07 Mei 2012

Koneksi Speedy Area Manado

Dalam sebulan ini, koneksi jaringan Speedy di daerahku (Manado) parah banget. Saya sebagai pengusaha bisnis warnet, bisa bangkrut kalau kualitas jaringannya begini terus. Masalahnya, tingkat keseringan sampai durasi “ngadat” nya mulai menjadi-jadi, dengan interval waktu ± 3 hari dan 2-4 jam untuk “maintenance” nya. Saya sampai bosan mengeluhkan ke nomor telepon 147 dan 04318xxxxx soal jaringan yang kadang super lalod (lambat loading ) akibat ping besar ini. Ada 3 jenis gangguan yang sering datang pada koneksi jaringan :

1.Koneksi putus total. Cara mengeceknya : menu start – run – ketik ping www.yahoo.com –t (contoh standar). Kalau tidak muncul kotak ping dilayar, artinya koneksi putus total. Tapi bisa jadi modem anda ngadat, perlu di reset atau setting, jadi pastikan dulu bahwa anda tidak sendiri dalam situasi seperti ini. Coba hubungi beberapa kerabat dekat sekota anda yang memakai koneksi yang sama.

Gambar diatas menunjukkan Ping yang ber RTO banyak. Klik gambar untuk memeprbesar.
2. Koneksi dengan ping lompat-lompat (seperti pada gambar diatas). Isitilahnya kebanyakan RTO (Request Time Out). Liat angka ping-nya, dan liat intensitas/keseringan RTO nya. RTO ringan, kalau >3x muncul angkanya diselingi 1x RTO (tidak keluar angka). Untuk angkanya sendiri, tergantung IP Address/website apa yang dijadikan base pingnya (relative).

3. Koneksi dengan ping besar (angka ping diatas 600ms,relatif). Sama halnya dengan RTO, ini kalau lagi main game online, istilahnya bisa leg/lag. Kalau lagi browser, itu “tarikan” loading nya agak lama. Kalau lagi streaming/DL kentara banget tuh.

Biasanya, untuk satu jenis koneksi jaringan, misalkan Speedy, itu kalau terjadi gangguan biasanya berdampak area (sekota dan sekitarnya). Alasannya macam-macam, seperti ada gangguan alam, lagi mengganti kabel/serat optic yang baru, sampai ada tiang telepon yang tumbang. Benar-benar suek sekali. Usaha warnet hanya menggantungkan hidupnya pada listrik dan keandalan koneksi. Untuk listrik, bisa diantisipasi dengan genset. Tapi kalau jaringan, mau pake apa? Masa harus sewa 2 provider? Dapat untungnya dari mana coba, apalagi sekarang omzet warnet berkurang sekali. Berikut intensitas gangguan koneksi Speedy untuk area Manado sebulan terakhir yang sempat saya catat :

Gambar diatas menunjukkan intensitas gangguan koneksi. Klik gambar untuk memperbesar.

7 komentar:

Zhang mengatakan...

Hidup Internet Indonesia. :)

Vitabrain mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Obat Amandel mengatakan...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

obat kanker otak mengatakan...

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

cara mengatasi jerawat mengatakan...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

sanman mengatakan...

Sebagian komentar terpaksa saya hapus karena link yang tidak memenuhi syarat.

download driver printer epson l220 mengatakan...

apakah hingga tahun saat ini masih cukup susah untuk mendapatkan jaringan dan sambungan koneksi di sana ??