05 Desember 2013

Wang Lin "Juara WBC 2010 Itu Telah Pensiun"

Wang Lin saat menjuarai WBC tahun 2010 di Prancis
Kabar datang dari pe bulutangkis tunggal putri asal China, Wang Lin. Semalam (03/12), Wang Lin lewat media akun Weibo nya, secara resmi memutuskan untuk pensiun dan meninggalkan dunia bulutangkis yang telah membesarkan namanya. Dari tadi malam sewaktu Wang Lin ngepost di akun Weibo hingga saat ini, isi home Weibo rata-rata dipenuhi semua tentang Wang Lin. Orang-orang pada me-repost yang dipost oleh Wang Lin. Mereka sangat sedih, seperti telah kehilangan sesosok figur yang mereka idolakan.

Memang, kata-kata yang ditulis Wang Lin lewat akun Weibo nya cukup membuat orang bisa meneteskan air mata. Apalagi dia pensiun di usia yang masih muda, di mana seharusnya dia masih harus aktif bermain; dan apabila memungkinkan, tentu meraih piala di beberapa turnamen bergengsi, seperti Uber Cup, Asian Games dan Olimpiade. Wang Lin mengumumkan pengunduran dirinya di usia 24 tahun. Ia memutuskan untuk pensiun karena menderita cedera yang berkepanjangan. Lewat akun Weibonya Wang Lin berkata :


Wang Lin posted in her Weibo last night that she retired officially
"Hari ini adalah hari yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal. Terima kasih kepada pelatih yang selalu mendampingi saya, juga rekan se tim yang selalu berjuang bersama. Ini semua adalah kenangan yang sangat berharga. Besok adalah awal yang baru; tantangan yang baru. Dengan menggunakan pengalaman, pengetahuan dan kedua tangan, saya akan terus berjuang! Wang Lin! Juga berharap untuk semua agar besok akan menjadi hari yang lebih baik."(Sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia)

Sekilas tentang Wang Lin

Wang Lin dilahirkan pada 30 Maret 1989 di Hangzhou, Zhejiang, China. Wang Lin dilahirkan dalam keluarga Bulutangkis. Pada usia 17 tahun, di turnamen China Master 2006, ia kalah dari Xie Xingfang untuk menang di turnamen berikutnya.  Pada tahun 2007 ia memenangkan medali emas WJC, dan pada tahun 2009 ia memenangkan Piala Soviet dengan tim.

Di Kejuaraan Dunia (WBC) 2010, Wang Lin menang atas Wang Xin dan menjadi juara. Keinginan Wang Lin adalah ikut serta di Olimpiade Musim Panas London 2012. Namun karena cedera, Wang Lin kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Olimpiade. Wang Lin adalah seorang gadis yang kuat. Dia terus berjuang dengan menahan rasa sakit, tapi cedera selalu datang lagi dan lagi. Hal itu membuat dia kembali bernaung kepada tim Provinsi (Zhejiang) sejak tahun 2012, karena kondisinya tidak memungkinkan untuk bisa terus berada dalam tim nasional, karena latihan disana berat.


Ekspresi Wang Lin saat memenangkan pertandingan Final WBC 2010 Prancis.
"Dalam 2.5 tahun terakhir, aku terluka tiga kali, pulih tiga kali; dalam proses ini, mungkin hanya saya yang tahu"
"Saya ingin mengatakan bahwa saya melakukan segala sesuatu, dan sekarang melakukan rehabilitasi serta tidak bisa melakukan pelatihan intensif dari tim nasional", ujar Wang Lin. Wang Lin sebagai seorang atlet, pasti akan mencoba segala cara untuk bersaing dalam tim Olimpiade, tetapi pada kenyataannya adalah demikian (gagal). Meskipun disesalkan, tetapi kita akan terus melanjutkan.kehidupan. Ketika ditanya soal apa kehidupannya nanti setelah pensiun, Wang Lin berkata, "Menjadi pelatih atau kembali sekolah atau apapun itu, aku akan mendengarkan apa yang teman-teman katakan, apa pandangan dari orangtua, karena mereka akan memberikan saya saran, tetapi itu tetap tergantung pada keputusan saya pada akhirnya.

Wang Lin akhirnya mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya, yaitu Badminton. Ada kemungkinan Wang Lin akan terjun di dunia Model atau Artis apabila kesempatan yang menghampirinya.


Sumber : sports.qq.com (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia) 

Catatan Penulis : Walau bagaimana pun, sosok Wang Lin adalah idola penulis juga sejak lama. Selama ini tidak pernah penulis sampaikan segala sesuatu tentang dia lewat blog pribadi penulis. Dan untuk menghormatinya, penulis memberanikan diri untuk mem-posting artikel tentang dia, khususnya pemberitaan soal dirinya resmi pensiun saat ini. Hanya ini hadiah yang penulis bisa berikan, yakni memperkaya informasi tentang dirinya lewat dunia maya, khususnya penggemarnya yang berada di Indonesia. Sempat terpikir juga dibenak penulis untuk membuatkan sebuah website bio sederhana, dengan menggunakan nama domain sesuai karakter hanzi / mandarin nya (王琳.com ), tapi belum kesampaian. 

Semoga keputusan yang diambilnya adalah yang terbaik; baik untuk dirinya, dan tentunya; bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Satu-satunya harapan penulis yang belum terkabul, adalah belum bisa berfoto bareng bersama (aih, hahaha asem dech). Tapi ya, setidaknya kalau ada pembaca yang memiliki akun Weibo, yang kebetulan juga adalah seorang penggemar Wang Lin yang terkoneksi dengan akun Weibo miliknya, kiranya dapat membantu penulis untuk menyampaikan maksud dari penulis. Akhir kata, 王琳,加油 ! 人在做天在看...

NB : Berhubung banyak akun sosmed atlet bodongan di dunia maya, penulis ingin membagi akun sosmed Wang Lin yang asli, yang penulis ketahui. Tapi yang aktif, hanya tersisa akun Weibo nya. Soalnya di China daratan, untuk akses ke FB dan TW di blokir. Harus lewat proxy.

1. Facebook : https://www.facebook.com/profile.php?id=100001902989110
2. Twitter : https://twitter.com/stitchlinw
3. Weibo : http://weibo.com/u/1597691072

2 komentar:

allan ferry mengatakan...

Wang lin saya juga pemain badminton di indonesia biarpun tidak sebesar kamu prestasinya tapi saya sangat mengidolakan mu. Saya baru tahu kabar pensiun kamu hari ini. Sedih rasanya. Pengen ketemu kamu seandainya kamu datang ke indonesia saya berharap kamu hubungi saya 081510044656. Mohon pesan ini sampaikan ke wang lin. Allan ferry 1989 ..

Herman Tan mengatakan...

halo bro allan..
hahaha..sesama penggemar ternyata..
iya sudah pensiun wang lin nya, sekarang sudah jadi pelatih tim propinsi di china (mungkin di kota kelahiran nya, zhe jiang).