20 Desember 2012

Kipas (pendingin) VGA Card Tidak Berfungsi

VGA Card atau kartu grafis adalah salah satu komponen pelengkap (tidak wajib) yang ada pada sebuah komputer, yang berfungsi untuk meringankan/mengambil kinerja pengolah grafis/gambar yang sebelumnya memang sudah ada (bawaan) pada Motherboard (VGA Onboard). VGA Card biasanya diperlukan apabila sebuah komputer akan diisi game-game berat yang memerlukan kinerja grafis yang baik, agar menghasilkan gambar/video yang lancar dan tidak patah-patah/lag.

Untuk bisa bekerja dengan baik, umumnya setiap VGA Card dipasang heat sink/pendingin/kipas untuk melepaskan panas yang dihasilkan agar tidak merusak Chipnya. Pada beberapa tipe VGA card tertentu, heat sink akan dilengkapi dengan sebuah fan/kipas, dengan maksud agar membuat pendinginan lebih cepat dan lebih baik.

Permasalahan klasik yang sering terjadi pada sebuah VGA Card adalah heatsink/pendingin/kipasnya mati atau berhenti berputar. Alasannya, fan/kipas yang berputar secara mekanik lama kelamaan bagian rotornya akan aus, yang pada akhirnya akan menyebabkan fan/kipas tidak dapat berputar lagi alias rusak. Selain itu, karena waktu/durasi penggunakan komputer yang terlampau lama, juga menyebabkan VGA Card menjadi sangat panas/over heat sering menjadi penyebab rusaknya kipas yang ada pada VGA itu sendiri.

Dengan kondisi VGA card yang fan/kipasnya rusak, biasanya komputer akan sering mengalami hang, gambar mati, atau bahkan komputer sama sekali tidak bisa dinyalakan (ditandai dengan bunyi beep). Nah, untuk "mengakali" tidak berfungsinya kipas pada VGA tersebut, adalah dengan mencopot/melepaskan kipas yang menempel pada VGA tersebut, karena lebih baik tidak ada kipas sama sekali dari pada ada tetapi tidak berfungsi. Biasanya akan ada sekrup atau baut yang berfungsi sebagai penahan/penguat pada kipas tersebut. Coba buka dengan menggunakan obeng berbentuk bunga.

Setelah kipas dilepas, bersihkan heat sink dari kotoran yang menempel. Dengan melepas kipas yang rusak tersebut, VGA card dapat digunakan kembali seperti sedia kala. Apalagi kalau exhaust fan yang menempel pada cassing CPU sirkulasinya bagus, maka tidak akan ada masalah walau VGA card ini tanpa menggunakan kipas pada pendinginnya. Akan lebih baik kalau fan/kipas pada cassing CPU dipasang 2 (dobel) agar komputer dapat lebih lama dipakai. Kalau tidak, lepaskan saja penutup cassingnya.

Tetapi, kalau fan/kipas pada cassing CPU nya sudah seperti gambar dibawah ini, yah, lebih baik agan beli saja VGA Card yang baru. ha3x...
Kipas yang kotor akibat jarang dibersihkan, membuat CPU komputer cepat panas dan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen yang terpasang dalam CPU tersebut.


2 komentar:

sanman mengatakan...

Ya elah...
memang VGA udah dari built-in pabriknya dikasih kipas kali...

ahmad zaki mengatakan...

terima kasih tutorialnya silakan mampir lagi di unsri .ac.id