21 Oktober 2013

Cara Live Streaming Via YOUTUBE

Kemarin nonton siaran langsung pertandingan badminton via live streaming YouTube. Dipikir-pikir menarik juga, dan akhirnya jadi coba-coba untuk tes gimana sih cara membuat siaran langsung alias live streaming sendiri via Youtube. Dapat beberapa cara di Google, tapi kebanyakan caranya cukup ribet, dan dijelaskan secara gamblang dan panjang lebar, padahal hanya memerlukan beberapa step saja. Bahkan ada yang mewajibkan untuk mempunyai 1000 subscribe. Yang boneng tuh? Yang terpenting adalah kita harus mempunyai account Google/Gmail/Youtube.

Contohlah BWF (Badminton World Federation), organisasi sebesar itu juga mengandalkan channel YouTube untuk siaran langsung semua pertandingannya. Tak perlu gengsi untuk menggunakan yang gratisan (Google, Facebook, Twitter), asal bermanfaat. Dari pada bingung beli domain-hosting-server dan segala macam keperluan, bisa pake media Youtube aja. Tak perlu takut-takut lagi soal server down lah, lalod lah, dsb, karena semua dihandle pihak Youtube.

Yang terpenting adalah semuanya GRATIS, bahkan anda mempunyai peluang untuk mendapatkan uang dari sejumlah iklan yang dimunculkan, apabila ada penonton yang meng-klik iklan tersebut. Justru lewat YOUTUBE ini, orang lebih FAMILIAR dalam penggunaannya, dan yang utama, bisa "scrool back" untuk meng-undurkan videonya. Kalau live streaming yg lain, hanya bisa JALAN TERUS tanpa bisa diputar back kebelakang disaat siaran langsungnya sedang berjalan.

Klik untuk memperbesar gambar. Status account Terferivikasi.
Untuk dapat mengaktifkan kanal live streaming, Anda harus memiliki status “good standing”, atau bisa dibilang tidak punya catatan buruk/reputasi yang baik dalam menggunakan account YouTube selama ini. Predikat “good standing” ini dapat dicapai apabila kanal Anda telah memenuhi syarat-syarat dalam aturan komunitas Youtube. Setelah itu, akun Youtube juga harus terverifikasi. Cekidot di http://www.youtube.com/account_features. Berikut step by stepnya :

1. Login ke account Youtube anda (bisa lewat account Gmail/Google), lalu klik tombol Upload di atas.

Login ke account Youtube anda, lalu klik menu upload.
2. Klik menu Google + Hangouts On Air.

Klik tombol Google+Hangouts (ketiga dari atas) untuk memulai siaran Live Streaming via Youtube. Secara otomatis anda akan dibawa ke halaman baru yang terhubung ke Google +.
3. Anda akan diminta untuk mendownload plugin hangouts dari Googlenya untuk mendukung perangkat video. Cek folder download di PC anda, lalu install program yang baru di download itu. Setelah itu secara otomatis akan tersambung ke account Google Plus + anda.

Verifikasi account lewat sms/telepon. Pastikan account anda memiliki status "hijau" untuk setiap require yang diminta. Yang sering upload video yang melanggar copyright/bajakan, atau sering membuat komentar tak pantas di account Youtube pasti tidak akan lolos di tahap ini, karena biasanya sudah dapat lampu kuning/merah.
4. Ikuti aja step by step yang dimintanya, sampai terakhir "hanya" diminta untuk verifikasi account via nomor HP saja.

Isikan nama siaran hangout, lalu bagikan tautan ini ke account Google + anda. Anda juga bisa share linknya secara manual ke orang2 yang anda ingin bagi untuk menonton siaran langsung anda.
5. Isikan nama siaran hangouts yang anda kehendaki, misalnya "Party Birthday" atau "Pertandingan Sepak Bola", atau apalah yang anda mau. Lalu tambahkan lingkaran Google + anda untuk mengundang orang2 agar menonton video live streaming anda. Setelah itu, klik tombol "Mulai siaran Hangout" nya.

Klik tombol Mulai siaran untuk memulai. Pastikan anda memiliki perangkat pendukung untuk memulai siaran, seperti kamera dan voice. Lewat laptop seharusnya bisa jalan asal laptopnya ada kamera. Kalau lewat PC, mungkin perlu tambahan perangkat video eksternal.
Saya sendiri sudah verifikasi account untuk kanal Live Streaming via Youtube, 100% done bisa berjalan.. Tapi kendalanya, aku tak punya "alat" yang diperlukan untuk mendukung siaran langsung karena lewat PC. Jadi perlu tambahan kamera eksternal, dan mungkin perlu microphone/headset buat PC untuk mendukung suaranya hehe. Tapi kalau via laptop yang sudah ada kamera buit-in nya bisa. Ini contoh aku lagi mengudara, bisa di lihat di http://www.youtube.com/watch?v=8fvbvuampQs.

Setelah selesai merekam, klik saja tombol hentikan/stop rekaman. Lalu secara otomatis setelah 30-60 menit, hasil rekamannya akan muncul di koleksi video account Youtube anda.

Oke, selamat mencoba! Tips panduan ini dibuat dengan eksklusif. Jika anda merasa terbantu dengan informasi ini, silahkan salurkan donasi anda ke sini.

Semoga bermanfaat!

Kata kunci yang biasa dicari : cara membuat live streaming, cara membuat siaran langsung, siaran langsung via youtube, live streaming via youtube

2 komentar:

Admin HIVmedia mengatakan...

thanks ya

Yaumil Akbar Firdaus mengatakan...

mas makasih banget ni ... mau langsung saya coba