08 November 2012

Metode Promosi Game LYTO Kurang Efektif

Hari ini, warnet saya mendapat kunjungan dari salah satu perusahaan "distributor game", LYTO. Awalnya mereka cakap-cakap dengan saya, bagus. Mereka menawari order pemesanan spanduk game, serta memberikan CD game-game terbaru mereka. Mereka datang untuk mempromosikan game terbaru mereka, game xxx (tidak dapat saya sebutkan).

Nah, ternyata promosi game terbaru mereka, hanya dilakukan di satu warnet di daerah saya. Mereka (LYTO) seperti menggunakan metode promosi sistem terpusat gitu, dimana cukup promosi aja di salah satu warnet terkenal. Nanti warnet-warnet "kecil" lainnya cukup dikasih poster aja sebagai info bahwa di warnet ybs (yang melakukan kerja sama dengan LYTO) ada promosi berupa even berhadiah.

Mereka seperti tidak mau ambil pusing, kerasnya persaingan dan permusuhan antar warnet masa kini. Enak sekali mereka datang ke setiap warnet "kecil" lalu menempeli poster promosi mereka, yang isinya akan ada even game xxx di warnet xxx pada tanggal xxx. Sama saja menyuruh anak-anak warnet kami disuruh main saja disana sekalian. Dikira kita ini tolol apa! Mungkin mereka pikir "toh bukan warnet kita, mau bangkut atau tidak bukan urusan kita, yang penting game kita bisa di promosikan".

Ini sudah ke dua kalinya kejadian dari LYTO ini. Saya hanya berharap, LYTO bisa lebih bijaksana dengan mencontoh WAVEGAME, dimana mereka menggunakan metode promosi dengan membuat even-even kecil di setiap warnet. Mereka menyewa seluruh PC di warnet (booking) untuk mempromosikan game terbaru mereka. WAVEGAME tidak takut keluar duit buat promosi. Saya lihat, promosi ini lebih tepat sasaran, karena melakukan kunjungan dan promosi langsung ke warnet-warnet di daerah, tidak terpusat hanya satu warnet saja.

Apa mungkin LYTO kekurangan personil?


10 komentar:

masnady mengatakan...

nice info sobat....?

sanman mengatakan...

weleh kok nice info sih..

KBSIndo mengatakan...

Beberapa minggu lalu pun di net kita kerjasama dengan Lyto untuk event game S4 dengan total hadiah sampe 5Jt-an itu, namun ternyata pesertanya kebanyakan dari luar daerah, padahal di eventnya dikhususkan utk daerah kita saja, ini malah ada yg dari bekasi, tanggerang, jakarta selatan, jakarta timur dll, alhasil anak2 tim tuan rumah tidak ada satupun yang meraih gelar juara, dan mereka cuma sewa billing utk 12 pc doang, padahal hari itu otomatis nggak bisa ada yg main karena tmpat udah penuh oleh para gamer pendatang ckckck.. sudah rugi uang, beres2 dan bersih2 pula, mending kalau anak2 kita yg menang nggak jadi masalah. tim Lyto sepertinya blm becus ngurus event :)

Eh kok jadi curahat, hehehe... Btw, salah kenal ya.

KBSIndo mengatakan...

*salam kenal maksudnya

nicamperenique mengatakan...

wah? apa begitu ya perasaan warnet2 lain yang tidak dijadikan tempat event oleh Lyto ya? kami jadi tau :( karena mereka memilih mengadakan event di tempat kami sih.

sanman mengatakan...

@ KBSIndo : jumlah unit di tempatnya mas/bro berapa? seharusnya mereka menyewa secara penuh dong, masa hanya 12 unit saja untuk lomba? nah itulah jeleknya mereka. mereka seakan tidak mau pusing urusan warnet, yang mereka pusing uth gamenya bisa promosi bagus + dengan dana seminim mungkin.

@ nicamperenique : maksud anda apa nih?

KBSIndo mengatakan...

Totalnya sih ada 23 unit, ya tapi gpp lah, pelajaran utk kedepannya, kalau nggak mau sewa semua mending jangan hehehehe...

nicamperenique mengatakan...

maksud saya, waktu tim lyto memilih tempat kami utk ngadain event itu, gak kepikiran soal perasaan seperti yang bapak jabarkan di atas itu. tapi sekarang saya paham, apalagi waktu itu dari warnet2 daerah kami cuma itungan jari yang ikutan. klo gak salah malah cuma dari warnet tetangga doang lho. padahal jumlah warnet banyak. sempat heran juga saya, tapi yaaa ternyata saya yang terlalu naif, apalagi kemudian juga gak puas blas dengan event mereka itu.

marsudiyanto mengatakan...

Warnet saya malah nggak dipakai dan juga nggak dipasangi brosur...

sanman mengatakan...

warnet yang tidak mau mereka pakai, memang hanya dititipi brosur aja dan ditempel pengumuman bahwa pada hari ini jam segini, akan ada iven di warnet ini. jadi semua anak2 harap kesana ya?

kira-kira seperti itu bunyinya. aku ogah nempel brosur mereka kalo seperti itu.