13 September 2012

Susahnya Buat Kartu Kredit

Buat kartu kredit (credit card) yang berlabel VISA atau Master card sekarang ternyata gampang-gampang susah lho. Beberapa bank mulai menerapkan kebijakan ketat dalam mengeluarkan/menyalurkan kartu kreditnya kepada nasabahnya sendiri atau masyarakat yang memerlukan. Apalagi khusus entrepreneur / wirausaha, condong lebih dipersulit karena diminta syarat ini itu, seperti harus ada SPT Pajak, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), rekening koran, dsb.

Bank-bank sekarang lebih percaya kepada calon nasabah pengguna kartu kreditnya dengan status pegawai tetap seperti PNS atau pegawai resmi di sebuah kantor/perusahaan, cukup dengan menunjukan slip gajinya 3 bulan terakhir sebagai bukti/jaminan bahwa si nasabah ini punya penghasilan tetap. Demikian pula kaum profesional lainnya, seperti dokter, polisi, dsb yang cukup menunjukan surat izin profesi dan bukti penghasilan.

Hal ini tentu menghambat pertumbuhan para calon wirausaha baru yang ingin berkembang, dimana zaman sekarang, diperlukan transaksi serba cepat via online. Barang seperti kartu kredit sudah merupakan hal yang mutlak ada untuk memudahkan pembayaran cepat dan aman. Padahal, pendapatan dari seorang wirausaha belum tentu dibawah orang kantoran, malahan bisa jauh lebih banyak. Wirausaha juga berpotensi berkembang menjadi sejenis waralaba atau PT. Kalau tidak didukung dana, yah mana bisa.

Saran saya, perlu ada aturan khusus untuk kelompok wirausaha ini. Kalau semua diminta SPT Pajak, SIUP dan izin-izin lainnya, kok kayaknya seperti sudah punya perusahaan gede saja sekelas PT/CV. Jadi malah memberatkan. Slip gaji? Apalagi itu, wirausaha mana ada slip gaji. Yang paling pokok, mereka cukup punya buku tabungan yang dana disana mencukupi syarat awal sebagai jaminan. Misalnya, jumlah saldo minimal di rekening harus > 5 juta, kalau dibawah itu, bank bisa memblokir pengambilan uangnya di rekening sebagai jaminan.

Sistem terkoneksi (deposit) antara kartu kredit dengan rekening ini bisa jadi salah satu solusi, yang sudah mulai diuji coba pada salah satu bank terbesar swasta. Nama program ini "secured card". Saya rasa, dengan sistem ini, pihak bank juga tidak akan ragu-ragu lagi dalam menerbitkan kartu kreditnya kepada nasabah berlabel "pengusaha kecil", karena ada jaminan. Malah ini jauh lebih aman dibanding sistem kartu kredit umum lainnya, dimana bisa menimbulkan kredit macet.

Oke. Itu aja usul saya, karena saya juga adalah seorang wirausaha, tentu saya juga ingin agar bank-bank di Indonesia mendukung pengusaha mikro/kecil menengah dalam memperlancar transaksinya.

16 komentar:

Zhang mengatakan...

Sistem deposit kayak gitu bukannya sama dengan kartu debet ya?

sanman mengatakan...

betul. tapi 100% biasanya bank akan cepat menyetujuinya karena ada jaminan.
kalo kartu debet, kan tidak berlabel visa/master card nya bro, jadi tidak bisa dipake buat dunia maya/transaksi online gesek2 gitu.

Zhang mengatakan...

Klo di luar negeri ada virtual credit card, juga credit card yg ber-saldo (entah apa namanya), jadi selama ada saldo bisa dipake belanja, mungkin mirip2 flazz gitu kali.
Entah klo di Indonesia ada ga.

Anonim mengatakan...

yang mau buat cc silahkan contack saya di ym/email
denli_muamalat@yahoo.com

obat tradisional sesak nafas mengatakan...

ikut nyimak artikelnya,.,.,

Mochamad Ramdan mengatakan...

Bca sudah tidak menerima buat cc dengan jaminan tabungan / deposito (pengalaman pertengahan oct 2012

by:
MekanikBalap.com
ForexIndoLite.com

manfaat daun sirsak mengatakan...

kunjungan sore gan.,.,.,.,. salam kenal

tricajus mengatakan...

wawww

obat tradisional diabetes melitus mengatakan...

iya gan saya juga dulu, pernah nyobain aduuuuhhh


Anonim mengatakan...

Iya,bikin kartu kredit sekarang susah..kebijakan baru lumayan rumit,tp buat pemula jika sdh dapat 1 kartu dan payment bagus,maka kartu2 lain akan mudah di dapatkan.

Kartu kredit dengan jaminan bca atau secured card masih ada kok,aq sempat ditawarin,tp aq ga mau n coba pake sistem konvensional n Alhamdulillah di approved

vee mengatakan...

kemarin sempet kirim email ke cs bca, tapi ternyata mereka blg secured credit card sudah ditiadakan. ada info gak kemana bisa apply kartu kredit jenis ini

sanman mengatakan...

Setahuku, hanya BCA yang keluarkan produk secure card ini.
Sekarang udah ditiadakan yah program secure cardnya? hhmm, mungkin banyak masalah/komplaint.

Anonim mengatakan...

mandiri ada kok sistem secured card nya.. sempet tanya ke cs nya via email.. hehe

Kang Wahid mengatakan...

Pengen punya kartu kredit. Pengalaman coba apply sekali tapi di tolak. Ada yang punya pengalaman di tolak beberapa kali kah?

penyembuhan penyakit tbc akut mengatakan...

iya gan saya juga dulu, pernah nyobain aduuuuhhh

Unknown mengatakan...

Gan sekarang ada scured credit card dari bank sinarmas minimum depositnya 2jt dan limit yg di berikan 80% dari jumlah deposit gan.