09 April 2013

Tips Agar Blackberry Tidak Lemot

Bagi kalian mungkin merasa sangat sebal ataupun jengkel jika blackberry kalian sering ngehang atau pun sangat lemot saat di gunakan. Pada saat itu, pasti ada yang kepikiran untuk segera membawanya ketempat service, atau mungkin membeli ponsel blackberry yang lebih canggih. Tapi ada baiknya, ikuti dulu tips-tips berikut sebelum anda memutuskan untuk menggunakan 2 cara diatas. Berikut cara agar blackberry (BB) anda tidak lemot.

1. Install aplikasi yang penting

Kebanyakan aplikasi atau theme akan cukup menguras kemampuan dari memori. Cukup gunakan aplikasi-aplikasi apa saja yang kita biasa gunakan dan delete aplikasi atau theme yang menurut kita sudah jarang dipakai.

2. Batasi group BBM

Group BBM adalah penyumbang terbesar 'sampah' yang membuat BlackBerry kita menjadi lemot. Carilah group BBM yang benar-benar berguna, teman-teman kita yang lain toh masih bisa dihubungi melalui BBM pribadi, email, Twitter atau lainnya.

3. Tutup chat di BBM yang sudah selesai

Jika Anda merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM - Options - Cari Save Chat History lalu pilih media card. Namun jangan sampai, aktivitas percakapan yang sudah selesai jauh-jauh hari tetap Anda biarkan. Bijaklah menggunakan BBM, dimana salah satu caranya menutup aktivitas chat setiap obrolan selesai.

4. Hapus email yang tidak diperlukan.

Ini juga menjadi salah satu penyumbang lemot, terutama email yang memiliki attachment cukup besar. Saat anda melakukan delete biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau On Handheld (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus). Kalau email yang akan anda hapus itu dirasa masih cukup penting, cukup pilih On Handheld saja. Email aslinya masih akan tersimpan di Mailbox (Yahoo, Google, atau klien email Anda lainnya).

5. Biasakan lakukan clear log

Caranya : tekan alt+LG+LG -> Menu BlackBerry -> Clear Log

6. Jika Anda sering Browsing, hapus cache memory di browser.

Caranya : Menu BlackBerry -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history

7. Rajin-rajin lakukan pembersihan memori

Caranya : Menu BlackBerry -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now.

8. Maksimalkan penggunaan memori eksternal.

Penyimpanan foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card. Caranya setting: Menu BlackBerry -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.

9. Tips yang paling ampuh saat BlackBerry Anda lemot adalah :

Soft Reset : Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del — selesai (Khusus BlackBerry yang menggunakan keyboard)

Hard Reset : Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama maksimal 1 menit kemudian pasang kembali baterainya

Oke semoga bermanfaat!

Sumber : www.tipskomputer.net
*Dengan peng-editan seperlunya

5 komentar:

Semut Kecil mengatakan...

Masih nggak punya Blackberry nih... Wkwkwkwk...........

sewa mobil jakarta mengatakan...

Makasih informasinya, kebetulan BB saya memang suka lemot.

Wisata Murah mengatakan...

ooo pantesan bb ane lemotnya minta ampyunn, orang nomer bbman sekali jalan kayak satu rt, hehe thank dah dishare

manfaat tumbuhan mengatakan...

iya ne punya BB sering lemot, terima kasih ya sudah berbagi

jaring proyek mengatakan...

Makasih informasinya