemukan lokasi anda berada di dunia real hanya dengan mendaftar di Google Map. Jika anda sudah punya Gmail atau account Google, silahkan ikuti instruksinya langsung setelah meng-klik link diatas. Jika anda masih bingung, anda dapat membaca langkah-langkahnya dibawah ini :
1. Klik Add business.
 2. Isi Country/Negara anda, lalu Phone Number/nomor telepon (dianjurkan nomor telepon kabel, bukan ponsel), setelah itu klik "Find business information".

3. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman baru untuk mengisi Basic Information usaha anda. Isikan semua data secara lengkap dan benar untuk kode bintang * (wajib).
 4. Untuk kolom jalan, kota, kode post dan provinsi, setelah diisi, lokasi penunjuk map/peta di sebelah kanan akan otomatis menyesuaikan sesuai dengan isian. Supaya map/peta lebih mengena ke sasaran X atau lokasi anda, klik "Fix incorrect marker location".
5.Akan muncul gambar map/peta besar, di sudut kanan atas ada 3 pilihan sbb : map, satellite, hybrid. Pilih menu SATELLITE untuk menampilkan gambar dari satellite (gambar nyata). Jika kurang jelas, perbesar gambar map dengan menu zoom di sebelah kiri. Geser map menggunakan mouse, dan tempatkan icon berbentuk "bola lampu" berwarna ke lokasi yang tepat, dengan cara diseret/drag.
6. Jika sudah fix posisinya, silahkan save. Biasanya butuh kejeliaan mata untuk menandai lokasi X nya. Kalau salah atau posisinya belum tepat, ulangi langkah nomor 4 diatas. 
7. Klik "Summit" di paling bawah setelah anda mengisikan semua data yang diminta.
8. Anda akan masuk ke halaman baru, dan akan di confirm/konfirmasi lewat Telepon, Surat, atau SMS. Untuk cepatnya, gunakan konfirmasi dengan nomor telepon kabel. Dalam beberapa detik, anda akan segera di hubungi oleh pihak Google. Dengar baik-baik kode yang disebutkan, catat, lalu masukkan kode konfirmasi itu di halaman konfirmasi google maps tadi.
9. Done. Periksa kembali semua info usaha anda terlebih posisi lokasi map/peta. Biasanya memerlukan 7 hari agar map anda tayang di Google maps.
10. Cara mengecek apakah map anda sudah masuk/tayang di Google Map atau belum, pergi ke halaman Google Map, lalu ketikkan nama usaha anda disana. Kalau keluar hasil no result, coba ketikkan tempat kota anda dahulu, lalu dilanjutkan dengan nama usaha anda. 
Contoh Google Map yang telah jadi, dapat di share menjadi seperti :


View Larger Map

Semoga info ini membantu bagi para pelaku bisnis agar usaha anda lebih mudah dicari/ditemukan orang di internet. Share info ini, berikan testimonial atau masukkan donasi anda dibagian "donasi" apabila info ini bermanfaat.

26 komentar:

Sam Rinaldy mengatakan...

Saya kira cuma bisa di foursquare aja...

PTC TERBAIK mengatakan...

Thank'z atas sharex sob. .. ^_^

Anonim mengatakan...

Bisa di bantu utk menjelaskan Point yg No.8 ? apakah di telfon dari pihak Google indonesia ? dan apakah di pungut biaya ? trima kasih

sanman mengatakan...

Ya. Nomor telpon yang kamu masukkan, akan di telpon oleh pihak Google. Siapkan pulpen dan kertas, catat nomor yang disebutkan dalam telpon.
Nomor yang disebut, dalam bahasa inggris...

moriyanto mengatakan...

biasanya kena brapa

Deddy Arif mengatakan...

itu bayarnya berapa ya ?

sanman mengatakan...

@ moriyanto & Deddy Arif : gratis kok, tidak bayar.

AbdulMajid mengatakan...

terima kasih infonya pak
sangat bermanfaat
semangat

Anonim mengatakan...

thx infonya,sudah berhasil

kta dbs mengatakan...

ngga bisa verify pake pin ya ? kok belum dikirimin pin nya ya mas

tiang antrian mengatakan...

OK SOB ANE BISA TAPI PAS ANE CARI DI GOOGLE BLM ADA

sanman mengatakan...

@ kta dbs : Verifikasi pake sms biasanya tidak bisa/jalan mas. Lebih cepat verifikasi pake telpon rumah agar valid, engga sampe 5 menit sudah di telpon (nanti angka verifikasinya dalam bahasa inggris, jadi simak baik-baik). Jangan lupa dicatat/hafal nomornya

@ tiang antrian : Sudah verifikasi lewat telpon rumah/kantor? Kalo udah, agan tinggal duduk manis aja, biasanya paling lambat seminggu udah muncul di google maps. Rajin2 cek aja.

Sawarna mengatakan...

Terima Kasih untuk pengetahuannya...

Budget Homestay in Ubud mengatakan...

Terima kasih informasinya mas....
sangat bermanfaat

Nissan Jakarta mengatakan...

Terimakasih infonya
Langsung ke TKP

sanman mengatakan...

Terima kasih kunjungan Nissan Jakarta di blogsite ini.
Kalau membutuhkan slot iklan, bisa hubungi saya.
Thanks

Udin Perdana mengatakan...

kalo no flexy tanpa kabel bisa g

bona star electric mengatakan...

mas saya sudah bikin sampai ke verifikasi....!pas mw verifikasi di suruhnya pake kartu post .gmn ya cara merubah menjadi ferifikasi pake no telfon.mohon bantuanya ya mas bro....!ane masih amatiran nieh.....

budi mengatakan...

Makasih infonya gan..

pembibitan kakao mengatakan...

Info yg bgus ... Mantap om

Artikel Murah mengatakan...

Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... www.okartikel.com

Dwi Aditya mengatakan...

yayy got it, sudah saya praktekan dan hasilnya berhasil.

Thanks

Bike Rental Ubud mengatakan...

Terima kasih informasinya Mas,
Saya daftarkan bisnis saya tapi kok sampai 3 minggu lebih belum di dapat post card ya?

Jual Mainan Anak murah mengatakan...

wah jadi tau nih.. thx infonya

Deddy Hendro mengatakan...

Ponsel gk bisa y???

Sugihpokemon.blogspot.com mengatakan...

NANTI KALAU SURAT SUDAH DATANG, KODE VERIVIKASINYA DIBUAT APA ? .