24 Agustus 2012

Blogspot vs Wordpress.Org

Banyak yang bingung sebenarnya apa perbedaan antara blogspot dan Wordpress.Org. Tidak ada jaminan bagi keduanya akan di sayang search engine seperti Google, karena di satu sisi, blogspot juga adalah bawaan Google, sudah pasti akan lebih diperhatikan. Sementara Worpress.Org fiturnya lebih lengkap dan canggih, juga tidak kalah bagusnya. Berikut keunggulan dan kekurangan dari masing-masing penyedia jasa blog ini menurut saya :

Kelebihan Blogspot :

1. Gampang utak-atik design.
2. Tidak perlu mikirin hosting/bandwidth/space karena semua serba gratis dan bandwith/spacenya tidak terbatas.

Kekurangan Blogspot :

1. Struktur permalink tidak bisa dirubah. Permalink ini sudah ditentukan oleh blogspot berdasarkan judul, yang panjangnya terbatas sehingga sering terputus. Misalnya judul postingan kita adalah "Kisah Mantan Pelatih Bulu Tangkis Indonesia Yang Sukses di Negeri Tiongkok", maka mesin blogspot akan membuat link nya menjadi :
http://universal.hermantan.com/2012/08/kisah-mantan-pelatih-bulu-tangkis.html#.UDb1A6B4HE0. Bahkan tambahan berupa "kode unik" dibelakang link pun sering kita temui seperti diatas itu.
2. Kadang suka was-was kalau blog dihapus karena kena razia google. Memang sih, meski kita pake self hosting pun kadang bisa ditutup sepihak oleh penyedia jasa hostingnya apabila isi dari blog/website kita mengandung hal-hal negatif. Tapi walau bagaimanapun blogspot itu satu induk sama google, dalam hal ini tentu lebih "Tegas" dan "Cepat" dalam mendeteksi isi blog/website kita.
3. Tidak bisa pasang script PHP.
4. Tidak bisa bikin static page. Saya sendiri masih kurang jelas, apakah static page nya blogspot dalam model "halaman/laman" itu sama dengan static page pada umumnya atau tidak.

Kelebihan Wordpress.Org :

1. Punya hak penuh atas database.
2. Bisa menggunakan localhost.
3. support PHP.
4. Permalink yang bisa diatur. Seperti pada contoh kasus diatas, kita bisa membuat link agar menjadi bersahabat dengan berbagai search engine, tidak hanya google saja. Caranya adalah tidak menggunakan angka atau huruf aneh dalam link. Misalnya judul postingan kita adalah "Kisah Mantan Pelatih Bulu Tangkis Indonesia Yang Sukses di Negeri Tiongkok", maka jika memakai Wordpress.Org kita bisa membuat link nya menjadi :
http://universal.hermantan.com/2012/08/kisah-mantan-pelatih-bulu-tangkis.html
5. Banyak plugin yang bisa dipasang.

Kekurangan Wordpress.Org :

1. Riskan terkena serangan hacker. Ini saya bingung kenapaWordpress.Org lebih mudah terkena hacker ketimbang blogspot. Mungkin kalau blogspot, satu satunya jalan tembus cuma dari password akun google nya, tapi kalau Wordpress.Org, itu bisa juga dari bawaan plugin dan templatenya yang disisipi script.
2. Perlu menyewa hosting. Ongkos ratenya sekitar 100 ribuan, biasnaya tergantung pelayanan dan ukuran bandwith.

Ada lebih dan kurangnya, selanjutnya kembali kepada anda mau menggunakan yang mana. Ada juga pandangan yang mengatakan kalau apabila ingin blog/website kita terlihat profesional, maka dianjurkan untuk menggunakan Wordpress.Org. Tapi saya kira, dalam urusan tampilan, pilihan themes/template gratisan yang beredar luas untuk rancangan blogspot juga tidak kalah bagusnya dan sudah sangat bervariasi.

8 komentar:

vie_three mengatakan...

jujur, meski lama ngeblog dan berkecimpung didunia bloging, tapi dari awal sampe saat ini aku cuma pake blogspot. cuma akhir-akhir ini aku belajar wordpress. pengen tahu rasanya pake wordpress soalnya. hehehe

Manfaat Kesehatan mengatakan...

mungkin untuk newbi blogsepot lebih nyaman digunakan, untuk yang lebih fokus pada blognya mungkin bisa menggunakan wordpress, saya sendiri menggunakan blogspot... :D
Manfaat Kesehatan

catatan-r10.com mengatakan...

permalink sudah bisa dirubah sejak awal 2012 di blogspot

djiesoft mengatakan...

i'm blogger not wordpresser hehe

ahmad muazim abidin mengatakan...

kalo untuk sekedar tulis menulis, blogspot sudah bisa diandalkan menurut ku

CaraMenjadiAgenPulsa mengatakan...

Pusiiing gan milih yang mana ya? sementara ane memakai blogspot aja ach..

firdausa mengatakan...

ane pake blogspot aja gan. sekarang kan permalink blogspot sudah bisa di otak-atik sendiri. blogspot itu anaknya mbah google. dan pasti masalah SEO,dll menurutku masih berkualitas.indeks juga cepat.

inspirasi desain rumah minimalis

kakaroto mengatakan...

lebih enak pake blogspot aja gan