Cara Download Subtitle CC di YOUTUBE

Posted by Herman Tan | Sabtu, Mei 04, 2013 | | 7 comments »

Sering kali kita men-download film/video di YouTube, tetapi kadang subtitle atau CC ( closed captions) nya tidak ikut terdownload. Hal ini karena subtitlenya hanya"diinsert" secara manual di dalam film/video tersebut dengan program soft subtitle. Jadi kita perlu mendownload subtitle nya lagi secara terpisah. Sudah banyak cara yang sudah ditawarkan di pasar google dalam mendownload subtitle atau CC (closed captions), misalnya menginstall sebuah program tambahan, menambah addons di browser mozila, dsb. Tetapi rata-rata orang masih pada bingung. Selain cara/langkah-langkahnya panjang dan berbelit-belit, ada juga user yang menemukan caranya dari artikel copas yang mungkin penulisnya sendiri mungkin tidak pernah mencobanya sendiri, karena hanya mengincar posisi halaman 1 di search engine Google.

Nah, berbekal 2 alasan itulah, saya ingin menawarkan tips cara mendownload subtitle CC di Youtube yang lebih mudah. Mungkin sudah pernah pembaca temukan di artikel/blog yang lain, tetapi setidaknya saya tidak ngopas dari sana, karena saya kemas dengan gaya bahasa yang unik dan lebih mudah dicerna, serta pastinya sudah saya praktekkan sendiri, sehingga peluang gagalnya sangat kecil. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan film/video yang ingin anda download mengandung subtile CC. Caranya cek icon subtitle CC aktif di opsi pojok kanan bawah film yang anda tonton di youtube. Atau bagi yang ingin search film ber subtitle, setelah ketik judul/kata kunci film, klik opsi Filters>Features>CC (Closed Captions) untuk menyaring film/video yang sudah ada subtitlenya (terjemahan ke berbagai bahasa).

2. Download filmnya seperti biasa. Kalau belum tahu cara download film/video di Youtube, baca panduannya disini
. Disana lengkap step by stepnya, termasuk link software/program yang diperlukan untuk mendownload film/video di Youtube sendiri.

3. Setelah itu, download terpisah subtitle CC nya. Pastikan pilihan menu subtitlenya (bahasa Indonesia) sudah benar. Jangan sampai anda mendownload ke bahasa yang lain, karena pilihan menu bahasanya sangat banyak (puluhan bahasa tersedia). Untuk memastikan, caranya klik icon CC nya, lalu select bahasa Indonesia (atau bahasa yang lain yang anda kehendaki).

4. Buka tab/halaman browser yang baru, lalu buka link http://mo.dbxdb.com/setting.html. Paste alamat video di Youtube yang ingin di download subtitle CC nya di kolom/kotak yang tersedia. Pastikan pilihan bahasa subtitle nya tepat (bahasa Indonesia).

5. Setelah selesai mendownload, kamu akan mendapati File subtitle CC nya dalam format Winrar Zip. Segera ekstrak file folder tersebut, nantinya akan keluar beberapa file kecil lainnya. Nah, file yang berformat .srt itulah subtitlenya. File yang lain boleh dihapus.

6. Sesuaikan nama file subtitle (.srt) nya dengan nama film/video yang kita download. Contoh kalo nama video nya adalah scared.mp4, maka nama file subtitlenya harus scared.srt

7. Langkah terakhir, tempatkan file film/video dan subtitle nya dalam satu folder. Jangan sampai terpisah, kalau tidak, ya engga akan keluar subtitle nya. Lalu silahkan coba putar film/videonya, lihat subtitle CC sudah ikut "menempel" di filmnya.

Selamat mencoba dan menonton film favorite pembaca...

Artikel Yang Berhubungan:



7 comments

  1. Citra Apsara // Juni 28, 2013 6:23 PM  

    Terimakasih ^^
    Sangat membantu :)

  2. Anonim // Juli 16, 2013 9:44 PM  

    Terimakasih banyak atas sarannya :)

  3. sanman // Juli 16, 2013 11:39 PM  

    Jangan cuma trims-trims doang.
    Kasih donasi lah.
    Susah tahu cari tips ginian yang 100% jalan.

  4. Anonim // September 08, 2013 10:17 PM  

    wkkwkwk
    ya gw donasi..
    mw nanya ne..cara upload video di youtube dan kita sendiri yg buat cc di youtube
    klo download itu smua orang tw
    yg di tanyakan cara memasukan subtitel ke youtube

  5. sanman // September 09, 2013 10:14 AM  

    Saya cek donasinya belum masuk pak.
    Jadi saya belum bisa kasih tahu tekniknya untuk pertanyaan bapak tersebut.

    Trims

  6. indra ismail // November 25, 2013 2:20 AM  

    ko error min

  7. Anonim // Februari 08, 2014 4:36 AM  

    thx

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentarmu disini
Leave Your Comment Here

Komentar yang berbau SPAM dan mengandung LINK tidak akan ditayangkan