02 Juli 2012

Spanyol Juara EURO 2012

Selamat atas timnas Spanyol yang berhasil menjuarai EURO 2012 kali ini telah mengalahkan timnas Italia 4-0 tanpa balas. Dengan ini, berarti mengukuhkan Spanyol dalam membukukan banyak rekor baru, diantaranya :
  1. Setara dengan timnas Prancis yang pada tahun 1998 dan 2000 yang berhasil mengawinkan gelar Piala Dunia (1998) dan EURO (2000) terlebih sang pelatih Vicente Del Bosque yang menjadi pelatih pertama yang bisa mengawinkan kedua gelar itu.
  2. Menjadi negara pertama juara EURO 2x beruntun (2008 dan 2012).
  3. Negara kedua yang sukses menjuarai EURO 3x setelah negara Jerman.
Sebenarnya sejak awal, sudah banyak yang memprediksi Spanyol bakal menang atas Italia. Meski di babak kualifikasi kedua timnas sempat bertemu dan Italia mampu menahan imbang 1-1 itu dianggap hanya sebagai laga pemanasan saja (laga pertama). Nah, kali ini timnas Spanyol benar-benar menunjukkan kualitas pemainnya yang sudah terbiasa bermain di level tertinggi liga eropa (liga champions), jadi meski dihadapkan dengan admosfer sekelas EURO pun, pemain sudah biasa. Berbeda dengan Italia, hanya 3-4 pemainnya yang punya "nama" di liga eropa. Selebihnya, hanya jago bermain di liga domestik saja. Hasilnya ya seperti ini. Ujung tombak Baloteli pun angin-anginan, kadang bagus, kadang jelek sampai mati kutu.

Selamat atas Spanyol juara EURO 2012 kali ini. Benar-benar merupakan sebuah generasi emas semenjak berhasil menjuarai EURO 2008, World Cup 2010 dan EURO 2012. Skuad ini mungkin masih bisa tetap bersama selama 4 sampai 6 tahun lagi mengingat umur rata-rata pemain masih muda.

6 komentar:

Blog Keperawatan mengatakan...

Akhirnya Spanyol bisa mencatat kemenangan dan meraih gelar juara euro 2012 ditambah trophy piala dunia, dan mempertahankan juara euro 2008

Sam Rinaldy mengatakan...

Kapan ya indonesia bisa juara Euro

Citro Mduro mengatakan...

kejuaraan kelas dunia kok skornya segitu ya gan

Burung Laut mengatakan...

Seru juga ya gan. :)

Isnan Nugrah Lastiko mengatakan...

horee, congrats buat pecinta europoria.. atas kemenangan spanyol.......

Rumah Al Banna mengatakan...

saya kira yg menang Indonesia :capedes