Hari Buruh (May Day)

Posted by Herman Tan | Selasa, Mei 01, 2012 | | 3 comments »

Tidak terasa, sekarang sudah memasuki bulan Mei. Tanggal 1 Mei ini biasanya diberingati sebagai Hari Buruh se dunia. Seperti apakah Hari Buruh ini? Menurut situs Wikipedia, Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial, pengetatan disiplin, pengintensifan jam kerja, minimnya upah dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik.

Di Indonesia pun setiap tahun Hari Buruh ini diperingati oleh puluhan ribu buruh, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan masyarakat dengan cara melakukan aksi demo atau long march turun ke jalan dan memusat di beberapa tempat, seperti di istana kenegaraan, bundaran Hotel Indonesia (HI), gedung MPR/DPR dan gedung Depnaker (Departemen Ketenagakerjaan). Dalam aksinya mereka menyerukan adanya kepastian jaminan sosial bagi para buruh di Indonesia sambil meneriakkan yel-yel perjuangan seperti "Hidup Buruh" dan "Berikan Hak-Hak Kaum Buruh". Dalam setiap aksi demo mereka, meski sering terjadi kericuhan, tetapi masih dalam taraf wajar yang masih dapat dikendalikan oleh aparat keamanan yang berjaga-jaga di lokasi.

Artikel Yang Berhubungan:



3 comments

  1. Zippy // Mei 02, 2012 8:29 PM  

    Semoga saja aspirasi para buruh didengarkan oleh pemerintah.
    Tapi jangan masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri lho :D

  2. outbound training di malang // Mei 03, 2012 2:34 PM  

    kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    kehilangan jadikanlah sebuah pelajaran untuk mu.,.
    jangan hanya menyesali apa yang terjadi.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

  3. sanman // Mei 04, 2012 10:26 AM  

    info terbaru katanya untuk "outsourcing" akan ditinjau lagi oleh pemerintah untuk dihilangkan, karena dinilai merugikan buruh tetap.

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentarmu disini
Leave Your Comment Here

Komentar yang berbau SPAM dan mengandung LINK tidak akan ditayangkan