18 Desember 2014

Waspada Belanja di BUKALAPAK COM


Sekarang ini penjual online makin menjamur. Tentu ada yang niat menjual dan ada juga yang niat menipu. Salah satu Toko Online yang menaungi para penjual adalah BUKALAPAK.COM. Kali ini saya tidak dibayar untuk menulis artikel ini, murni agar para pembeli makin jeli menentukan mana merchant yang tepat sebagai tempat berbelanja.

Sistem di BUKALAPAK.COM adalah menaungi SEMUA PENJUAL, mereka tidak mau seleksi mana penjual putih dan mana penjual mana hitam; semua ditampung. Hanya memang untuk menjamin keamanan, semua uang yang dibayar pembeli tidak langsung masuk ke penjual, tapi masuk terlebih dahulu ke REKENING BANK BUKALAPAK. 

Jadi jika penjual tidak mengirimkan barang yang dipesan dalam waktu 4 x 24 jam (4 hari) otomatis uang akan dikembalikan ke BUKADOMPET (akun pembeli di BUKALAPAK.COM). Artinya tetap saja uang masih berada di REKENING BANK BUKALAPAK.

Kenapa ditetapkan 4x24 jam sebagai batas waktu maksimal? Bukankah itu terlalu lama untuk ukuran seorang penjual yang memang niat menjual? Kalau niat, sekarang saya bayar sebisa mungkin barang akan segera dikirim, maksimal sehari sudah ada resi cetaknya. Ini (BACA : mungkin; asumsi pribadi) salah satu strategi mereka agar uang pembeli bisa mengendap di REKENING BANK mereka.

Jadi pembeli jangan terpikat dengan HARGA MURAH (di view/di urut dari harga termurah) karena itu bisa saja adalah Toko/penjual jadi-jadian yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan juga tertipu dengan banyaknya FEEDBACK yang masuk kesalah satu toko penjual, karena ternyata feedback itu sebenarnya bisa dibuat (diakali) sendiri oleh penjual, dengan melakukan pembelian barang sendiri, namun dengan akun yang berbeda. Tidak hanya pembeli (yang telah membeli barang) saja yang bisa kasih feedback atau review.

Bayangkan berapa uang pembeli yang mereka tampung di KAS REKENING BANK mereka. Jika pun anda mau menarik uang karena tidak ada respon dari penjual selama 4x24 jam, anda butuh minimal 7 (tujuh) hari kerja sampai 30 (tiga puluh) hari kerja untuk di transfer kembali uangnya ke rekening bank anda sebagai waktu proses.

Itu juga kalau email anda langsung  dibaca oleh CS BUKALAPAK nya wkwkwk karena biasanya harus email lebih dari 2x baru akan direspon. Maklum, BUKALAPAK tidak menyediakan layanan telepon (takut diteror pembeli kali); jadi satu-satunya cara adalah menghubungi mereka lewat email.

Apalagi mereka tahu (setelah membaca email anda) jika anda menghendaki untuk menarik uang, mana mau mereka cepat-cepat; di dunia ini perusahaan mana sih yang mau cepat-cepat kasih keluar uang?.

Rugi sih tidak, tapi apa anda mau membungakan uang anda di REKENING orang lain?

So, jika mau membeli barang, carilah TOKO ONLINE lain yang setidaknya ada penjaminnya, seperti Lazada. Meski ada merchant atau penjual lain yang juga bernaung di tempat mereka sebagai SUPPLIER (ini agak beda konsepnya dengan konsep menjual langsung seperti di BUKALAPAK), tapi itu sudah lewat proses seleksi yang sangat panjang, super ketat, dan berbelit-belit.

Mereka tidak mau menerima supplier/penjual kere, abal-abal, takut rugi, atau niat nipu. Sekali saja gagal memenuhi standar yang telah di tetapkan akan di kick dari keanggotaan supplier mereka. Juga tidak akan pernah ada istilah "salah jual" atau "menolak pesanan" akibat Harga barang/biaya kirim tidak sesuai. 

Banyak toko/penjual/merchant yang sering menolak pesanan di BUKALAPAK. Bahkan ada yang mengakui bahwa mereka sebenarnya jarang mengontrol barang jualan mereka yang ada di BUKALAPAK.COM (katanya sih terlalu banyak barang; mungkin terlalu sibuk juga).

Jadi nanti baru ada pembeli yang telah menyetor uang (setelah dihubungi lewat email oleh BUKALAPAK.COM), baru mereka proses. Itupun mereka lihat dulu KURS DOLLAR lagi naik apa turun. Kalau dollar lagi naik, mereka akan menolak pesanan dengan alasan Harga barang/biaya kirim tidak sesuai

Jadi istilahnya mereka ini penjual yang takut rugi. Takut rugi tapi mau ikut bersaing dengan para toko/penjual/merchant yang punya modal besar dengan memberikan harga termurah (di sort by rating harga termurah masuk 5 peringkat termurah). 

Namanya toko kalian sudah pasang harga, dan pembeli sudah setor uang, masa mau dibatalkan sepihak hanya karena gara-gara dolar naik? Bedanya apa dengan menjilat ludah sendiri? Saya juga seorang penjual kali, punya toko fisik juga.

Namanya sudah buka harga, ya itu resiko. Dolar mau naik/rugi itu namanya KOMITMEN dan memang itulah salah satu resiko bisnis karena fluktuasi harga. Anda bisa dicap buruk kalau takut rugi. Kalau takut rugi makanya jangan berjualan di BUKALAPAK, buat website jualan sendiri biar duit pembeli bisa langsung masuk rekening anda.

Adajuga toko lain yang saya sudah email 7x namun tidak digubris. Memang sangat banyak toko-toko di BUKALAPAK.COM. Sangat sulit untuk membedakan toko/penjual mana yang niat jual, dan mana yang hanya main-main.

Benar-benar kecewa saya atas kinerja BUKALAPAK yang doyan menahan-nahan uang konsumen. Kalau setiap penjual menahan 4 hari dengan cara tidak menggubris pesanan, emang mau di bungakan uang saya? Kalau 5 hari pasti dikirim lain cerita. Ini kalau saya pesan di toko kayak xxx, lalu di diamkan 4 hari (batas maksimal respon barang), lalu toko lainnya kayak yyy 4 hari, lalu di toko lain lagi 4 hari, emang kita sebagai pembeli sudah tidak ada kerjaan lain apa sehingga harus bolak balik ngecek pesanan sendiri?

Sekalian akan saya tutup akun saya di BUKALAPAK.COM apabila semua proses transaksi pengembalian uang sudah terselesaikan. Benar-benar saya sebagai konsumen kecewa dengan kinerja BUKALAPAK.COM. Entah proses pengembalian uang saya perlu waktu berapa lama lagi. Bayangkan, laporan ke CS BUKALAPAK paling cepat direspon setiap 24 jam sekali.

B. Update 15 Juli 2015 :

Bukan cuma BUKALAPAK saja; toko-toko online yang sejenis juga perlu agan-agan waspadai; salah satunya TOKOPEDIA. Ini screen shoot jawaban CS TOKOPEDIA atas respon pertanyaan saya mengenai bagaimana jika terdapat penjual yang ternyata hanya memajang produk tapi barangnya tidak ada?. Model-model penjual seperti ini (lihat foto di 3 paragraf dibawah) :

1. Hanya punya waktu yang banyak, jadi timbul keisengan untuk mempermainkan calon pembeli toko online. Mereka tidak rugi, tapi hanya terobsesi dengan kesenangan pribadi; yakni menipu uang pembeli; sekalipun uang tersebut tidak masuk ke rekening mereka. Bahasa kasarnya, mereka mengalami gangguan jiwa; alias setengah waras. Kenapa saya pakai kata "setengah"? Karena mereka masih paham penggunaan komputer dan sistem cara kerja toko online.

2. Ada kerja sama dengan pihak toko online terkait. Jadi yang untung adalah pihak toko online nya karena uang pembeli mengendap ke rekening mereka. Uang pembeli tidak akan kembali, tetapi masuk ke yang namanya "dompet pembeli" atau apalah istilahnya saya tidak mau pusing.

Jadi jika pembeli ingin membeli barang lain dengan uang dari "dompet pembeli", syukur harganya sama, jika berbeda, pembaca harus menyetor sejumlah uang untuk menambah selisih nya; atau jika tidak, "selisih ekornya" tidak bisa dipakai lagi. Bayangkan jika ada 100 ribu pembeli memiliki "ekor uang" rata-rata sebanyak 1000 s/d 10 ribu perak di dompet nya masing-masing.

Bisa pembaca hitung, berapa total BUNGA nya. Bisa juga uang itu diputar pihak toko online dulu untuk kepentingan bisnisnya yang lain, atau penggunaan pribadi. Bukan begitu?

3.Bagi yang sering transaksi di BUKALAPAK pasti tahu yang namanya kode unik bukan? Kode unik ini harus anda bayar dalam bentuk uang lewat transaksi bank, dengan kisaran angka 1-999 yang katanya untuk mempermudah konfirmasi pembelian.

Tidak perlu saya jelaskan lagi lebih lanjut lagi. Coba anda hitung dan bayangkan berapa banyak jumlah "kode unik" tersebut apabila dikalikan dengan jumlah pembelinya yang katakanlah 10 ribu tiap bulan.

Klik untuk memperbesar gambar

Hukuman dari Tokopedia "hanya" 1) memblokir toko penjual dan 2) "memoderasi tokonya". Saya kurang paham apa maksud dari nomor 2 tersebut. Tapi untuk nomor 1, hukumannya nyaris tidak terlihat. Bahkan jika anda menutup akun nya 10x pun, dia akan kembali membuka tokonya sebanyak 11x; artinya tetap ada (+1).

Kenapa? Karena begitu mudahnya seseorang untuk menjual barangnya di dunia maya; terlepas dia memiliki barang tersebut atau tidak; karena pihak Mall Online* sebenarnya tidak mau ambil pusing dengan itu. Yang mereka pusing, bagaimana caranya menampung sebanyak mungkin uang pembeli agar mengendap di rekening mereka.

Ya, itulah kelemahan sistem penjualan online yang harus diperkuat untuk melindungi uang pembeli. Jangan hanya di iming-imingi uang bisa kembali, tapi dengan proses yang sangat panjanggg dan berbelittt. Bayangkan jika pembeli kena "tipu" dengan 10 toko model begini? Bukannya mempermudah dalam membeli barang, tapi pembeli malah dipusingkan dengan serangkaian tugas untuk proses pengembalian uangnya.

Atau bayangkan jika ada pembeli yang membayar dengan kartu kredit, lalu pesanan nya ditolak penjual. Menurut rata-rata TOS Mall Online*, setiap transaksi lewat kartu kredit uang pembayaran nya secara otomatis akan dikembalikan ke saldo kartu kreditnya dalam waktu 14 hari kerja.

Bayangkan jika pembelinya tidak sabaran dan terus-menerus mencari barang yang di inginkannya di Mall Online* yang sama sampai dapat; tapi pesanannya selalu ditolak penjual sebanyak 10x dengan alasan produk habis.

Apa kata pihak BANK nanti? Bisa-bisa akun kartu kredit anda diblokir dengan alasan SPAMING.

Kalau tidak, makin banyak saja orang yang nantinya tertarik untuk membuka Mall Online* yang nantinya akan menampung ribuan penjual. Hanya perlu modal :

1. Sebuah nama domain
2. Sebuah server+bandwith dengan kapasitas besar
3. Mesin penjawab otomatis (CS) untuk menampung caci maki pembeli.

C. Update 04 November 2016 

Cara "bermain" Toko Online yang lain adalah dengan menjalin kerjasama dengan Penjual yakni dengan mengiming-imingi fasilitas cicilan 0%. Bisa jadi penjual adalah akun buatan pihak Mall Online sendiri. Setelah transaksi berhasil (karena fasilitas cicilan, jadi harus menggunakan kartu kredit), tiba-tiba transaksi di tolak/ di cancel oleh penjual dengan alasan barang habis.

Tentu, uang dan ongkos kirim akan dikembalikan ke saldo tagihan kartu kredit Anda, tapi tidak utuh 100%. Terdapat Fee atau biaya pelayanan sebesar 1,5% tetap ditagih, meski sejatinya di cancel penjual.

Jadi seperti Anda memesan mie ayam di rumah makan, namun tiba-tiba penjual bilang "maaf mie ayamnya habis. Namun, eits, harus bayar biaya fee ya sebesar 1,5% dari harga pesanan mie ayamnya, karena bapak sudah duduk disini".

Fairkah itu?
Etika bisnis kah itu?

Nih saya berikan contoh bukti Term of Service (TOS) Cara Pembayaran bukalapak, silahkan buka link ini :

1. Link TOS Bukalapak : https://panduan.bukalapak.com/buyer/4

2. Cari judul "Pembayaran dengan Kartu Visa/Mastercard" poin ke 9

Screen shoot di halaman panduan pembayaran Bukalapak per 04 November 2016

"Apakah biaya administrasi senilai 1.5% akan dikembalikan jika transaksi dibatalkan?
Biaya administrasi senilai 1.5% dari nilai transaksi tidak dikembalikan jika pembatalan dilakukan lebih dari 1 hari setelah transaksi terjadi atau jika terjadi pengembalian barang kepada penjual (barang di-retur) oleh pembeli"
Disana tertulis "nilai transaksi tidak dikembalikan jika pembatalan dilakukan lebih dari 1 hari setelah transaksi. Saudara saya berkata, dia pernah ketipu dengan cara seperti itu. Padahal :

1. Jarak waktu antara email konfirmasi pesanan diterima (telah dibayar lunas dengan kartu kredit) dengan email konfirmasi pesanan ditolak <15 b="" dan="" jam="" masih="" merupakan="" nbsp="">hari kerja
.2. Ditolak/Dibatalkan oleh PENJUAL karena alasan stok habis. Bukan atas dasar keinginan pembeli. Anehnya pembeli yang kena charge.

Bayangkan kalau ada ribuan toko yang modelnya seperti ini. Pantas pihak Bukalapak enggan untuk melakukan razia mana toko yang stok barangnya kosong. Ternyata mereka juga mendapat "imbas" berupa fee 1,5% itu.

Catatan :

*Saya sebut "Mall Online" karena mereka juga sebenarnya tidak punya barang yang bisa dijual. Mereka hanya pengelola lapak/tempat yang mengandalkan barang dagangan para penyewa lapak dengan mengambil komisi dari penjualan2nya.
*Semoga pihak-pihak terkait yang saya sebutkan diatas dapat membenahi pelayanan nya agar kelak tidak membuat pembeli kecewa. Kritik yang membangun tentunya diperlukan agar pihak-pihak yang terkait bisa merevisi kinerja sistem nya selama ini.

Bukan sekedar masalah pencemaran nama baik, namun apakah hal-hal yang kurang diatas, harus didiamkan begitu saja? Bagaimana mereka bisa berubah menjadi lebih baik tanpa kritik? Saya harap mereka memandang persoalan ini bukan hanya dari 1 sisi saja. YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) juga harus ikut mendorong mereka untuk berbenah.

244 komentar:

1 – 200 dari 244   Lebih baru›   Terbaru»
Medkun mengatakan...

Biasa gan, saya juga dulu sering belanja di bukalapak. Penjualnya suka pilih-pilih pembeli, dan banyak tingkah. Bikin kesel jadinya. Sudah gitu kirimannya lama sampai, alasannya lama di pengiriman padahal mereka yang belum kirim.

Toro Silalahi mengatakan...

Saya salah satu yang pernah pakai jasa bukalapak untuk berjualan. Cacad memang, uang sebesar 5 juta yang sudah dikasih pembeli malah ditahan bukalapak sampe sebulan baru di transfer ke rekening saya. Alasannya mereka mau ferivikasi data dulu. Mungkin betul seperti kata mas herman, mereka mau membungakan dulu kali ya??

Gusti Anugrah mengatakan...

Kok agan nya beli di situ? Di kaskus sudah banyak korban penipuan dari bukalapak.com gan! Astaga. Agan siap mental deh kalau duitnya ntar engga dibalikin.

Bukalapak memang website tipuan gan..beberapa penjualnya itu adalah rekanan mereka sendiri. Mereka engga ambil fee dari penjualan, tapi mereka ambil untung dari bunga yang mengendap di banknya seperti kata agan, dan kelebihan2 uang pembayaran.

Yusuf Ependi mengatakan...

Kalau mau belanja lebih baik di lazada atau bhineka saja. Mereka lebih terpercaya, barang sudah siap. Kalau di bukalapak barang belum tentu ada.

Dulu saya pernah isengin orang saat jualan disana. Saya pura2 taruh barang dan harga, tapi sebenarnya saya belum punya barangnya. Jadi orang pesan dulu baru saya beli barangnya di ITC mangga 2. Kalo lagi malas saya tolak atau biarin saja.

Kalo akun saya kena ban juga gpp tinggal buat lagi. Begitu mudahnya untuk menipu di bukalapak gan. Tapi untunglah admin2 disana pemalas semua wkwkwk mereka tidak mau pusing urusan penjual. Makin banyak penjual makin bagus katanya biar duit pembeli bisa ditampung dulu.

Dezordd mengatakan...

Hati hati kalau belanja di dbestkompushop. Dulu saya pernah belanja disana lalu dikirimi paket kardus kosong. Saya tanya alasannya, kata mereka itu resiko pengiriman (dicuri???). Lalu saya minta refund ke bukalapak, eh mereka bilang silahkan berurusan sendiri dengan penjual. Saya kontak penjual dbestkompushop itu. Mereka bilang boleh refund, asal kirim kembali barang dengan utuh. Ternyata itu salah satu modus penipuan terbaru di jual beli online.

Geeks mengatakan...

Saya mending beli di toko fisik aja gan. Gpp mahal dan capek sedikit ketimbang kena tipu di bukalapak.com. Saya dengar mereka memang sudah banyak masalah dengan Yayasan Perlindungan Konsumen.

Alisan mengatakan...

Wah thank you banget nih agan" semuanya buat nais inponya. Untungg... Hampir belanja lego disana. Kalau belanja di tokopedia.com gimana gan? Thank you ya

Fahmi mengatakan...

Ah masak sih gan seperti itu? Saya 3 hari yang lalu belanja di bukalapak aman-aman saja tuh. Dan sekarang barang malah sudah sampai. Kalau pendapat saya sih secara sistem dari sana sudah baik, yang bikin nama baik bukalapak buruk itu ya karena ada beberapa oknum penjual yang berniat buruk. Namanya juga marketplace gan banyak penjualnya...tapi sejauh ini saya transaksi di sana aman-aman saja kok.

Sulistiyo mengatakan...

Namanya juga marketplace gan..apalagi di Indonesia kayak gini. Banyak orang yang gak mau diajak jujur. Kalau menanggapi tentang beberapa penjual diatas saya kira memang sudah karakternya seperti itu. Tapi lantas harusnya tidak berkesimpulan bahwa semua penjual di bukalapak berkarakter seperti itu semua. Itu menurut saya sih...logikanya seperti ini deh, kalau hampir keseluruhan banyak penjual yang nipu pasti Bukalapak tidak masuk di artikelnya tech in asia yang menyebutkan bahwa ada 8 marketplace terbaik di Indonesia. Silahkan cek saja di situsnya id.techinasia.com

Nasir Romadoni Ahmad mengatakan...

Saya juga tertipu di bukalapak, seperti kasus saudara Toro Silalahi,Susah mencairkan dana penjual.

Anonim mengatakan...

Sama gan ane juga baru ngalamin.... kirim pesan tiap hari ga di respon pas di respon kayanya bukan sellernya yg jawab, tapi team bukalapaknya nya yg jawab, kelihatan dari gaya bahasanya. seller di jakarta udah 4 hari ga di kirim2 orderan ane

Anonim mengatakan...

Ane juga ketepu gan... Di kasih no resi palsu itu juga udh nunggu 4 hr braru dpt resi. . Dpt email sm sms klo barang udh di terima. Ane cek di bukalapak, tujuan barang sama alamat ane kacau gan. Complain ke seller ga bisa. Complain ke bukalapak cuma lewat email. Kaya penipu juga bukalapak.

wawan akuba mengatakan...

Aku salah satu orang yang suka beli di bukalapak.com. dan selama aku belanja gak pernah ada yang kurang beres. nah, ini saran aku kalo orang mau beli dsana dan gak mau kena hal-hal ke yang mas-mas udah curhatin tadi, mending sblum beli inboxin dulu si sellernya trus tanya barangnya ada gak ?

admin mengatakan...

saya juga jualan dibukalapak dan memang niat jualan, memang dari segi respon customer service sangat mengecewakan, saya berulangkali kirim pesan ga pernah dibalas oleh adminnya beda dengan tokopedia yg responnya cepat dan ada fasilitas komplain juga, satu lagi yg kurang dibukalapak adalah sistem tracking yg sering terlambat misal pesanan sudah diterima 3 hari yg lalu dibukalapak masih blom diterima padahal uang akan masuk ke dompet jika pembeli sudah menerima dan konfirmasi jika pembeli lupa ga konfirmasi ya dana ga masuk-masuk. pernah saya mengalami pembeli sudah terima barang (dalam waktu 4 hari) tetapi lupa konfirmasi sampai 18 hari karena ayahnya meninggal saya hubungi admin bukalapak ga da respon akhirnya saya hubungi pembelinya untuk melakukan konfirmasi, coba kalo pembeli ga bisa di hubungi kan dana ga masuk2. saran saya kalo mau jual di tokopedia aja sistem lebih tertata rapi dan adminnya responsif

Anonim mengatakan...

Saya udah KAPOK belanja di BUKALAPAK!! Pihak manajemen BUKALAPAK tidak mau turun-tangan bila ada PENIPUAN dari PENJUAL!!!!!!!!!! Unsut tuntas orang-orang di BUKALAPAK!!!

DENHIL mengatakan...

Smga para penipu di kasih asab krna sdh memakan uang yg bkn hak ny,,,jgn menyesal Klo sdh menikmati asab itu

DENHIL mengatakan...

Jgn sampe anda transfer ke buka lapak.semua penipu.yg du web belain buka lapak itu adlh tmn sendiri.Smga dpt musibah tu oknum yg mkn duit org...

Anonim mengatakan...

Modus KECURANGAN di Buka Lapak:

1) Si Pembeli mentransfer uang ke Rekening Buka Lapak

2) Buka Lapak akan melakukan verifikasi lebih dari 24 jam , artinya semakin lama mereka melakukan verifikasi maka uang Pembeli akan lebih lama mengendap di Rekening Buka Lapak.

3) Setelah 24 jam berlalu , maka uang yg ditransfer pembeli baru akan diverifikasi oleh Buka Lapak

4) Buka Lapak akan memberikan informasi kepada PENJUAL utk mengirimkan barang yang dibeli

5) Penjual diberikan waktu paling lama 4 x 24 jam oleh Buka Lapak untuk mengirim Barang tsb. Semakian lama si PENJUAL mengirim barang maka BUKA LAPAK akan semakin senang.

6) Bila si Penjual mengirim Barang pada hari keempat , maka UANG SI PEMBELI SUDAH MENGENDAP DI REKENING MILIK BUKA LAPAK selama (1x24jam) + (4x24jam) = (5x24jam)

7) Pada saat barang dikirim oleh PENJUAL maka dibutuhkan waktu oleh Pihak Kurir agar BARANG tsb sampai di tangan PEMBELI. Bila BARANG tsb memerlukan waktu sekitar 3x24jam untuk sampai di tangan PEMBELI , maka UANG YANG MENGENDAP di REKENING BUKA LAPAK sudah mencapai (5x24jam) + (3x24jam) = (8x24jam)

8) Pada saat BARANG SUDAH SAMPAI DI TANGAN PEMBELI, tapi si PEMBELI TIDAK MELAKUKAN KONFIRMASI PENERIMAAN BARANG , maka BUKA akan selama itu juga UANG AKAN TETAP MENGENDAP DI REKENING BUKA LAPAK.

SI PENJUAL HARUS MEMINTA PEMBELI MELAKUKAN KONFIRMASI TERIMA BARANG BILA INGIN UANG TSB MASUK KE "DOMPET"-nya PENJUAL.

Kalau Si PEMBELI TIDAK MELAKUKAN KONFIRMASI , maka JANGAN HARAP PENJUAL AKAN MENERIMA PEMBAYARAN.

Customer Service BUKA LAPAK TIDAK PERNAH MAU KOOPERATIF DALAM HAL MEMPERCEPAT PEMBAYARAN. INGAT INI!

Karena semakin lama UANG MENGENDAP DI REKENING BUKA LAPAK , maka BUNGA HARIAN yg diperoleh oleh BUKA LAPAK JUGA SEMAKIN BANYAK.

9) Bila SI PEMBELI MELAKUKAN KONFIRMASI TERIMA BARANG pada H+3 , maka artinya UANG YANG MENGENDAP DI REKENING BUKA LAPAK SUDAH MENJADI = (8x24jam) + (3x24jam) = (11x24 jam)

10) Walaupun uang sudah 11x24 jam mengendap di Rekening Buka Lapak , bukan berarti serta merta UANG SI PENJUAL bisa DINIKMATI OLEH PENJUAL , karena uang tsb masih berada di "DOMPET SISTEM BUKA LAPAK" yaitu semacam VIRTUAL ACCOUNT/WALLET di BUKA LAPAK.

11) Untuk dapat mencairkan dari "DOMPET VIRTUAL" tsb ke REKENING BANK milik SI PENJUAL , maka SI PENJUAL HARUS MELAKUKAN PERMOHONAN PENCAIRAN DANA kepada BUKA LAPAK

12) PERMOHONAN PENCAIRAN DANA akan memakan waktu sekitar 3x24 jam bahkan lebih.

13) Jadi , kalau kita jumlahkan berapa lama UANG AKAN MENGENDAP DI REKENING BUKA LAPAK?

Maka minimum UANG KITA AKAN MENGENDAP SELAMA KURANG LEBIH (11x24jam) + (3x24jam) = (14x24jam) atau sekitar 14 sampai dengan 15 hari...!!!!

Sungguh ini adalah suatu KECURANGAN..!!

Tunggu POSTINGAN SAYA SELANJUTNYA MENGENAI KECURANGAN oleh BUKA LAPAK!!

Herman Tan mengatakan...

Baru tahu step by step pencairan dana di sistem BUKA LAPAK. Thanks to Anonim yang mau berbagi info; jarang-jarang penjualnya mau buka rahasia step by step ini. Ditunggu juga modus/model kecurangan lain dari BUKALAPAK!

melvin mengatakan...

saya hri ini ada melakukan pembelian di bl. uda bayar, uda konform, ehh datanya ilang semua. di email ke cs, komen di fb, g di repon respon tu. hdaehhh....

Anonim mengatakan...

pengalaman buruk saya belanja dibuka lapak. 2x transaksi menurut BL ditolak.tapi uang sudah saya kirim dan saya minta pencairan. sudah 2 minggu uang saya tidak kembali.sekalipun berulang2 kirim email, lewat facebook dan sms...sama sekali tidak ada respon...transaksi tgl 15 dan 19april, sampai 30april uang saya belum kembali, ini namanya penipuan! saya sudah capek kirim email berkali2, bung waktu..tapi kinerjanya tidak ada! saya menghimbau kepada calon pembeli di BL, untuk tidak belanja di lapak brengsek ini! jangan sampai uang hilang karena tertipu. pencairan dana 2x24jam,itu hanya penipuan, buktinya dalam kasus saya sudah 2 minggu dan tidak kembali dan CS tidak ada respos sama sekali! transaksi saya yg bermasalah #150415205572 dan transaksi #150419136512.kepada CS BL, tolong segera ditindaklanjuti.

Anonim mengatakan...

Waduh,saya baru belanja di bukalapak, tp belum tahu kedepannya, semoga saja aman :(

WieN mengatakan...

Waduh... ane jga baru ngisi kmren siang..ampe sekarang jg blom masuk" k dompet ane.kapok dah...
ade solusi kaga ye?

Irfan Anggono mengatakan...

Mg2 aja aman ... Br tau kl ada case ky gini

dimas prahestu mengatakan...

Sama..saya juga,kmrin saya juga melakukan pembayaran di rekening buka lapak dan gak ada balasan,mlhan status transaksi saya tidak diverifikasi dan gagal,trs uang yg y transfwr itu kmna larinya,pdhl di email sdh sy sertakan bukti screenshot dari Mbanking saya,dan email saya tdk prnh dibls krtika saya mengajukan komplain ke cs buka lapak...sampai mlm ini jg gak ada kbrnya sama sekali,emang buka lapak tuh asuu,taiii,penipu!!!!

dimas prahestu mengatakan...

Buka lapak tuh penipu..kmrin saya transfer ke rekening buka lapak dan stts transaksi saya tdk diverifikasi mlhan gagal pdhl sy sdh bayar dan ada bukti screenshot dr m banking sy dan sdh sy sertakan di email cs buka lapak,sehari ini sy sdh email ada 5x dan tdk ada balasan sama sekali,trs uang saya kmana larinya,dasar buka lapak tuh penipu!!!,tai asuuu!!!maling tuh!!!

Anonim mengatakan...

saya baru kemaren belanja di BL belum tau kedepannya

morganda n mengatakan...

Kalo kasus saya, pelapak minta no rek untuk refund sebagian dana krn sebagian item tdk tersedia. Yg saya heran bgmn pelapak mau refund dana kalo pembayaran blm dilakukan dr bl ke pelapak....

Ella Anggraeni mengatakan...

baru transaksi, semoga lancar kalo tidak nanti lapor bank saja, biar rekeningnya diblokir

Anonim mengatakan...

saya beli sesuatu di bukalapak hari ini udh bayar kira2 barangnya udh di kirim blum?
trus yg udah pernah jualan di bukalapak tolong kasih tau dong
penjual itu pas pembeli mesan barang langsung di kirim?
tolong di jawab ya

Herman Tan mengatakan...

Tergantung situ belinya di toko abal-abal atau bukan. Toko abal-abal disini adalah toko yang tidak aktif; atau toko aktif tapi tidak punya barang. Mereka seharusnya menurut aturan jika tidak punya barang harus segera menolak pesanan, bukan didiamkan. Jika didiamkan, maksimal 7 hari kerja baru secara otomatis pesanan ditolak oleh sistem (tidak dijawab). Rugi sih engga, tapi apa anda mau DUIT dan WAKTU anda di GADAIKAN seminggu???

Anonim mengatakan...

saya saya juga baaru teertipu di bukalapak, beli barang cuman dikasih body palsu juga, tidak ada battery, charger dan asksesoris lainnya, trus feedback negative saya hebat tidak keliatan di lapaknya. banyak ngeles lagi bilangnya sesuai gambar padahal deskripsi beda ama gambar tokonya Cengsa Shop. uang gak seberapa tapi kesal karena buat kado.

Anonim mengatakan...

Saya kmrn beli barang elektronik lewat BL. Pembayaran sudah dikonfirmasi dan penjual tlp konfirmasi kalau barang sudah dikirim. 1 hari kemudian ada orang mengaku dari bea cukai dan bilang kalau barang saya ditahan di bandara karena barang BM. Dia minta saya tebus dengan nominal yg cukup besar dan ancam akan lapor polisi sebagai penadah. Saya coba hub ke BL tp tidak ada respon. Hati... hati dengan modus spt ini

Ichi Chan mengatakan...

Kemarin sore baru transakai di bukalapak
G cari2 info dulu soal bukalapak T.T
Takut kena tipu juga T.T

Anonim mengatakan...

Mau transaksi jadi ragu!!!

q loy mengatakan...

Ya agan2 yg mau beli barang di bukalapak hati2. Gw kmaren ketipu padahal udh transfer sesuai yg bl minta tp bl malahan bilang transaksi gagal karna nominal tidak sesuai. Udah jelas2

q loy mengatakan...

Hati2 agan2 smua yg belanja di BL.
Awas kena tipu, duit udh gw transfer tp harang ga dateng2 malahan gagal katanya. Wakwawwww...

izza mengatakan...

parah bukalapak baru kali nhe saya belanja d tipu bgini sya membeli tab samsung not 10 harganya memang murah pada tgl 05/07/15 baru saja trnyata barang nya selundupan dan katanya sy mau d laporkan k pidana atas nama bpk diki kota batam penjualnya hati" saja membeli barang d bka lapak itu penipuan dan uang saya 1121000 tidak kembali dan dya minta tebusan

Aldi Dwp mengatakan...

Saya baru kmarin beli dan sudah mentransfer pula..saya beli 4 item lg..bagaimana ya kedepan nya:(

Aldi Dwp mengatakan...

Saya baru kmarin beli lagi..4 item pulaa haduuh sudah di transfer lgg...gimaja ya kedepan nya:(

admin arang mengatakan...

ane baru beli barang juga hiks, udah 2 hari barang belum ada info, hikss

Rahmat Wibowo mengatakan...

Sama bung saya mengalami hal yg serupa,,,,kronologis nya tgl 3 juli 2015 saya beli kamera di buka lapak dan di hari itu juga saya transfer uang utk beli tuh barang...keesokan harinya pihak penjual merespon request saya bahwasannya barang akan dikirim via cargo garuda indonesia,dan dia juga mengestimasikan barang dikirim paling lambat tgl 06 juli 2015,yg anehnya lagi ada orang yg mengatasnamakan bea cukai menelpon saya karena barang yg saya beli itu selundupan alias ilegal atau apalah,,,dari pihak beacukai nya menyatakan bahwa barang yg saya beli itu jika tidak diurus saya akan dipenjarakan dan denda.sungguh ironi permainan penjual dengan berbagai cara mencari uang dengan cara menipu...dan lebih mirisnya lagi si beacukai mengancam saya dengan pilihan lain menebus barang yg saya beli dengan harga yg tidak wajar...prihatin memang

Luki mengatakan...

Tgl 6 ane belanja di merchant bukalapak yuzawang chibi, brg blm ada yang dikirim dan ga ada balasan apapun sampai tulisan ini ditulis pun. Kayanya kena tipu dah g. Hati2 guys biar ane aja yang dapet pahitnya belanja di bukalapak.

Anonim mengatakan...

sama saya juga ketipu belanja di Bukalapak

Jakarta Komputer mengatakan...

memang lama sekali respon dari pihak buka lapak...apalagi jika ada complain,dll nya...kepada pembeli juga harus jeli dalam memesan barang dan jangan tergiur harga murah (tidak masuk akal di harga pasaran)..tolong pihak bukalapak segera memperbaiki layanan dan lebih selektif dalam hal pendaftaran menjadi penjual/account.

Anonim mengatakan...

BUKALAPAK.COM berpihak kepada Pelapak yang jelas-jelas PENIPU !!

Pada tanggal 2 Juli 2015, saya tertarik dengan penawaran salah satu pelapak (Toko Murah / Griya Cell) di BUKALAPAK.COM yang menawarkan MicroSD Sandisk 64GB dengan harga Rp. 250.000,- ( Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ). Saya melakukan transaksi pembelian barang tersebut dengan mentransfer ke rekening BUKALAPAK.COM sebesar Rp. 256.600 (sudah termasuk ongkos kirim) dengan nomor transaksi 150702178513.

Pada tanggal 6 Juli 2015, Paket pesanan tersebut saya terima ... kesan pertama yang saya lihat adalah kemasannya tidak rapi, dan setelah saya buka, produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan saya, yang dikirimkan adalah MicroSD Samsung 32GB (bukan original/aspal). Saya langsung melakukan konfirmasi penerimaan barang di website bukalapak.com dan melaporkan akan melakukan retur barang kepada pihak pelapak.

Keesokan harinya (tgl 7 Juli 2015), saya mendapatkan balasan email dari pihak bukalapak.com yang menegaskan komplain saya kepada pihak pelapak dengan memberikan batas waktu 5 x 24 jam kepada pihak pelapak untuk membalas respon saya atas kesalahan pengiriman produk tersebut. Jika tidak ada respon, maka uang yang saya transfer akan dikembalikan 100% kepada saya.

Tidak ada respon dari pihak pelapak, saya curiga bahwa saya adalah korban penipuan dari pelapak tersebut. Setelah saya melihat review dari pelapak tersebut, ternyata yang menjadi korban dengan kasus salah kirim ini banyak (ini pelajaran buat saya, lain kali harus melihat review pelapak terlebih dahulu sebelum transaksi).

Pada tanggal 8 Juli 2015, di dalam forum Diskusi Pengembalian barang, Saya menuntut kepada pihak pelapak untuk mentransfer ke rekening saya biaya pengiriman retur barang tersebut, karena kesalahan ini murni (bahkan disengaja) dari pihak pelapak sebagai HUKUMAN SOSIAL agar kasus penipuan seperti ini tidak terjadi lagi.

Pada tanggal 12 Juli 2015, pihak BUKALAPAK.COM mengirimkan email kepada saya bahwa tidak ada respon dari pihak pelapak atas komplain saya, maka uang saya akan dikembalikan 100% dengan syarat barang yang salah kirim tersebut harus dikirimkan ke BUKALAPAK.COM

Saya merasa kecewa dengan kebijakan BUKALAPAK.COM dan merasa dirugikan oleh pihak BUKALAPAK.COM karena biaya pengiriman retur barang tersebut dibebankan kepada saya selaku KORBAN PENIPUAN ONLINE. Seharusnya saya menerima REFUND 100% dari uang yang saya transfer plus tambahan biaya pengiriman retur barang (yang nantinya bisa dibebankan kepada pihak pelapak jika barang tersebut ditebus atau jika tidak ditebus, bisa dilakukan lelang atas barang tersebut).

Saya pastikan ini adalah transaksi saya yang terakhir di BUKALAPAK.COM jika pihak BUKALAPAK.COM tidak mengubah kebijakan yang Pro terhadap PENIPU ONLINE!!

Herman Tan mengatakan...

Prihatin dengan yang diatas. Dalam hal ini anda rugi :
1. ONGKOS KIRIM dari tempat anda ke tempat bukalapak.
2. RUGI WAKTU 10 semenjak 2 juli - 12 juli. Ini belum ditambah waktu pengembalian produk ke tempat bukalapak (katakanlah 3 hari lewat JNE), menunggu pengecekkan tim warehouse nya (biasanya akan dibuat lama sampai 1 minggu), lalu menunggu hingga akhir bulan untuk pengembalian uangnya (mereka pakai sistem pembayaran gaji, artinya uang boleh masuk setiap saat tapi hanya boleh keluar pada awal bulan).

Semoga anda tabah...

Ronald Effendy, SH mengatakan...

Menurut saya, buka lapak sdh sngt pandai dlm melakoni bisnis kotornya. Saya yakin,oknum yg ada di Bea Cukai memanfaatkn kejadian ini utk mngambil keuntungan dr mereka yg dirugikan/ korban B.L. bwt semuanya... g' sa takut klw ada pihak/ oknum dr bea cukai yg menelpon anda dn dng kalimat mengancam akn memenjarakn anda. Ada UU Perlindungan Konsumen dan anda jg bs mnta perlindungan hukum di LBH yg ada diindonesia. Seharusnya pihak kepolisian lbh jelih melihat persoalan ini krn sdh bnyk orang yg sngt2 dirugikn olh situs penjualan online ini. Buat sobat semua..laporkan kepihak yg betwajib klw anda mnjdi korban dr situs jual beli online ini. Carilah informasi sbnyk2nya sblm anda melakukan transaksi online. Gbu all :)

Anonim mengatakan...

Haduh .. Sama Ni gan.. Gimana Ni ya ?

azhar abdulmanaf mengatakan...

ah sama aja itu gan yg agan bilang gk jauh beda

ashok chandra mengatakan...

Jdi mikir2 belanja di bukalapak

Wahyu Dharsito mengatakan...

belanja hampir 30 kali dengan harga dari puluhan ribu sampai jutaan di BL, sejauh ini aman. memang harus cek reputasi seller, hati-hati kalau prosentase rendah dan feedback rendah. kl ketemu seller yg mencurigakan, klik saja "Laporkan Pelanggaran" (repost)

Van Chan mengatakan...

Kayanya modusnya BL sengaja mengulur2 waktu, terutama sering terjadi salah pengiriman, jd resi yang diberikan penjual tidak sesuai alamat pemesan! entah itu akun palsu milik BL sendiri ato memang penjual yg nakal, kasus seperti itu sering terjadi di BL dan jg sy alami sendiri. bayangkan berapa lama dari awal waktu yg sudah tersita hanya untuk proses transaksi jual-beli + error sistem & human error.

Anonim mengatakan...

bener asal masukin pelapak.. pelapak bebas ngasih judul "original". padahal dari segi harga gak meyakinkan. murah banget.. kalo pembeli awam pasti bakal ketipu tuh

Stenly H mengatakan...

Halo semua, saya sebelumnya pernah bekerja sebagai CS di Tokopedia selama 8 bulan. Selama bekerja, kita sebenarnya dituntut untuk menyelesaikan setiap permasalahan proses transaksi. Seperti contoh kasus Pak Herman diatas, sebenarnya itu memang adalah kesalahan pihak penjual. Tapi kita sebagai CS hanya bisa membantu pembeli untuk mendorong agar proses pembelian cepat terlaksana.

Namun kadang semua diluar batas kemampuan kita, karena aturan perusahaan menegaskan bahwa penjual berhak untuk "memperlambat" proses traksaksi. Penjual diberikan waktu 5 hari untuk merespon pesanan, jika tidak baru pembelian di cancel oleh sistem secara otomatis.

Di komputer database kita tidak diberikan/tidak punya kuasa/tidak diberi opsi untuk membatalkan/menolak pesanan mewakili penjual.karena perusahaan bisa rugi. Kenapa? karena jika kita membantu pembeli untuk membatalkan pesanan karena terlalu lama menunggu, perusahaan akan kehilangan "bunga" dari dana yang telah disetor pembeli. Yang perusahaan inginkan adalah bagaimana dana pembeli bisa selama mungkin di kas mereka; karena itulah sumber fee mereka.

Tidak seperti di lazada dimana lazada berhak atas keuntungan 2,5%, di Tokopedia penjual mendapat 100% hasil penjualan. Selain dari bunga, sumber pendapatan lain dari Tokopedia adalah selisih biaya pengiriman.

Selama saya pernah bekerja, dalam sehari rata2 ada 1100-1500 proses transaksi di Tokopedia. Jika selisih biaya pengiriman rata2 adalah 4000 rupiah (lewat kurir JNE), silahkan anda kalikan sendiri berapa keuntungan hanya dari situ selama sebulan. Itu sudah jauh dari cukup untuk membayar 8 tenaga CS dan beberapa orang karyawan di bagian akuntan/bagian keuangan di Tokopedia

Demikian yang dapat saya beritahu sedikit tentang Tokopedia

Anonim mengatakan...

Gini lho, bukalapak itu baru berkembang dan makin berkembang dengan memperbaiki kekurangan2 mereka, begitu juga dengan web ecommerce lainnya. Dan kekurangan2 itu juga harus disiasati dengan kompetensi perusahaan (bukalapak) tersebut, perbaikan sistem administrasi transfer, pengaduan dll. Harap hargai juga para CS di setiap e-commerce yang sudah berjuang untuk mengamankan dan memediasi setiap transaksi anda (penjual dan pembeli). Biaya operasional perusahaan ecmmerce juga tidak kecil seperti server, bandwidth, dll.
Inti dari web ecommerce seperti bukalapak ini untuk memudahkan penjual dan pembeli, supaya bisa terjadi transaksi dan aman saling dilindungi.

1. Sistem tunggu seperti 4x24jam itu sengaja dibuat supaya transaksi itu dilindungi, supaya ada kepastian kepada pembeli maka penual diberi toleransi untuk merespon tsb adalah 4x24jam, bukan untuk mengendapkan uang semata. Bayangkan kalau tidak ada maximal toleransi tsb, pembeli akan kebingungan berhari-hari karena tidak ada kepastian dari penjual.

2. Memang total maximal proses tadi seperti disebutkan komentar di atas adalah 15 hari, tapi semuanya bisa jauh lebih cepat kalau pembeli dan penjual saling menghormati satu sama lain. Paling cepat bisa terjadi dalam 2 hari kerja, itu sudah saya alami sendiri ketika beli baterai laptop, malam pesan, lgsg bayar, besoknya barang dikirim, besoknya lagi (lusa dari malam ini) barang sampai di rumah (pedagang masih satu area di jakarta).

3. Kebutuhan penjual adalah dapat memasarkan barangnya dan dagangannya dilihat, dapat diakses oleh banyak "CALON PEMBELI", dan bisa terjadi transaksi nyata dengan pembeli. Dagangan laku, keuntungan mengalir, modal berputar, dapur ngebul.

4. Kebutuhan pembeli adalah dapat mencari barang dengan cepat tanpa harus repot pergi ke suatu area perbelanjaan dengan membandingkan harga yang termurah dari barang sejenis.
Apa saja yang dihemat? waktu, ongkos/bahan bakar, parkir, jajan, tenaga dan macettttt ! Jika itu dijumlahkan semua, jauhhhh lebih murah dan efisien dengan mencari di web seperti bukalapak dan dikirim pakai jasa kurir TIKI JNE dll..

5. Ketika retail suatu negara bagus, maka perekonomian negara itu juga akan ikut terdorong maju. Dan untuk meningkatkan retail tsb, salah satunya adalah dengan website e-commerce karena bisa diakses hingga di smartphone.

6. Saran kepada pembeli (pemula ataupun mahir) adalah biasakan untuk melihat testimoni si penjual, semakin banyak testimoni positif, berarti penjual tersebut dapat anda percayai hingga proses pembelian barang anda selesai sampai akhir. Itulah fungsi adanya testimoni yang sudah ditulis oleh banyak pembeli.

7. Jika ada yg ingin ditanyakan, kirim "pesan" ke penjual, kalau penjual nya bagus, dia akan cepat merespon pembeli. Begitu cara ngetest nya...

8. Inti dalam berjual-beli adalah TELITI SEBELUM MEMBELI. Hal ini berlaku dalam transaksi offline maupun online, di pasar/mall ataupun di website.

akhirul kata, ga usah mikirin uang mengendap dll, itu semua adalah proses transaksi supaya baik penjual dan pembeli saling dilindungi. Kecuali ada banyak kasus dana di dompet virtual anda tidak dapat dicairkan, nah boleh silakan anda ribut bahwa bukalapak melakukan penipuan dll.

wassalam

Herman Tan mengatakan...

Untuk nomor 4 : WAKTU tidak termasuk sebagai opsi yang dihemat. Kalau mau hemat waktu anda bisa belanja langsung di toko fisik! Jika pelayanan 4 hari di toko online, apa yang dihemat? Anda akan gondok sendirian dirumah menanti pesanan anda yang tak kunjung datang.

Anonim mengatakan...

Saya juga baru saja melakukan transaksi kemarin,, Tapi semoga saja saya tidak mengalami hal buruk,karena sy memang butuh segera barang yang saya pesan.

Yande Sudana ask mengatakan...

Saya rugi ini..bli sptu bola verifikasi lama sekali...lporkan ajj kpolisi..

Endy L mengatakan...

Nah gue barusan transaksi ama bukalapak. Nominal dan prosedur udh sama seperti yg mereka bilang
Eh gue cek pesanan ternyata tertulis pesanan kadaluwarsa. Rugi uang sih kaga, tapi ya buat pihak bukalapak hati2 aja kalo perut kalian panas ya
Hahahaha

hayatulloh dayat mengatakan...

Belanja di bikalapak g nyaman..dah seminggu barang kiriman g ada kabarnya,dikasih nomer resi tp vailed g kebaca...contact cs bkalapak g ada jawaban...contact yg punya lapak sm g ada jawaban....untung cm 65rb....apa sih artinya uang 65rb drpd kepercayaan publik di media...bukaalapak payah....

Anonim mengatakan...

Saya seller di BL jg mengalami hal serupa,2 kali barang sdh dikirim ke pembeli dan sudah di terima pembeli langsung. tp sdh 1 bulan uang tidak bisa saya cairkan krn dompet sy di BL msh Rp.0,-. sistem BL PARAHHH tdk sesuai komitmen mereka :

"Jika pembeli tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang dalam waktu 2 x 24 jam sejak barang diterima yang dinyatakan di sistem tracking jasa pengiriman, Bukalapak akan mentransfer dana langsung ke BukaDompet pelapak tanpa mengkonfirmasi ke pembeli".

Itu aturan yang di buat di BL (ket. Transakasi), tp buktinya Shiiii...
jangan pernah BELI atw JUALAN (TRANSAKSI) di buka lapak.
SAYA KAPOK JUALAN DI BL, data barang jualan saya langsung sy hapus semua dr BL, bgtu dompet sy bisa sy cairkan, account akan lgsg sy hapus dr BL.

bertahun2 sy berhubungan dengan E-commerce baru kali ketemu E-commerce paling shiiii...

Apakah ada yang sdh pernah lapor ke pihak terkait atw instansi perlindungan konsumen atw apa gtu??? respon nya gmn ya mereka???

buat sy ini bukan maslah uangny, ndak seberapa sih....mnrt saya kepercayaan itu lebih penting, dan dlm case sy atwpun teman2 di atas BL benar2 tidak bisa menghargai PEMBELI dan PENJUAL.

Desi Kurniawati mengatakan...

Baru abis beli di Bukalapak, kecewa abisssss sm vendor SOLITAIRE SPORT. Gk ada keterangan barang gk bisa dituker tp barang gk boleh tuker. Reseeee abis orangnya.
Mending beli di web yg udh pasti2 aja lah kaya Lazada, Blibli
Lebih jelas.
Pokoknya kalo mau beli di Bukalapak mesti bener2 teliti, dan kalo bisa JANGAN BELI di SOLITAIRE SPORT >>> NOT RECOMMENDED !!!!

Desi Kurniawati mengatakan...

Saya juga baru beli disana. Kecewa berat sama vendornya alias pelapaknya. Ati2 lah buat yang mau belanja di SOLITAIRE SPORT. Gak ada keterangan tidak boleh tukar barang tapi tidak mau tukar barang. Pokoknya intinya hati-hati dan teliti lah.

Anonim mengatakan...

Selamat siang Bu Desi Kurniawati,

Maaf kami tidak dapat melakukan "Permintaan Retur" barang yang Anda ajukan di Bukalapak, karena yang diminta oleh Ibu Desi adalah Tukar barang.

Sebagai informasi:
03-08-15 Ibu Desi memesan produk dari kami via Bukalapak.com.
05-08-15 Setelah menerima barang, Ibu complaint kalau Ibu salah beli produk dan minta ditukar dengan produk lain.

Pada transaksi ini kami telah menjalankan kewajiban kami sebagai seller dan mengirim produk sesuai pesanan. Justru kami yang merasa dirugikan karena secara tidak langsung Ibu Desi menahan dana hasil penjualan kami di Bukalapak.com.

Sesuai dengan aturan Bukalapak:
Pembeli hanya dapat melakukan pengembalian barang (retur) jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang terdapat pada lapak pelapak.
(sumber: https://www.bukalapak.com/faqs/24)

Terima kasih
--
Best regards,
SolitaireSport

Herman Tan mengatakan...

Sadis juga ini para pembeli dan penjual bukalapak malah janjian chating di artikel ini...hahaha

Nasir Romadoni Ahmad mengatakan...

Bagi yang merasa sudah kena tipu,baik seller atau buyer , mari kita bersatu minta pertamggungjawaban dari BL.Yang setuju mari komen , next kita bentuk tim bersama.Setuju saudara-saudara?

Anonim mengatakan...

No. pembelian saya 150805093483. Modus ditelpon petugas bea cukai juga barusan saya alami hari ini. Pasti komplotan ini sedang gentayangan ngincer calon2 korban berikutnya. Ilang deh duwit sejuta. Moga2 BL ikut baca komen ini...

christa kimura mengatakan...

Sya Seller juga di bukalapak.com
Semua barang yg di pesan pasti saya kirim cepat 1x24jam
Tapi uang yg saya cairkan gak pernah masuk ke rekening saya
Keterlaluan malah CS suruh cek ke BCA terus
Padahal saya sudah print buku dll sampai saya kirom bukti mutasi rekening ke CS bukalapak malah tidak di gubris sama sekali
Sudah 3x seperti ini
Tidak ada tanggung jawabnya sama sekali
Bener mending tutup lapak sama jangan belanja lg di bukalapak.com
Gak ada tanggung jawab sama sekali

adip mengatakan...

Kesimpulannya : jgn pernah transaksi di bukalapak....sy pernah komplin ke penjual perihal duit otomatis ditranfer ke bukadompet klo barang gak dikirim lewat dr 4 hr tp jawabannya adalah : namanya jg iklan mas.... dan duit yg ada di bukadompet jg susah dicairkan ke rek.kita pdhal sudah 1 minggu...memang bukalapak ini top soal tipu menipu tp inilah indonesia....everything u do is legal just don't get caught!

farizi mengatakan...

sipp artikelnya bang...
senasib jg sama saya. ditoko pedia
ijin share ya artikelnya..

Anonim mengatakan...

hr ini sy jg kena tipu sm slh satu penjual di bukalapak...
entah gmn ini pertggjwban yg pny situs???
hati2 ja dgn no rek BRI a/ karin aulia

laptopbekasbergaransi mengatakan...

agan / sis anomim saran ane jika beli di pelapak BL.COM
1. jika nominal yg kita beli di atas 100.ribu beliLah di pelapak yg pangkatnya minimal pedagang KEMUNGKINAN TRANSAKSI LANCAR.
2. jika transaksi dibawah 100.ribu masih boleh dicoba bertransaksi masih bisa di kategorikan aman walaupun beli di pelapak user.
3. di saat kiriman kita datang usahakanLah kita yg terima dan apabila nilai barang yg kita beli diatas 500.ribu buka kiriman kita ini langsung di hadapan kurir pengiriman jika sesuai barang yg kita beli baru kita tanda tangan, JIKA TIDAK SESUAI JANGAN TANDA TANGAN.
4. cek barang yg kita beli jika sesuai dengan yg di iklankan, BARU KITA KONFIRMASI TERIMA BARANG, JIKA BARANG BERMASALAH SILAHKAN RETUR / KEMBALIKAN BARANG DI FITUR TRANSAKSI BL.COM.
5. USAHAKAN MEMBELI SEBAGAI USER BL.COM, JANGAN MEMBELI SEBAGAI QUICK BUYER / BELI TANPA DAFTAR.

Herman Tan mengatakan...

Poin nomor 3 anda bermasalah. Kurir manapun (JNE, Pos, dsb) tidak akan pernah mau tahu apa isi barang anda, mau rusak atau tidak mereka hanya tugas sebagai kurir. Yang mereka tahu, barang telah sampai tujuan. Jika anda punya masalah :

"Silahkan menghubungi penjual dan KIRIM KEMBALI barangnya dalam kemasan yang sama, lalu di pack lagi dan kirim ke tempat penjual. Itu langkah-langkahnya"

Kurir tidak akan pernah mau berurusan dengan pembeli dan penjual. Saya SELALU mendengar hal ini dari kurir-kurir yang membawa pesanan saya; ketika saya bertanya akan hal ini.

Anonim mengatakan...

Komplain udah nyampe 1000, tp batang hidung baru nongol. Saran ane, jadilah perantara yg jujur. Klo perlu lapor ke YLKI gan. Kasihan korban-korban mereka berikutnya.

Anonim mengatakan...

Yang paling mencurigakan adanya opsi belanja TANPA DAFTAR. Gimana mau balik duit, klo akun "bukadompet" ga ada? Gak Lucu Deh

Anonim mengatakan...

Mungkin Agan yg Sarjana Hukum atau pengacara bisa bantu perjuangan kita NUTUP BUKALAPAK.

Anonim mengatakan...

(ANDIK)
gan mau tanya, aku mau beli di buka lapak HP lenovo Vibe X2 yg harganya 1jt, padahal harga aslinya 3jt an.
itu AMAN atau PENIPUAN. tolong kasih tau infonya.,
thanks

laptopbekasbergaransi mengatakan...

hp lenovo vibe x2 Rp. 1.juta 99% modus mau nipu, kalau mau coba bisa beli saja transaksi via BL.COM (rekber BL) beli dengan cara sudah menjadi user BL.COM dan harus disertakan ASURANSI VIA JNE / TIKI UNTUK PEMBELIAN TERSEBUT, NOTE KHUSUS: PAKET AKAN DIAMBIL SENDIRI KE KANTOR JNE/TIKI DI KOTA TUJUAN, masih AMAN walaupun 99% bohong, AKAN ADA 2.HAL TERJADI
KE-1 pesanan tidak dikirim.
KE-2 pesan dikirim isinya bohong 99% kemudian kita langsung buka isi paket ini di kantor jne/tiki.
JIKA BOHONG LANGSUNG RETUR SAJA ISINYA TIDAK SESUAI YANG DIBELI.

UANG PASTI AMAN 100% AKAN KEMBALI KE DOMPET USER BL.COM

Adella firzha rianti mengatakan...

Saya sudah 5 hari paket saya juga belum datang dari Bukalapak saya sangat khawatir dengan masalah jual beli online. Saya transfer tanggal 14 agustus, tetapi belum sampai juga sampai hari ini. Saya makin pusing cara kalau begini bukalapak penipu apa bukan sih???? Ya walaupun saya hanya memesan Ring Case Glow In the dark seharga 48.000 termasuk ongkir nih gan. Tolimg bantuannya ya gan ini No. Transaksi saya via SMS #150813136167

Anonim mengatakan...

Adella firzha rianti_ sabar, mungkin saja sipenjual baru mengirimkan barang karena beberapa hari digunakan untuk barang mencari pesanan Adella.

ALL_ Menurut saya semua situs jual beli online saling mencari trik untuk mendapatkan keuntungan perusahaan, dan hal ini sangat wajar.
Siapa sih yang mau bekerja tapi tidak diberi upah ????

Masalah penipuan di situs "Jual Beli Online" mana saja bisa terjadi, contoh di Lazada atau Bhineka.

Kita sebagai penjual, terlebih dahulu mengemas/paketin barang dagangan kita dengan dus yang sudah diberikan/disediakan oleh pihak Lazada.

Nah seandainya didalam dus tersebut saya isi batu atau potongan kayu balok, atau sabun, yang sesuai beratnya dengan berat HP pada umumnya 300 s/d 400gram, memangnya pihak Lazada tau dan mengecek barang terlebih dahulu?
Jawabnya tentu Tidak !!!!

Jadi kita tidak perlu terlalu memojokkan satu sama lainnya, dan yang namanya penipu dimana saja bisa terjadi dengan beribu trick/cara mereka sendiri, dan tidak perlu kita pojokan satu pihak.

Masalah transferan telat, maklum/lumrah, karena ratusan ribu orang setiap harinya melakukan transaksi di Bukalapak, dan ini terjadi juga kepada pedagang dan bukan hanya terjadi pada pembeli saja.

Maaf saya berkata begitu karena saya pedagang disemua situs Jual Beli Online, dan yang saya ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi.

SALAM KOMPAK SELALU.
prajaclass

ERIX Pranna mengatakan...

Saya sangat setuju sekali dengan coment temen2 diatas,,,karena hal tersebut sudah saya alami. sewaktu pengenbalian uang saya dikenakan biaya transfer,,,kemudian waktunya jg lama banget. d\jadi say sangat merasa dirugikan,,,udh barang ga dapet,,,uang dikembalikan pula. dan yang anehnya lagi,,,masa buka lapak ga punya nomer telp yang bisa dihubungi,,,,aneh ga tu.menejemen macam apa ne!!!!!

Anonim mengatakan...

Di semua OL shop pasti ada penipunya. Ane udah coba dari *bay dan *liexpress.
First of all, jangan tergiur harga murah/banyak bonus.
Kedua, cek reputasi(googling). REPUTASI! Sayangnya di indo buyer ga dikasih reputasi juga. Padahal konsumen ada jg yg rese.
Ketiga, cek barang baik2 dan tanya macem sampe puas!
Nah segitu aja, ane beli 2 transaksi di BL dan FJB kaskus 3 transaksi. Hmm.. aman2 aja tuh, hehe.

yasin yasir mengatakan...

laporkan aja ke kepolisian gan, siapa pun merasa dirugikan bisa melapokan ke kepolisian. Kepolisian akan menindaklanjuti berdasarkan laporan tentu dengan laporan yang benar serta bukti yang lengkap.

Inilah lemahnya pembelian model begini, uang dikirim tapi barang tidak sampai-2. Harusnya hari ini kita kirim dan konfirmasi dibalas menunggu 2x24 jam. Selain pasang iklan gratis di BL tentu ada keuntungan untuk BL. Semakin lama konfirmasi dari BL tentu akan merugikan BL sendiri.

Saya beli barang melalui web komersil ada alamat lengkap dan no yang bisa dihubungi, Hari ini saya konfirmasi transfer 2 hari kemudian barang saya terima sesuai yang saya pesan.
BL harusnya punya sense of after acton (kepekaan setelah kejadian)

Kasihan kepada pedagang yang berniat berjualan beneran, juga kasihan pembeli yang benar-benar sudah percaya beli barang online via BL.

Owner BL dan staffnya harusnya mempunyai tanggung jawab moril bila ada kejadian yang merugikan customernya. Karena BL adalah perantara (makelar) secara tidak aktif tetapi menguntung dengan sistem yang dibuat.

Bila BL dapat menguntungkan tetapi konsumen (customernya) mengalami kerugian maka sangat tidak profesional BL menjadi perntara JUAL-BELI ini,
Kalo mau besar menjadi berita laporkan aja kerugian (penipuan) yang dilakukan member ke kepolisian juga bisa ke pihak media televisi.

BL sudah benar melakukan tugasnya sebagai PERANTARA JUAL BELI di situsnya. Akan tetapi BL juga harus mengevaluasi kebijakannya agar kejadian yang dapat merugikan konsumen juga merugikan BL itu sendiri di mata masyarakat online yang sudah mempercayainya.

Ikuti saja peraturan sah jual beli di BL agar tidak terjadi hal-hal kerugian menimpa pelaku pedagang dan pembeli.

Masalah lamanya konfirmasi atau aturan sesuai prosedur itu artinya pembeli sudah mengetahui aturan mainnya.

Masalah SDM atau kebijakan BL yang kurang menguntungkan bagi konsumen tetapi menguntungkan bagi BL itu saya kira sah-sah saja, hanya saja BL harus meninjau ulang kebijakannya dalam membuat aturan yang mungkin masih lemah,.

Krtikan itu perlu tapi yang masuk akalah. Bagi yang tertipu mohon harap sabar, jika sampe batas waktu tidak ada kabar silahkan lah bertindak dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah BLsebagai perantara JUAL-BELI ini, tetapi tidak berlaku apabila aturan main di BL tidak dilakukan. Karena kita ikuti aturan mainnya (di BL) maka dapat kita mintai pertanggung jawaban secara sah sebagai HAK KONSUMEN.

Herman Tan mengatakan...

2 KELEMAHAN UTAMA BL adalah :

1. tidak punya hotline/layanan telepon. Jadi satu2nya cara menghubungi mereka adalah lewat email yang hanya akan dibalas 1x dalam 1 hari karena mereka beralasan bahwa mereka sangat sibuk karena harus menjawab ribuan email masuk.
2. Mereka tidak punya KANTOR PUSAT. Memang tidak masalah sih, tapi masa MALL ONLINE segede BL tidak ada KANTOR FISIK untuk membuat masyarakat yakin? Banyak toko2 online kecil-kecilan malah ada toko fisiknya (ruko). Masa bukalapak tidak punya alamat jelas?

Ini saja sudah membuat calon pembeli ragu dengan pelayanan pasca pembelian di BL. Sukur2 dapat penjual bagus, transaksi cepat selesai. Tapi kalo engga? Selamat menungu 7x24 jam untuk mengembalian uang ke saldo bukadompet anda.

abdul kodir mengatakan...

Beruntung gw belum transfer.. makasih buat sahabat2 atas info dan komentarnya.. sangat berguna.. ingat secepat apapun kebohongan(penipuan,dll) berlari, kebenaran lah yang akan lebih dulu tiba

Zoy mengatakan...

wah ternyata disini ramai juga komplainan.perkenalkan saya seorang seller di bukalapak,feedback saya sudah 100 lebih,selama ini saya bertransaksi dengan banyak konsumen,tidak ada masalah,untuk masalah pencairan memang membutuhkan waktu,saya berusaha melayani pesanan pelanggan dalam waktu 1x24 jam setelah notifikasi masuk.memang saya rasa masih ada beberapa kekurangan dari sistem bukalapak,yah saya sebagai seller berusaha memaklumi,saya jg seorang buyer ebay sudah beberapa tahun,dan ebay pun senantiasa membenahi sistem mereka yang belum sempurna,akhir kata kepada kawan2 untuk berhati2 dalam memilih seller dalam marketplace tp tolong jangan judge semua seller tidak jujur,karena saya yakin masih banyak seller2 di marketplace online indonesia,khususnya bukalapak.com yang memiliki nurani dan etika kejujuran.mungkin sebagai saran saya,kedepannya bisa memberikan untuk verifikasi seller,sehingga calon konsumen bisa lebih merasa nyaman dan aman berbelanja dibukalapak.terima kasih

Diaresty's Blog mengatakan...

Saya harus transfer sblm pukul 00:31 besok dini hari. Bgaimnaa ini? Saya bingung mau transfer apa ngga :(

Supanji Pranoto mengatakan...

Saya barusan membatalkan niat saya untuk membeli beberapa barang komputer yang rencananya akan saya rakit sendiri. Betul kata TS, jika sial ketemu penjual lelet mending beli di toko fisik saja.

santo mxs mengatakan...

Ane juga abis kna tipu pihak penjual n pihak bukalapak sama2 bajingan semua, bakar aja bukalapak_ *fuck*

Ronny Rombe Payung mengatakan...

Jangan percaya yang namanya RANGGA KURNIAWAN di Buka lapak.. Dia ini seorang penipu..kemarin sy pesan bahan bacan doko yg sy lihat di buka lapak tp barang yg dikirim tdk tahu batu apa hancur kaya garam kasar... Berikut identitas.. NAMA RANGGA KURNIAWAN.. REK. Bank BCA (8490130994 ats nama RANGGA Kurniawan)

Ronny Rombe Payung mengatakan...

Saya juga baru beli bongkahan bacan doko di buka lapak...katax asli padahal PALSU...Nama telapak RANGGA KURNIAWAN NO. REK.(8490130994)

Anonim mengatakan...

Bukalapak memang asu Gan, sudah susah2 payah bikin toko,punya feedback positif banyak tiba2 toko kami di tutup tanpa alasan yg jelas, lha mbok info dulu alsannya kenapa masa hanya berdasar org lain lapor, bisa jadi khan kompetitor yg iri terus bikin lapor brg2 di toko ane.udah terlanjur posting bnyk barang dengan diskripsi komplit dan foto2 asli...eh toko ditutup.bukalapak memang ASU.....

Ferdawati mengatakan...

Barusan saya lagi sial setelah belanja di Tokopedia, penjualnya malah salah kirim alamat.

Anonim mengatakan...

Ane belanja di bukalapak tapi resi yang dikasih bodong alias tidak terdaftar di JNE. Complain ke penjual g direspon, apalagi belanja g pakai akun

Sombrero LaptopParts mengatakan...

Menurutku, tidak fair kalo nyalahkan bukalapak atau tokopedia. Mereka kan hanya berusaha nyediakan lapak online, (sambil cari untung tentu, namanya usaha). Selanjutnya orang2/masyarakat penjual dan pembeli yang berinteraksi. Kalau ada banyak kecurangan, itu tandanya orang sini mmg banyak yg kurang bisa dipercaya, tidak trustworthy, akhlaknya rendah. Yang salah ya masyarakat itu sendiri, bukan salah bukalapak atau tokopedia.

Anonim mengatakan...

Anda semua yakin yg telpon ngaku dari bea cukai asli pegawai bea cukai ?? ini sih Modus LAMA...!!!!
yg ada barang belum dikirim ,dan yg ngaku dari bea cukai ya Penipu juga....
kalau saya,ada yg ngaku bea cukai,suruh aja datang ke rumah(itupun kalo berani,paling berani lewat tlp saja).
skalian datang langsung laporkan polisi .

-sebaiknya laporkan ke polisi dan ke Bank Tujuan transfer(rek Buka Lapak (sertakan bukti2 transfer,apalagi jika sudah lewat dari waktu ketentuan pengembalian dana).

-Rekening Buka Lapak Bisa di Blokir oleh Bank

TAN HANA DHARMA MANGRWA mengatakan...

Wasapadai BUKALAPAK>com dan antek anteknya menipu anda.....
KASUS SAYA.....KATANYA SALAH KETIK BERAT BARANG, JADI PELAPAK RUGI MENGIRIM, ITUKAN TANGGUNG JAWAB DIA, KITA BUYER KAN HANYA MEMBAYAR SESUAI SISTEM YANG ADA, LALU LENYAPLKAH UANG SAYA ENTAH KEMANA RIMBANYA, SI BILLY DIHUBUNGI DI EMAIL, NTAR SOK.,...NTAR SOKKKKK,
Peteradi Christian Zendrato Bukalapak.com, tolong nomor transaksi 150904113039, pembelian bass gitar kepada sdr lana, sudah dibatalkan , jadi mohon uang yang Rp.594.000 nya dikirimkan ke dompet Peteradi christian zendrato emailnya Yudhaputraunimed@gmail.com, karena pembelian barang gitar bass itu dengan no invoice 00a1RRRC , tanpa login ,jadi kan nggak mungkin uangnya masuk ke dompet tanpa login, solusinya email sudah kita berikan, seharusnya uang tersebut bisa dimasukkan ke dompet saya, karena no pembelian dan transaksi saya yang tahu, agar ditindak lanjuti , jika tidak saya merasa bukalapak denga n sdri lana telah menipu saya, dengan alasan salah ketik ongkos kirimnya, dan itu bukan salah saya, karena sistimnya kan online, kita hanya mengisi sesuai instruksi yang ada.....agar ditindak lanjuti, ditunggu.......
No rekening dan bukti copy pengiriman sudah kita kirimkan,ayo dong tunjukkin bahwa bukalapk.com ini profesional dan dapat dipercaya. No HP saya 081376484878 an.peteradi

Tgl 14.....Hi Tan Hana Dharma,Terima kasih telah menghubungi Bukalapak.com.Setelah dilakukan pengecekan untuk nomor tiket pencairan C2544965 . sudah dalam list dan masih dalam proses oleh tim kami. Mohon ditunggu paling lambat 2x24 jam ya. :)Terima kasih atas perhatiannya, jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami kembali.

On Tue, Sep 15, 2015 at 7:56 PM WIB, Tan Hana Dharma Mangrwa wrote:

Nama pemilik rekening :PETERADI CHRISTIAN ZENDRATO
Nama bank :KANTOR BRI 5324 UNIT NAMORAMBE MEDAN SISINGAMANGARAJA
Nomor rekening :5324-01-006274-53-1
Foto Bukti pembayaran transaksi 150904113039 :
No HP saya 081376484878, mohon di info jika sudah dikembalikan dana yaa,.......
ini pengiriman data ke 3 sesuai permintaan BUKALAPAK,COM, jangan bilang belum dikirim yaa

Bagi yang berkompeten mohon bantu kita, bukan soal duitnya, namun cara sistem dan personil di Bukalapak.com , menggambarkan mentaliteit kita bagaimana kita mau berbisnis online sampai tingkat dunia contoh Alibaba.com, itu lagi No HP 08568574952,dari BL.Com kalau kita pesan barang, langsung cepat untuk perintah bayar ke bukalapak.com, giliran uang kita berkasus dihubungi soal kasus pengembalian uang dari BUKALAPAK.com, nyahutpun nggak tuh handphonenya, nah inikan indikasi BUKALAPAK.COM ini penipu,......alamat Costumer Service nyapun, tanpa nama orang yang dapat dihubungi......udah deh cape deh...........sama si BILLY Care penipu

Unknown mengatakan...

untuk sementar saya belum ada kena masakah ame bukalapak ada 12 x pembelian blom pernah mengalami masalah terakhir saya beli knalpot motor paling lama 5 hari dah sampai barang kerumah,, ada jg yg ditolak tp pengembalian dana gak sampai 12 jam,, itu dari saya sihhh.. yang lain gak tau

Play In Heaven mengatakan...

jd ngeri ni mau jual Ol -_- minta saranya dong min Fjb Apa yg resikonya minim

naufal Shidqi mengatakan...

Saya jam 10 pagi tadi sudah transfer uang ke rek. BL, pembayaran sudah sukses, tapi sampai sekarang barang belum di kirim, saya takut ni gan... :(

S Santoso mengatakan...

karna nila setitik rusak susu sebelahnya ... dimana2 (marketplace) pasti ada cacatnya
be a smart buyer , jangan karna tergiur harga murah dan ga masuk akal malah jadi amsiong dan rugi waktu
penjual yang nggak fast response tinggalin ...

laptopbekasbergaransi mengatakan...

asal rela saja uang mengendap di BL , ratting bagus termasuk mengendapkan uang, fakta gue ada 1. fakta bukti kongkret.

laptopbekasbergaransi mengatakan...

bukalapak emang paling TOP mengamankan uang

laptopbekasbergaransi mengatakan...

bukalapak.com emang TOP BANGET MENGAMANKAN UANG

laptopbekasbergaransi mengatakan...

sudah jelas pembeli yg salah beli barang dan sadar bahwa salah beli, akhirnya transaksi dipending pencarian nya, dengan ALASAN AKAN MENGKONFIRMASI KE PEMBELI, BL sendiri yang buat aturan PEMBELI TIDAK DIPERKENANKAN RETUR JIKA BARANG YANG DIBELI SESUAI DESKRIPSI.
BL CUMA PIHAK KETIGA, JIKA PEMBELI SUDAH TERIMA BARANG, UANG ITU HAK NYA PENJUAL, JANGAN DI ENDAPKAN.

duddy sutardiyanto mengatakan...

Oh gitu ya, saya juga pernah beberapa kali transaksi di buka lapak , dan alhamdulilah gak ada masalah sama sekali , malah barang sehari sudah di kirim besok nya sampe. dan pernah juga mengalami penjual tidak mengirim barang , dan pada 4 x 24 jam dengan jam yg sama langsung dana di kembalikan dan di konfirmasi lewat email , trus kita tingal validasi aja . besok nya duit udah nyampe kerekening saya ... saya rasa buka lapak sekarang sudah lebih baik munkin system nya . dari pada dulu , karena ketika kita bayar kan , status transaksi sudah langsung sudah di bayar tanpa kita konfirmasi .

Putria Rizqilla mengatakan...

Ada yg pernah ga jual sesuatu di bukalapak tapi salah no rekening. Kelebihan angka. Tapi dibales emailnya lama bgt. Bilang nya dana sudah dikirim ke rek. Kalau rek salah kan pasti gabisa masuk. Kok ga ada konfirmasi dari pihak bukalapak terkait hal tsb ya. Saya bingung. Kalau salah rek ya harusnya dikasih tau. Saya udh nunggu2 berhari2. Kalau ada yg pernah kasusnya sama sprti ini. Tolong bantu ya solusi nya gmn

Snow Linux mengatakan...

Pengalaman saya di bukalapak terakhir kali adalah, saya beli karpet mobil, itu beratnya 7kg, jadi saya bayar lah ongkir JNE sebesar 68 rb. Tapi ternyata barangnya dikirim pake Go-Jek (ongkir 10rb). Saya tau Go-jek cepet sampe tapi saya juga mau sabar dengan JNE.
Intinya ada sisa Ongkir dan saya rasa itu hak saya.
Tapi penjualnya ngeyel tidak mau balikin sisa. Email ke CS buka lapak tidak ada gunanya, karena CS buka lapak tidak bisa membuat keputusan. CS malah minta ijin ke penjual agar bisa refund sisa ongkir saya. Tapi tentu saja Penjual beralasan macem-macem sehingga CS tidak bisa mutusin. Akhirnya tidak ada keputusan, karena saya juga sudah cape berargumen via email.

Menurut saya CS BL harusnya mutusin mana yang haknya penjual dan pembeli, bukan jadi moderator doang. Dan kalau pembeli di rugikan ya bela lah pembeli.

Ah ya sudahlah. Saya udah tutup account juga di BL dan gak akan belanja lagi di sana.



bogat bulu mengatakan...

saya barusan bertransaksi pagi ini dgn Pihak BL.saya membeli Sebuah BB Dakota dgn harga 1.2 Juta.ini pertam kali sy berbelanja di BL.saya harap tidak ada masalah Ya Allah..

Anonim mengatakan...

saya juga seller dibukalapak tp saya ngak pernah aktifkan dompetnya. karena dilapak selalu saya cantumkan facebook fanpage agar pembeli bisa melihat ke fanpage dan bertransaksi langsung dengan saya. yg saya herankan masih saja ada pembeli yg bertransaksi melalu bukalapak.

hakekat jual beli itu harusnya antara penjual dan pembeli bukan melalui pihak ketiga. lebih baik saya jualan di olx dan kaskus.

dimas dwi mengatakan...

paling susah klo pencairan dana buyer salah transfer ato nominalnya kurang...buseeeet dah ga dikirim ke rek buyer langsung malah didompetin BL

Tung Riyadi mengatakan...

hemm maaf saya seller di bukalapak, selama ini apabila uang yang masuk ke bukalapak dari hasil jualan emank lgsng masuk dompet bukalapak, karena saya pakai aplikasi bukalapak, saya langsung tauk uang masuk atau tidak ada update notifnya, bgt masuk saya langsung cairkan, palink besok hari lsng cair tanpa kurang sepeser pun, bgtu juga dengan tokopedia

saya pernah juga berbelanja di toped, dan barang yang dibeli dia bilank tidak ada, bsknya lsng duit balik ke dompet toped saya, lsng juga saya masukin ke rekening saya, lsng masuk tanpa basa basi masukin ID tetek bengek, soalnya saya akun saya sudah didaftarkan

lalu untuk bayar membayar menurut saya kode unik di belakang hanya untuk yang bayar pake atm bca lsng, tp klo klik BCA gak ada kode unik bla bla...klo kode unik di belakang menandakan bukti aja, klo uang berbunga untuk toped ya ud lah menurut saya, ya situ pikir aja toped dan bukalapak dpet duit dari mana
loh uang kita kan balik , kenapa sih kita repot, toped atau marketplace sejenisnya suda berusaha berikan layanan jual beli online dengan jaminan uang balik, why not, apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yahh baru kita lapor
be smart aja buyer, kalau respon lama lsg cabut aja, soalnya mgkn dia s
menurut saya market place seperti toped dan bukalapak cukup membantu si, tergantung juga , apabila seller atau buyer tukang tipu, tpi saya tidak merasa uang saya ditimbun atau gimana2

ya itu menurut saya pribadi apabila penjual nya emank tukang tipu, sperti respon lama atau gimana lsng tinggalin saja , soalnya kl untuk seller, apabila ada notif itu akan muncul di hape apabila ada aplikasinya atau email kalau sudah terdaftar

Anonim mengatakan...

tambahin ah : tasyasonlineshop
buyer beli perdana bolt 8gb dengan metode pengiriman via Gojek dan sudah dikonfirmasi bisa ke seller melalui pesan. Bayar 22okt15 13:an sampai tulisan ini dibuat 23okt15 14:00 tidak terjadi perubahan status pembelian masih dibayar (alias belum dikirim).
Sangat lama untuk pembelian perdana yang biasanya seller lain lebih cepat responnya dari seller tasya ini.
Dikirim pesan tidak di respon sejak pesan pembayaran saya informasikan ke seller.
Minta di batalkan ke bukalapak tidak bisa.
Kirim pesan ke seller gak dibalas-balas.
Lama ajah.

HAM DAN mengatakan...

masalah pencairan pasti lama

Pengalaman belanja bukalapak mengatakan...

Yang pasti buat agan-agan yang pengen belanja di online marketplace jangan sampe kerayu buat transfer duit langsung ke seller, ikuti aja rulesnya untuk transfer via rekening resmi toko onlinenya. Alhamdulilah sampai har ini belum pernah mengalami penipuan saat belanja baik di bukalapak maupun tokoped

Mutiara Nur Fitria mengatakan...

Saya baru aja mau belanja di BukaLapak karena dapat voucher 100k dari BukaLapak karena menang kuis, tapi liat ini jadi ragu, tapi sayang vouchernya 😨 God help me 😭

Anonim mengatakan...

Yg anda alami sama seperti saya jg..g pcry lg sm BL..

Anonim mengatakan...

sampai saat ini aman aman saja saya jual dan beli dibuka lapak. cairkan dana nya jg gak lama" amat. ato emang hoki kali ya.

Dony Fischer mengatakan...

Paling AMAN adalah OLX dengan cara COD , biar ga beli kucing dalam karung

cepres kempus mengatakan...

Kena tipunya gimana gan?
Duh Kemaren saya baru transfer

Anonim mengatakan...

sepengetahuan dan pengalaman saya, belanja dibuka lapak AMAN-AMAN SAJA, tebukti 18 kali saya transaksi 16 kali berhasil, dan 2 kali transaksi gagal dan dananya langsung diinfokan melalui dompet bukalapak, bahkan penjual sendiri yang infokan melalui pesan pelapak. dan saya fikir 2 kali gagal itu juga kesalahan saya, karena sebelumnya saya tidak tanya kesediaan barang tersebut pada penjual.

penyu clothing mengatakan...

wah ngeri juga..
ane juga abis transaksi nyari hp, dikasih waktu transfer sampai besok..

di situ dikasih kode unik 3 digit (992)..
ane langsung mikir, ini kode unik hampir 1000 rupiah..
kalau dikali berapa orang yang transaksi hari ini kan lumayan income BL dari kode unik doang.. walaupun kode beda2..

alasannya emang masuk akal. biar gampang verifikasi..
ini mah namanya pembodohan buyer..

coba kalau alasannya untuk administrasi BL atau untuk ongkos parkir.. sekaligus kaitan verifikasi.. kan lebih enak

udah prosesnya lamaaaa..

1+4+ waktu ekspedisi = ?? (kalau lancar)

kalau emang bener dana sengaja ditahan2 biar lama mengendap nyari bunga ya emang bangsat bin sampah si owner BL..

ah cancel aja lah transfernya..

maurice l mengatakan...

Syukurlah saya sejauh ini belanja di bukalapk.com aman2 saja..

Anonim mengatakan...

Sy sepakat dg Dony Fischer mending COD karena pembeli bisa melihat langsung kondisi barang sesuai yg diinginkan. Dengan demikian syarat sah jual beli sudah terpenuhi: ada pembeli, penjual, dan barang yg diperjualbelikan, lalu ijab qobul (serah terima). Kalo di toko online hanya cukup dengan melihat foto saja terkadang tanpa sepesifikasi yang lengkap sehingga menimbulkan celah adanya penjualan barang reject dg harga barang dalam kodisi normal/bagus, bahkan yg terburuk bisa menjurus kepada penipuan. Apalagi kalau melalui pihak ketiga prosesnya akan berbelit-belit dan menyita waktu. Oleh karena itu bijak lah dalam membeli barang.

Fazri Rahmadhan mengatakan...

Seller kan bisa bohong gan, misal kita tanya pasti dia jawabnya ada walaupun sebenrnya barangnya nihil/ ga ada

angga arifin mengatakan...

Saya baru kemaren transfer 3juta. Saya inbox seller terlebih dahulu. Seller bilang ready kmudian saya membeli barang tersebut selang beberapa jam resi sudah diinput tp tidak valid malah akun saya di hack dan uang saya yang ada di dompet buka lapak telah hilang. Saya bingung saya hubungi cs bukalapak saya hubungi policybukalapak tapi sampai saat ini blm ada jawabannya. Gimana ya menurut kalian apa uang saya bisa balik. Uang 3juta gak sedikit dan sangat berarti buat saya mau saya cairkan malah hilang. . Akun fb. Email . Dan buka lapak telah di hack oleh seller yg saya pesan barangnya. Keterlaluan. . Dari bukalapak gak ada tanggungjawabnya juga

baker gyver mengatakan...

Saya juga merasa tertipu oleh seller a.n TOKO KOMANDO. toko komando memasang iklan multitool gerber black dengan harga cukup murah. Setlah ditransfer utk pembayaran,ada pemberitahuan dari seller bia sms bahwa" yg warna hitam habis,ada juga yg camo". ,(seller hanya menyebutkan warna tanpa menjelaskan spesifikasi barang)
Karena saya berfikir itu hanya beda warna,maka saya jwb "oke".
Setelah barang diterima,ternyata itu barang abal2 tanpa merk dg kualitas tidak jelas. Saat dikonfirmasi ke TOKO KOMANDO,sms ,telfon tidak di gubris. Kelihatannnya Toko Komando sengaja memajang iklan dg barang lain dan sudah dipersiapkan barang yg berbeda untuk dikirim kepada buyer.
Akhirnya saya masuk ke websitenya Bukalapak selaku fasilitator jual beli. Disitu ada kolom pengaduan kemudian pengembalian barang
Tapi itu adalah sistem yg sudah di setting untuk menjebak.
Untuk bisa mengajukan klaim pengembalian barang, harus klik "pernyataan barang diterima". Kemudian ada opsi feedback penjual .Ada 2 opsi negatif/positif.Dan karena kealpaan,tidak ada yg saya klik.
Saya hanya mengklik "pernyataan barang sudah diterima".
Dan..kita lihat apa yang terjadi..
Jawabannya adalah "Anda memberi feedback positif" (dan itu tidak bisa diubah)
Selanjutnya segala macam komplain,keluhan,caci maki TIDAK ADA YANG DI GUBRIS. Karena barang sudah dinyatakan diterima.Urusan dianggap selesai.
Jelas ini ada kerjasama penipuan sistematis antara Bukalapak dan Seller. Kebetulan pengalaman saya order barang dg Toko Komando.
Begitu juga saat saya minta penjelasan via sms ke toko komando perihal barang yang dikirim tidak sesuai iklan, juga tidak digubris..
Biasanya para simpatisan Bukalapak akan mengeluarkan kata2 sakti"Berharap barang bagus,tapi dengan harga murah".
Ya kl gitu jangan pasang iklan barang bagus dengan harga harga murah,!! Ini JELAS2 PENIPUAN. Bagi yg mau belanja via Bukalapak agar hati2.khususnya Toko Komando yg punya otak tipu.

Rahmad Widodo mengatakan...

Betul kata mas Fahri, saya juga ngalamin. Sebelum beli saya kirimi pesan penjualnya mengenai ketersediaan stok. Jawabannya ready, setelah transaksi gk dikirim2. Saat ditanya lagi katanya barangnya rusak. Aneh juga sih punya barang jualan tp gk tau kondisinya. Ada juga yg ngotot pesanan gk mau dicancel padahal barangnya gk ready sesuai pesanan.

Mickle mengatakan...

Maaf untuk no yg bisa di hubungi untuk bukalapak ada om. Soalnya saya udah pesen tp sampai sekarang dp untuk barang saya pesen saya minta balik blm di kembalikan om? Barangnya gak jadi bisa kirim soalnya om?

Herman Tan mengatakan...

Sudah ada tuh nomor kontaknya di websitenya bagian paling bawah. Mungkin setelah mata-mata mereka membaca artikel ini baru nyadar semua kelemahan nya. Baguslah, kadang sebuah artikel yang berisi kritikan juga bisa membangun.

ydem.blogspot.com mengatakan...

beda bro..a beli di BUKA LAPAK aman-aman j, pernah barang yg diiklankan g sesuai a balikin uangku juga kembali,...untuk karya anak bangsa cukup baguslah...kl a dukung terus BUKA LAPAK dan Belanja ON LINE sejenisnya, biar terus berkembang & berkembang semakin baik lagi..

bunda ayah mengatakan...

Aku kemarin uda teran sasksi pake cc tp setiap di cek barang nya blm " di krm jg ,
Mudah"han aja lancar kl gagal juga bs di kembalikan lg ke saldo cc ak

Anonim mengatakan...

saya member di bukalapak... saya jualan,,, dibeli...transaksi lancar...gak ada masalah... tinggal kitanya yang pintarr...kalau pelapak... atau pembelinya kurang pintar ya begitu hehe

herbas mengatakan...

saya kebetulan jualan di bukalapak juga. tapi yg saya alami selama ini ok-ok aja tuh. saya malah menunda2 untuk pencairan dana. hasil penjualan. mohon maap bukanya ndak perlu duit, akan tetapi agar duit saya tidak cepat habis aja kalau langsung masuk rekening.

pernah pula pesan barang ke sesama pelapak. perkiraan saya barang akan saya terima 2 hari kemudian. tapi ternyata esoknya barang langsung datang.

Anonim mengatakan...

Saya selama ini cm sebagai buyer saja di BL. Selama ini pula tidak ada masalah di beberapa transaksi pembelian. 2-3 hari barang sampai kerumah. Bahkan sudah sering transaksi.

Anderas Bertananda mengatakan...

Kmren baru trnsaksi d BL status d bayar..ampe skrg malah aplikasinya katanya d blokir..jd gk bisa mantau..itu knp y apa error online BL nya atau sengaja..mana trnsaksinya gk pake dftar akun lagi..hadehh how stupid im

dada gada mengatakan...

Walah..ternyata bnyak yg mengalami juga..saya barusan trnfer order sesuatu..tapi ga jelas rimbanya..ngk ada konfirmasi yang jelas..waduhh..gmna ini bukalapak mesti dilaporkan..kalo tidak bisa semakin bnyak rakyat indonesia yg tertipu..

Anonim mengatakan...

Aduh aku tadi jg baru aja transfer ke BL. Semoga aja gg ada msalah apa2 kedepannya. Statusnya !sh dbayar aja belum dikirim2 jg sampai sekarang.

Anonim mengatakan...

kemarin belanja di laz*d* ane sukses.
barusan ane nyoba di BL sdh transfer, pas lihat beginian ngeri banget....haduuuhhhh... gak bisa tidur nih kalo gni caranya.,,.,,.,.,,.,

Anonim mengatakan...

saya baru beli kabel scanner Hp di bukalapak hanya 24jam barang sudah sampai (memang pesan paket kilat). saran saya dimanapun belanja online hindari aja transaksi jutaan atau walau hanya ratusan ribu untuk menghindari penipuan yang tidak diinginkan.

Sis Habib mengatakan...

Kalo ngerjain kita gantian ngerjain aja yg kita curigai mau nheejain kita. Jangan mau kalah... saya jg tdi pagi sudah transaksi transver lewat indomaret bsok2 saya kabari kalo memang dah sampai atau ada kendala dan unsur lain. Ceri tau siapa pemilik dan apa memang tujuanya dia bikin bl ini untuk mengendapkan uang pelanggan atau tidak... kalau ternyata benar ya urusanya bisa bahaya... dia main diduni maya... saya mainan dunia ghaib... impas aja nanti... saya g perna memihak dan saya jg g mau dirugikan... sekian an terima kasih

Anonim mengatakan...

ternyata spt it modusnya. saya juga sdh melakukan transaksi di bukalapak dan lunas pembayaran tgl 17 desember 2015. sampai skrng statusnya belum dkirim. ah payah. moga bukan penjual fiktif deh. moga user lain lbh bijak memilih penjual online

Anonim mengatakan...

udah 2 kali transaksi di BL, gak ada masalah. Mungkin transaksi gw cuma ratusan ribu aja. Coba kalo sampe puluhan juta, gw yakin masalah PASTI timbul kaya korban2 di atas gw yg jumlahnya segitu banyak.
GW mao nyoba terus transaksi di BL, sapa tahu salah satu masalah seperti korban2 di atas menimpa gw, tapi tetep aja gak berani bertransaksi sampe jutaan kl belanja OL. Mengerikan bro....

Anonim mengatakan...

TERBARU, BELANJA DI BUKALAPAK.COM
Awal Desember belanja di bukalapak untuk pembelian handphone xi***i, sampai batas waktu 4 hari tidak ada respon dari penjual, tiba tiba malam hari sebelum habis jam toleransi pengiriman, penjual memasukkan resi yg artinya barang telah dikirim (sedikit lega), namun sehari setelahnya tidak ada histori pengiriman yang artinya itu adalah RESI BODONG. RESI yang dibikin bikin untuk mengelabui pembeli, masalahnya saat saya mengirimkan pesan untuk cancel saja jika barang kosong tidak ada tanggapan sedikitpun dari penjual. akhirnya saya memutuskan telp ke CS 1500350 dan diangkat saat itu. CS bilang disuruh menunggu 3 hari dari input resi, selama 3 hari menunggu saya selalu kirim pesan kepada penjual dengan sopan tentunya untuk meng cancel transaksi saya, dan HASILNYA NIHIL. TIDAK ADA RESPON SAMA SEKALI. Perlu diketahui, penjual memiliki reputasi bukan sembarangan, reputasi yang dimiliki adalah 'JURAGAN'. Akhirnya di hari ketiga karena tidak ada kejelasan lanjutan, saya kirim email ke bukalapak namun diluar dugaan, balasan yang kami terima adalah suruh menunggu lagi, bukan hanya itu dalam 2 hari tsb nomer telp CS bukalapak tidak bisa dihubungi (sangat mengecewakan). tidak mau tau, setiap hari saya email terus menerus, hingga akhirnya uang saya refund 100%.
Yang membuat saya kecewa adalah kok seperti ini market place yang katanya sudah terkenal di indonesia, pelayanan service yang sangat mengecewakan, super lambat dan se olah olah santai saja tanpa ada beban sedikitpun. TIDAK ADA UPAYA PENINGKATAN PERLINDUNGAN KONSUMEN sama sekali. DAN STATUS JURAGAN PUN TIDAK MENJAMIN DI BUKALAPAK, karena saya mengalami kasus dua kali dengan penjual berbeda namun sama sama bereputasi JURAGAN, atau mungkin mereka pemain yang sama dari BUKALAPAK sendiri, entahlah.

Herman Tan mengatakan...

Halo Anonim, tampaknya anda perlu bersabar lagi biar tidak makin GONDOK mengingat ini adalah rangkaian libur natal panjang, 23 Des - 27 Des 2015, lalu disambung 31 Des - 04 Jan 2016.

Saya prediksi keluhan anda baru akan direspon setelah tanggal 5 Jan 2016. Sementara barang anda saya pastikan tidak dikirim dengan alasan kantor pengiriman sedang libur atau sangat sibuk.

Tapi tenang saja, duit anda tidak akan hilang kok. Cuma apa anda tenang membiarkan uang pembelian SMARTPHONE senilai jutaan MENGENDAP di rekening BUKAPALAK selama 1 bulan? wkwkw

Kalau anda orang kaya sih no problemo, tapi kalau orang pas pasan, duitnya bisa dipake buat yang lain kali. Belum lagi makan hati, makan waktu, tersiksa dengan menunggu tanpa kejelasan selama sebulan. Mirip kasus di PHP-in sama pacar wkwkwk

Sekali lagi yang sabar ya, anda tidak sendiri kok. Ribuan pembeli di BUKAPALAK juga mengalami nasib yang sama

Herman Tan mengatakan...

Makanya bagi pembeli, hindari pembelian di rangkaian tanggal maut, seperti :

1. Momen idul fitri, biasanya memakan waktu libur sampai 2 minggu.
2. Momen natal dan tahun baru, biasanya memakan waktu libur sampai 3 minggu.

Ingat, mereka (penjual) juga manusia dan butuh libur. So, sebisa mungkin BELILAH DI TOKO FISIK pada saat musim libur panjang tersebut. Jangan tegiur dengN DISKON BESAR saat menjelang ke dua momen tersebut.

Jika nekat, nasib anda kemungkinan besar akan berakhir sama seperti sdr Anonim diatas yang tiap harinya makin GONDOK akibat di PHP (Pemberi Harapan Palsu)-in wkwkwk

cristina ratna mengatakan...

Sama..hikhs..

Your Pet Partner mengatakan...

sy termasuk seller di BUKALAPAK.COM, jadi ceritanya sy telah menjual pakan kucing, dan duitnya sudah masuk ke rekening buka lapak, saat proses pencairan uang tanggal 12 desember, nomer rekening di setting sy hapus dan bbrp saat kemudian sy ganti dg rekening lain (dengan bank yg sama yakni Bank BCA), sampe skrg uang 82000 itu kepending proses remmitnya. sy complain awalnya dibalas "nomor rekening terhapus saat pencairan uang", terus sy balas dgn menyertakan nomor rekening di fasilitas complainnya buka lapak, terus dijawab "proses pencairan uang sudah berada dlm anrian di bank, silahkan tunggu maksimal 6 jam ke depan" sampe 2 hari tidak ada uang cair, sy complain lg bahwa proses remmit terpending, dbalas lg oleh bagian payment support bahwa "nomor rekening anda dihapus saat proses pencairan". mengulang dan mengulang lagi. brengsek jg. kalo masih begini terus, mending sy tutup tuh toko di BUKALAPAK.COM

Nur Tri Hendiarti mengatakan...

Udah mending Seller-seller tinggalin aja tuh BL mafia, tukang nyolong

Nur Tri Hendiarti mengatakan...

Udah...mending tinggal aja tuh BL brengsek.Uang saya sbg penjual aja 3,7 jt ga bisa diambil.Semoga Allah memberi azab pada mereka penipu di BL.

Anonim mengatakan...

transaksi pertama berhasil.
transaksi kedua berhasil.
transaksi ketiga problem.
lah data transaksi hilang tiba tiba, sudah tertransfer, terkonfirm, dalam proses verifikasi tiba tiba hilang.
payah nih bukalapak.
error terus, promo jg ngga jelas, payah bukalapak.
isi keranjang tiba tiba hilang.
isi laporan, tidak ada konfirmasi masuk ke email saya.
terakhir kali ini di bukalapak.
terlalu dini buat buka ecommerce.
seandainya ada cara unreg account di bukalapak.

Toko15 mengatakan...

Iya nih saya penjual di BL.

Ada pembeli yang sudah memesan barang ke saya seharga 450.000....setelah barang dikirim dan resi input sudah dilakukan,dan status barang sudah terkirim namun link transaksi yang semula ada tiba-tiba hilang...Untung masih ada pertinggal di email saya...Nomor transaksi tersebut 151224109681

Mohon pihak bukalapak mengembalikan dana saya...saya merasa rugi kalau uang tidak balik ke saya....tidak ada laporan apa-apa kok status link transaksi hilang.

NUROH NURILMI mengatakan...

selama ini sy jualan dan belanja barang di bukalapak aman2 saja. uang ditahan dlu di dompet bukalapak ada manfaatnya. salsahsatunya adlah kalo misal kita mau belanja via BL, ga ribet2 tansfer dan konfirmasi, pencairan ke rekening sampai saat ini blm ada masalah. itu yg sya alami. thanks

Anonim mengatakan...

Begitu mudahnya para penipu itu masuk ke dalam sistem dengan cara mendaftar atau login di situs yang terpercaya sekalipun. Seperti pengalaman yang saya alami hari ini. Saya membeli sebuah laptop merk Asus Type A45v warna putih. Di sale kondisi baru dengan spek yang sama persis yang saya inginkan, tetapi harganya yang bikin saya kaget, harganya Cuma Rp 1.000.000 ,- karena di situ saya juga sudah cek di google harga barunya sekitar 5 juta keatas. Di situlah keraguan saya muncul. Dan bernyata – tanya, hmm apakah pelapak ini menipu saya, maka langkah yang saya lakukan adalah mem-feedback pelapak, dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Pelapak Penipu itu menggunakan nama pelapak ahmad sidik kurniawan . dia melancarkan aksinya dengan begitu mudahnya. Namanya jga penipu yaa... balasan feedback-nya pun jga tipuan... entah apa yang saya fikirkan , saya coba mengikuti langkah – langkah untuk mendapatkan laptop yang saya inginkan tersebut, sampai lah tahap dimana saya sdh sampai di step konfirmasi pembayaran.

Setelah itu saya menggunakan metode pambayaran melalui transfer ke ATM ... dapat lah konfirmasi dari email bahwa transaksi berhasil dan alhasil saldo saya berkurang sebesar Rp. 1.007.123 ,-

Lalu langkah selanjutnya saya cek di transaksi . singkat cerita... usut punya usut ternyata saya di tipu.... Astagfirulloh...

Saya tau dari pesan email oleh situs bukalapak.com . untung ada sistem policy yang canggih jadi Pelapak tersebut telah terindikasi melakukan penipuan di Bukalapak dan akun lapak yang bersangkutan sudah dinonaktifkan oleh Tim Policy Bukalapak.

PESAN DAN SARAN : Mohon kepada semua temen temen , tetap WASPADA dan HATI HATI dalam bertransaksi Online , sekalipun itu menggunakan situs Aman....

smga uang saya kembali dalam 4X24 jam.. doa saya

Prime News mengatakan...

Saya hampir membeli gitar made in China dari bukalapak, hampir saja gan...hehe..Membaca ini saya merinding, karena gitarnya juga jutaan gan.

Ahis prastio mengatakan...

Pesanan ane sih buat para calon buyer, kalo yang udh nama nya pake jasa online shop harus bisa lebih Pinter dan teliti sedikit! Jangan samakan Dengan pasar tradisional, jika menggunakan aplikasi Bukalapak atau pun lewat website manfaatkan fiture "filter- hanya top seller" dan juga "urutan- harga termurah" ,saat mencari barang jangan asal tergiur harga Murah tapi lihat dulu Dengan teliti pangkat lapak nya! Feedback nya juga minimal 1000 tapi harus di Cek positif atau negatif? Dan lihat juga sudah berapa banyak barang yang sudah terjual! Dan yang terakhir jangan malas baca deskripsi barang... Memang agak sedikit rumit tapi itulah tips yang ampuh untuk menekan kemungkinan penipuan belanja di Bukalapak.com .... Jika anda ngerasa ribet? Silahkan belanja di Toko offline dan kembali ke peradaban jaman batu...

Martiono mengatakan...

bukalapak tidak bisa membuktikan bukti transfer bahwa dana pelanggan sudah dikirim balik...hati2, cek dan print buku bank teliti benar2 bahwa dana sudah kembali.

Jeremy Koresy mengatakan...

Setuju..

Anonim mengatakan...

Jangan juga Agan semua memuji LAZ*D*... saya order barang batal karna pihak penjual tidak bisa mengirim barang, klaim balik dana bertele-tele makan waktu lama lebih dari 2 bulan.

Ijull mengatakan...

bukalapak aman aman ajj sya belanja lebih dari 10 kalian aman ajj barang terkirim,,, tapi kalau masalah pengiriman lama biasanya pelapak,, sama expedisi

Cipta Sarana Mandiri mengatakan...

Betul, sy beli di bukalapak biasa lancar jaya, trus di oxl juga aman aja, kadang ada penjual yg ribeut juga ada malah sy di lazxxx sy pernah belanja kadang barang cepet dikirim pi kadang berminggu2 ga dikirim, malah pernah ga dikirim sampe uang apa balik lagi apa ngga sampe lupa saking lamanya, so pinter pinter kita aja sebagai pembeli

PC Game 3000 mengatakan...

yang nama nya penipu pasti ada dimana saja
karena itulah sebagai pembeli kita wajib lebih pintar menyeleksi
bukalapak, tokopedia, kaskus hanyalah media penyambung
jika memang mereka penipu silakan laporkan
saya sudah berapa kali melaporkan lapak penipu dan sukses ditutup oleh mereka :)

btw di lazada ane terima kiriman barang parah ah~

Zay Maestrolive mengatakan...

Waduh baru tau banyak nyang komplain di bukalapak setelah sy kena PHP dr bukalapak,, sy jg barang udah dibayar tp ga ada konfirmasi, katanya pihak bank nya lg error (aneh) duit segitu2 nya lg, di fb nya bukalapak jg banyak yg komplain, tp apa ga da yg lapor polisi gitu,

Tamzis Arif wibowo mengatakan...

saya sudah tertipu oleh bulapak.com terus bagaimna uang saya kembali padahal uang saya sudah terkirim lebih dari biaya total yang ada..
mohon bantuannya dong min

Anonim mengatakan...

Tgl 19-01-2016 saya belanja di BL berupa LCD + Touchscreen HP di Lapak "Centralsparepart" 3 hari kemudian barang sampai rumah.
Kesan pertama
-transaksi mudah
-barang dtg tepat waktu
-packing rapi
Nah pas barang pesanan di coba dipasang di tempat servis hp ternyata LCD nya malah Ngeblank,jd saya mau kembalikan atau retur barang ke BL padahal si seller nulis di lapak nya garansi LCD seminggu. Tapi alhasil sampai sekarang komplenan lewat email atau feedback negative gak di gubris sama penjual atau admin cs BL.tapi saya belum coba telpon no BL tsb.
Intinya Kapok Belanja Di BL karena alamat atau no telp si seller gak ada,jd untuk retur barang sangat susah.

Herman Tan mengatakan...

Anda mau mengembalikan (retur) barang di bukalapak? Lewat Lazada aja prosesnya berbelit2, apalagi disana yang tidak ada penanggung jawabnya!

Hanya kemurahan hati penjualnya saja yang menentukan. Toh mereka sudah terima duit anda. Terserah anda mau beli lagi atau tidak, mereka engga akan peduli lagi, toh masih banya pembeli lain.

Soal feedback negatif itu engga akan pengaruh banyak ke rating mereka. Asumsi mereka, 1 dari 10 yang kasih rating jelek toh masih bernilai 9.

Anda jadi tumbal dalam hal ini. Tabah saja.

Anonim mengatakan...

namanya aja belanja online, q rasa bukan soal bukalapak, lazada atau toped atau yg lain2, tp dimana mana ada, bukan hanya seller yg bisa nipu, tp buyer nipu juga banyak, ada tmn q yg seller kena tipu buyer setelah brg diterima bilangnya brg rusak trus minta retur, tp bgtu brg sampai ke seller sidah nda spt kondisi waktu dikirim, batre dan bbrp komponen sudah diganti, buyer ngakunya yg rusak lcd tp di file nya ada hasil foto2 selfi, lah klo sjak awal lcd rusak mana bisa nampilin hasil selpi2 coba, so buyer dpt batre dan duit balik, seller merugi. Juga tentang hal2 mengenai cukai tu jg kasus lama, g cuman di bukalapak atau toped. Banyak dmn mn.

setuju sm banyak komen yg diatas, YANG PENTING baik jd BUYER maupun SELLER KUDU SMART..!!! kalo udah SMART tp kena juga, istighfar dl aja, kemungkinan cm lg 'diuji'. Mungkin tergantung amal dan ibadah. Hehehehhee..

Niatkan bismillah disetiap transaksi, smoga di lancarkan dan nda ketemu seller maupun buyer yg nipu. Saya jg seller, di nyaris banyak marketplace, sebagian produk sendiri sebagian dropship, untuk produk dropship tentu sy jg mesti harus konfirmasi stok dl, bbrp kali tjd transaksi dan admin agen dadakan blg stok abis (pdhl baru berjarak 3jam dr apdet stok), buyer bingung, lah qt yg seller juga bingung, sebisa mungkin sy akan penuhi transaksinya, kdang waktu 4 hari adalah waktu buat qt cari di agen yg lain berharap ada yg masih nyetok. Jika demikian pun sy selalu adakan kontak ke buyer via pesan atau sms/telp (untuk quickbuy)

mengenai proses pencairan lama, diakui sm bl bahwa bbrp kali memang sedikit masalah di sistem server, kalo cs nya yg lama, yah logisnya mungkin BL perlu nambah personil, insha Allah duit jg sudah banyak, duit banyak itu juga kan buat ngebayarin org2 yg kerja dibalik layar, buat ngecover promo, dll. Kalo lg pasang promo2 dan traffic tinggi suka agak lemot, tp so far kalo di aq dan bbrp tmn2 q yg juga seller pun buyer, masih dapat diselesaikan asal sama2 saling menghargai dan bekerjasama.

sbg seller sy pun masih banyak banget kekurangannya, bukalapak pun demikian, paling tidak dia juga terus belajar (termasuk soal kasi no hotline), cm kalo baca komen2 sadis agan2 yg menyamaratakan qt dgn kata2 yg g bermutu dan g berpendidikan begitu jd ikutan sedih jg.

IRZALDIHC mengatakan...

ini hari ini detik ini jg saya juga kesel sama BUKALAPAK.COM, udah2 capek ngirim sesuai prosedur. heeeee uang saya ngak kembali. keterlaluan

Nurachman Kautsar mengatakan...

Pengalaman saya sama seperti mas dimas..sudah ditransfer tapi katanya transaksi saya tidak diverifikasi...saya sudah kirim bukti screenshoot bukti transfer berkali kali ttp tidak ada balasan dri pihak buka lapaknya. Emang mereka semua penipu profesional dan makan uang haram

Nurachman Kautsar mengatakan...

Yang bilang belanja di buka lapak aman aman saja dan baik baik saja..masih bagian dri mereka. Saya sendiri sudah transfer dan saldo direkening berkurang, tpi kta mereka blm diverifikasi dan malah katanya transaksi saya basi. Padahal blm ada satu hari.. Saya kirim bukti screen shoot bukti transfer sampe 10 kali ke email mereka..gak ada respon samasekali..Ywdah buka lapak makan tuh uang haram

Nurachman Kautsar mengatakan...

Sama lazada juga penipu...saya pesan barang sudah lama tpi malah dapat email harus klarifikasi barang sudah diterima oleh saya..pas saya mau komplain dengan menampilkan bkti no pesanan malah katanya tidak terdaftar dan semua data barang pesanan saya hilang..

Nurachman Kautsar mengatakan...

Sama lazada juga penipu...saya pesan barang sudah lama tpi malah dapat email harus klarifikasi barang sudah diterima oleh saya..pas saya mau komplain dengan menampilkan bkti no pesanan malah katanya tidak terdaftar dan semua data barang pesanan saya hilang..

muhas el-mundziry mengatakan...

Tiadajual beli online yg jozzz kcuali olx . Sistem cod aman

Herman Tan mengatakan...

Kalau OLX lain lagi sistemnya. Di website mereka memang tidak ada mode transaksi duit. Semua hanya sample pajangan saja. Semua transaksi dibuat pada dunia real, pembeli dan penjual saling ketemuan. Jadi kalau masih kecolongan itu memang salah sendiri kenapa tidak ngecek dulu sebelum deal.

Jonathan James 007 mengatakan...

Saya juga menyesal jualan dibukalapak dan merasa sangat kecewa,ayo gan kita rame2 laporin polisi saja,ini sudah benar2 melanggar hukum

Jonathan James 007 mengatakan...

Benar gan,ayo kita laporin saja bukalapak ke polisi,saya jg merasa tertipu jualan di bukalapak

Unknown mengatakan...

Aku. Ga tau soal yang beginian....yang aku tau menjual. Barang sesuai permintaan dan melayani pembeli dengan sebaik mungkin.bahkan saya pernah kasih barang lebih karena menurut saya biaya kirim terlalu mahal.jujur saya ga pernah sekalipun berfikir curang.yang kufikirkan hanya nafkah yang halal untuk anak dan istri saya.itu. sudah cukup

Anonim mengatakan...

Punten ikut nimbrung min... ini mah kebetulan googling mengenai kasus bukalapak.. ternyata saya tidak sendiri... kronologis begini: hari sabtu 6/2/2016 saya checkout hp di bukalapak.. kebetulan senin 8/2 kan imlek.. sebelum jatuh tempo 2x24 jam, seller sms saya katanya maaf tidak bisa proses karena libur, dan menyarankan checkout order lagi hari selasa 9/2/2016 karena sudah masuk lagi. Sampe tenggat waktu, bukalapak membatalkan order saya otomatis, dan mengembalikan uang saya via rekening bank saya kurang dari 24 jam (Alhamdulillah cepat prosesnya).. lalu hari selasa 9/2/2016 saya mau checkout lagi ke pelapak yang sama, kok barangnya sudah gak ada.. kebetulan ada no telp pelapak yang sms sehari sebelumnya, saya tanya.. dia bilang sudah ready lagi.. susah pake sms, saya telpon, lalu dia bilang silahkan order lagi dan bisa dapet diskon 100rb menggunakan kode magic (yang rame di TV dengan iklan sendok bengkok).. sesuai instruksi saya checkout lagi, menggunakan kode voucher dan dapet diskon 100rb. selesai... Alhamdulillah, tanggal 10/2/2016 barang sampe.. waaah cepat sekali, dan barang sesuai dengan deskripsi...Senang lah saya..

Sore harinya (masih tanggal 10/2) si pelapak telpon saya, dia bilang mohon bantuan mentransfer diskon 100rb yang saya terima, karena dia merasa rugi karena diskon dipotong dari uang dia, bukan diganti oleh bukalapak... nah lho !!! untung saya agak cerdas, saya bilang itu resiko anda, toh kalo pun tidak diskon 100rb, saya memang akan beli.. lagian yang kasih kode voucher bukan saya, tapi pelapak sendiri.. terus kan urusan bayar membayar kan urusan saya dengan bukalapak, bukan dengan pelapak.. jadi kalo uang yang sampe ke pelapak tidak sesuai harapan bukan urusan saya sebagai pembeli, karena saya bayar sesuai tagihan dari bukalapak... eeeehh si pelapak bilang, tolong lah pak, kasihan sama saya, untungnya sedikit.... waaaah... saya jelas tidak tanggapi, saya bilang sori aja boss.. saya bayar sesuai tagihan, dan saya tidak ada urusan dengan pelapak kecuali pelapak mangkir kualitas barang atau lain2... urusan uang silahkan urus sendiri ke bukalapak..
Iseng saya buka halaman pelapak.. semua barang tidak muncul lagi, ada pengumuman toko tutup, buka lagi (tertera tanggal) ada note toko tutup "dengan alasan rugi akibat voucher magic".. nah lhooo..

Nah ini pengalaman saya langsung gan..
disini saya menyoroti:
1. Bukalapak tidak jelas urusannya sama pelapak mengenai promo yang mereka iklankan di media. Harusnya bila ada diskon atau promo, kerjasama dengan pelapak harus jelas..sehingga tidak ada yang dirugikan.
2. Pelapak juga harus jelas, sampe kasih kode voucher sama buyer, berarti dia siap diskon... kalo memang belum jelas urusannya sama buka lapak, ya jangan berani2 kasih diskon...
3. urusan seller-buyer melalui mediator seperti bukalapak harusnya tidak membolehkan seller-buyer melakukan komunikasi diluar channel bukalapak.com pada saat transaksi di bukalapak.. jadi bila ada yang merasa dirugikan, ya mediator harus bertanggungjawab... seperti kasus saya, kan lucu seller menghubungi saya minta dikembalikan diskon nya...

demikian gan.. terimakasih jadi ikut curhat..

Febina Syarah mengatakan...

Baru aj hari ini saya beli barang di BL dan sudah transfer.Gak tau deh nasib kedepannya gimana ??

Adi3N Ajha mengatakan...

udh 3 hari barang saya blom sampai dari BL , padahal dkterangannya hya smpai 1-2 hari aja ,, kecewa bangtt saya

Katarina Setiawan mengatakan...

Saya beli barang di BL dan sudah transfer dengan Transaksi 160256377237, trus tadi siang ada yang telepon dari reseller katanya barangnya akan dikirim dan katanya dia akan konfirmasi kalo barang sudah dikirim, tapi kenapa status di website BL statusnya dibayar, tidak ada barang dikirim. Mulai curiga, trus saya telepon ke BL tanya repurtasi reseller ini apakah fiktif katanya CC BL : Dana akan dikembalikan ke BukaDompet Anda jika barang tidak dikirim pelapak sampai hari Kamis, 25 Februari 2016 pukul 16:47 WIB (4 x 24 jam), soalnya aneh aja selama ini beli di toko online nga pernah ada reseller yang langsung telp. Memang siih harganya barangnya murah banget dibanding barang sejenis. nga tau niih nasih barang saya.

kiat aja mengatakan...

lazada juga sama aja , intinya semua itu bisnisnya juga menampung rekening uang, semua sama lahhh, jangan membodohi hitu.
semua itu bisnisnya samaa
bukaLAPAK mau tarik saldo belum d proses jugaa
keterangan masih dalam proses terusss.
belum di kirim uangnya. alasannya segala macem. pesan email jarang sekali dibalas. krim email 7x, balasnya 2 x
sdah 5 hari trhitug smenjak awal proses checkout saya lakukan, higga hri ini blum jg di transefer dananya !!!!

Anonim mengatakan...

Memang sekarang eranya belanja online, alhamdulillah sy setiap belanja ol tidak pernah tertipu, ntah itu di bukalapak ataupun yang lain, harus smart dalam memilih barang dan seller, itu intinya

Anonim mengatakan...

kemarin ane belanja alamat penjual ga jelas , ane beli alamat penjualnya di Sleman, tapi ko dikirimnya dari Bogor? kan biaya pengiriman membengkak yang seharusnya Rp 9000 jadi Rp 23.000 emang sih ga seberapa besar tetap aja ngerasa di rugiin.....

khoirul anam mengatakan...

aduh gan ane telat baca......ane beli 2barang dah hampir 4hari beli di BL kgk ada resinya...sx ada resiya ane cek di jne resiya ga keluar2...
jadi panik nih gan!!!info dong gmn cara narik duitya kembali klo barang ga dateng2.

A M Ferbian Cakra S mengatakan...

Saya, hampir stiap beli OnLine, di buka lapak. Mungkin lebih 50kali :v tapi Alhamdulillah, gak pernah kena tipu.
Sebenarnya, smua toko online, hampir sama. Malahan, transfer ke penjualnya langsung, resikonya lebih besar.
Kalo masalah curang/tidaknya, ane gak tau. Hehe. Yang penting, buka lapak, AMAN. "KALAU" kalian smart buyer. Jangan langsung main beli. Liat dulu penjual nya, dan lain2

Mang Youtube GELO mengatakan...

Belanja di laza di toko hitechmobileshop beli HP barang ilang dah hampir sebulan ga selesai nih urusannya, Uang ga di ganti ganti hadeeeeeeeeh puyeeeng sama ajalah klo online lagi apes ya sama aja

Melisa Kurniawan mengatakan...

Penjual di Bukalapak banya yang kampret memang. Sudah tau engga ada barang tapi masih sok pajang2 di tokonya. Sudah gitu, engga di cancel jika ternyata tidak ada barangnya, alias sengaja dibikin lama, di ondo-ondo sampai 4 hari (dibiarkan ter-cancel dengan sendirinya oleh sistem).

Nanti saya mau bikin toko juga ah, jualan laptp harga miring, biar pada minat pembelinya saya kasih banya bonus. Nantinya saya biarkan duit mereka mengendap 4 hari tanpa kejelasan, wkwkwk biar pada kapok belanja di bukalapak.

Emang enak duitnya diendapin 4 hari? Terus pesan lagi, ketemu penjual sama, diendapin lagi 4 hari, cari lagi, diendapin lagi, sampai tetek engga akan dapat penjual bermutu disana!

Syanne Walolow mengatakan...

Pendok memang ini para penjual di Bukalapak tukang tipu orang pe doi!!!

Polres Jember mengatakan...

Sama om, saya pesen barang hampir 4 hari dan di beri no resi dengan tujuan berbeda. Padahal top seller " toko berkah beramal" di inbox ga mau balas

Unknown mengatakan...

Sebenarnya kita orang bodoh..bisa2 nya ketipu ..

Ryan Cooller mengatakan...


sangat setuju jangan belanja dibukalapak, karena baru baru ini saya belanja di bukalapak tapi ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang saya pesan hingga saya pun melakukan komplain dan akan mengembalikan barang tersebut sesuai perjanjian sebelum saya membeli barang tersebut dan sesuai aturan bukalapak bahwa barang yang tidak cocok pesanan bisa dikembalikan melalui fitur retur barang. dan disebutkan dengan je;las pada aturan bukalapak bahwa jika pengemballian barang berlanjut maka penjual wajib mengisi alamat pengembalian barang di formulir yang telah disediakan oleh bukalapak, apabila dalam waktu 5x24jam penjual tidak mengikuti aturan bukalapak tersebut maka dana akan dikembalikan ke dompet pembeli. tapi sampai satu minggu penjual tidak mengikuti prosedur bukalapak dan memberikan alamat tersebut tidak pada formulir bukalapak sehingga formulir untuk pembeli mengkonfirmasi pengembalian barang tidak muncul. yang sangat mengecewakan saya adalah, bahwa transaksi tersebut mutlak kesalahan penjual, tapi malah bukalapak memaksa saya mengirimkan barang tersebut kepada penjual meskipun penjual tidak mengikuti aturan resmi bukalapak sendiri. jadi apa gunanya aturan yang dibuat oleh bukalapak bila tidak dijalankan oleh pihak bukalapak sendiri? dan apa susahnya bagi penjual untuk mengikuti aturan bukalapak tersebut. justru bila saya mengirim kembali barang tersebut saya tidak bisa mengkonfirmasi pengembalian barang secara resmi menurut aturan bukalapak dan malah bisa ditolak oleh sistem bukalapak karena tidak terdata pada sistem yang telah dibuat oleh bukalapak. dan hal seperti saya ini ternyat pernah juga dialami oleh teman saya (yg baru saya ketahui) teman tersebut mengirimkan barangnya meskipun penjual memberikan alamat tidak sesuai aturan sistem bukalapak,tapi akhirnya ketika teman tersebut memberitahukan kepada bukalapak malah bukalapak menolaknya karena pengembalian barang tidak sesuai prosedur bukalapak. saya berharap ada pihak yang memperhatikan sepak terjang bukalapak karena sudah banyak korban transaksi dibukalapak yang dilakukan dengan sistem yang amburadul.

Eka Handayani mengatakan...

saya pesan barang 2 power bank xiaomi warna ungu.pas barang sampe yg di terima warna biru & silver, merk pun beda, tidak berfungsi pula. tidak memuaskan.pdahal pembayaran sudah sesuai.sangat mengecewakan

paskalia product mengatakan...

saya beli sepatu kets di gambar sepatu branded.. yang dikirim sepatu handmade ecek-ecek..tidak berkualitas, saya komplain minta return.. katanya kesalahan saya karena tidak cermat memilih barang, saya bener2 kecewa

Suryanto Lim mengatakan...

Melihat jumlah komentar yang masuk hampir mencapai 200, saya PERCAYA memang banyak yang telah dirugikan dengan kebijakan sistem belanja online di BUKALAPAK dan TOKOPEDIA.

Jangankan di dunia maya, di dunia nyata pun banyak terjadi praktek jual beli yang merugikan pembeli. Jadi dimana-mana pasti ada yang dirugikan. Saya mendukung pembeli yang merasa dirugikan untuk menuntut BUKALAPAK dan TOKOPEDIA agar memperbaiki kebijakan yang mereka buat, agar jangan terlalu pro PENJUAL.

Rizal Setiawan mengatakan...

aduh melihat komenan kalian semua.. saya baru hamsyong aduhh...

Rizal Setiawan mengatakan...

saya beli iphone 5 yg 32GB seharga 8.970.000.. sampai saat ini entah kemana itu barang saya sudah menunggu kurang lebih 1 setengah bulan pembelian itu pas pertengahan februari.. namun barang gak ada uang pun hilang di dompet bukalapak juga tetep 0 sampai saar ini... hamsyong hamsyong... semoga perbuatan mereka d balas dengan seadil2nya oleh allah... aminnnnnnn

Herman Tan mengatakan...

Turut prihatin dengan musibah yang anda temui, Rizal.
Semoga uang nya cepat kembali, coba kontak lewat telepon (dulunya engga ada layanan ini).

Irkhamuddin Faried mengatakan...

Saya beberapa kali belanja di bukalapak aman saja kok..saya juga pernah pembelian di tolak..langsung uang tiga jam kemudian masuk buka dompet kita..dan bisa saya cairkan saat itu juga..sejauh ini tidak ada masalah dan saya mulai juga berjualan di bukalapak 2 minggu ini,alhamdulillah selalu lancar kok

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 244   Lebih baru› Terbaru»