13 Juli 2013

Hewan-Hewan Terlantar di Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Keadaan salah satu harimau yang sangat memprihatinkan di dalam kebun binatang Surabaya
Barusan dapat informasi dari salah satu teman di Facebook mengenai hewan-hewan yang terlantar di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Saya benar-benar prihatin sekarang dengan para pengelola kebun binatang. Kerjanya hanya ribut terus antar pengurusnya. Mereka hanya sibuk mencari harta dan jabatan semata (label pengurus). Dana yang masuk dari sumbangan pengunjung, pemerintah (kadang juga tidak ada sama sekali) dan dari lembaga sosial juga raib ntah kemana.
Keadaan beberapa jenis hewan lain juga tidak lebih baik dari pada sang harimau diatas

Lihat sekarang makin banyak kebun binatang yang terlantar. Hasilnya hewan-hewan koleksi di dalam kebun binatang tersebut menjadi tidak terawat dan sakit-sakitan. Contoh pada kasus harimau diatas, jelas terlihat sudah kurus kerempeng dan kumuh/tidak pernah dimandikan.Udah jenggotan pula, dan mungkin (maaf) sudah menempel kotoran2nya di tubuh/bulunya.
Harimau yang sudah mirip kucing akibat kekurangan makanan, mungkin juga sakit parah yang memerlukan pertolongan segera

Mana tanggung jawab pengelolanya? Kalau sudah tidak mampu, mending di oper ke kebun binatang yang lain, sekalian kalau perlu di oper ke luar negeri! Kalau ada hutan bebas, dilepas ke hutan aja, paling tidak mereka bisa cari makan sendiri. Dari pada hewan-hewannya pada mati konyol di kandang akibat di telantarkan, makan 1 minggu sekali mungkin.

Bagi pembaca yang tergerak mohon bantu di SHARE info ini agar pihak-pihak yang terkait (termasuk donatur) bisa bantu segera. Juga bisa bantu tandatangani petisi untuk menolong hewan-hewan yang terlantar di kebun binatang Surabaya ini di http://www.change.org/melanie.

Sumber lengkap : Kaskus

1 komentar:

agus bg mengatakan...

tampak kasihan sekali binatang itu, pemerintah setempat juga mungkin tidak adanya kontrol ke kebun binatang