20 Juni 2012

Daftar Negara Yang Lolos Ke Babak Perempat Final EURO 2012

Setelah melewati fase Knockout yang melibatkan 16 negara dibagi menjadi 4 grup pada 08 Juni hingga 19 Juni 2012, akhirnya 8 negara memastikan untuk lolos ke babak Perempat final EURO 2012. Berbagai kejadian unik terjadi selama fase Knockout ini. Negara - negara unggulan pun mulai berguguran satu per satu. Apakah tim favorit anda adalah salah satu yang sudah tumbang? Berikut daftar klasmen akhir dan pertandingan yang akan dimulai babak Perempat final EURO 2012 nanti.

Klasmen Akhir Fase Knockout :

Klik gambar untuk memperbesar

Jadwal Pertandingan babak Perempat Final :

Rep. Ceko (Juara Grup A) vs Portugal (Runner Up Grup B)
Jerman (Juara Grup B) vs Yunani (Runner Up Grup A)
Spanyol (Juara Grup C) vs Prancis (Runner Up Grup D)
Inggris (Juara Grup D) vs Italia (Runner Up Grup C)

Diluar dugaan, di grup A tuan rumah Polandia akhirnya harus mengakhiri petualangannya di EURO kali ini setelah hanya mengantongi 2 point dari 3 laga yang dimainkan. Sementara Rusia, tim favorit di grup A juga harus rela pulang lebih awal kembali ke negaranya setelah kalah head to head dengan Yunani (point sama, 4).

Di grup B, Belanda sebagai tim favorit untuk menjuarai EURO 2012 kali ini harus membuang malu karena dari 3 laga yang dimainkan tidak satupun laga yang bisa mendulang point. Padahal, skuad kali ini digadang-gadang adalah skuad terbaik Belanda semenjak era 2000-an.

Di grup C, dua tim unggulan teratas, Spanyol sebagai juara bertahan dan Italia berhasil melenggang mulus ke babak perempat final, setelah mengandaskan perjuangan Kroasia dan Irlandia. Tidak ada kejutan yang berarti di grup ini.

Di grup D, tuan rumah Ukraina akhirnya harus menyusul rekan negara partnernya di EURO kali ini, Polandia, untuk tersingkir. Sementara Inggris dan Prancis melenggang mulus ke babak perempat final. Tidak ada kejutan yang berarti juga di grup ini, selain tuan rumah Ukraina yang difavoritkan, namun sayang level permainan yang terpaut jauh dari lawan-lawannya, status tuan rumah seakan tidak berarti.

Ada yang menarik seputar bertumbangannya negara-negara unggulan di turnamen ini. Salah satunya adalah para pendukung Belanda. Kejadian heroic yang terjadi 66 tahun lalu di Indonesia pada waktu penjajahan Belanda kembali terulang, dimana bendera Belanda ramai-ramai diturunkan oleh para pendukung tim Belanda di Indonesia sendiri setelah tim favorit mereka harus pulang lebih awal di turnamen EURO 2012 kali ini. Bahkan karena emosi, ada yang sampai membakar bendera tim favoritnya itu. Tapi, ada juga yang secara elegan menurunkan bendera tim favoritnya dengan sikap menghormati dengan kusyuk layaknya seorang warna negara yang menghadap bendera negaranya di tiang bendera sendiri. hahaha salut deh! Beginilah nasib anak bangsa sekarang, mereka lebih bangga dan semangat menghormati bendera Kompeni yang dulunya pernah menjajah > 350 tahun di negerinya sendiri, daripada menghormati bendera merah putih pada saat upacara bendera di sekolah atau pada 17 Agustusan, yang mungkin dulunya diperjuangkan oleh kakek buyutnya sendiri dengan darah dan nyawa sewaktu zaman kemerdekaan...


5 komentar:

obat kolesterol tinggi mengatakan...

hidup Inggris,,,

uli mengatakan...

hidup Indonesia :)

Didin Supriatna mengatakan...

jerman ah..

kontraktor bangunan mengatakan...

thanx infonya yaa...:)

auliyong ♔ mengatakan...

JERMAN! :)