14 Agustus 2015

Tips Memainkan CHAOS Online Server Luar Agar Tidak Delay


Game Online CHAOS Online Indonesia akan segera tutup pada 21 Agustus 2015 ini. Semenjak diluncurkan pada tahun 2012 lalu, game yang setipe dengan Dota buatan/versi Korea Selatan ini cukup banyak pemain nya. Namun apa boleh dikata, publishernya (Teragamez) sudah mau bangkut. Dari 4 game besutannya, Chaos ini adalah game terakhirnya yang masih tersisa. Banyak player setia Chaos Online mengharapkan agar kelak game ini dapat diambil oleh publisher yang lain; seperti beberapa waktu lalu game Point Blank yang diambil oleh Garena dari GemScool.

Namun untuk mengisi kekosongan sambil menunggu nasib apakah Chaos Online akan ada publisher lain asal Indonesia yang siap membelinya, sebagian player setia beralih ke Chaos versi negara lain, seperti Chaos Korea, Chaos Jepang, Chaos Thailand, dan Chaos versi lainnya. Namun, yang namanya bermain di server negara luar, sudah pasti akan lag atau istilahnya delay (ada waktu jeda 1-2 detik), karena koneksi Indonesia rata-rata hanya jago kandang saja namun pea (lemot) ketika mengakses server luar negeri. Hal ini akan membuat player hebat pun akan terlihat bodoh nantinya.

Namun hal ini bisa disiasati dengan menggunakan aplikasi sejenis VPN atau IP Hider. Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah HIDE ALL IP. Namun, sayangnya hanya 3 (tiga) hari saja untuk versi trialnya dan sehabis itu kita diharuskan untuk membayar $29/tahun (atau sekitar 400 ribu rupiah) untuk mendapatkan puluhan IP negara lain di dunia. Namun ini 100% pasti bekerja karena sudah saya coba sendiri bermain beberapa match oke no delay. Jika anda tertarik, silahkan mengunjungi alamat website dibawah ini dan download file nya yang berukuran sekitar 4 MB.

Link Download : http://www.hideallip.com

Cara installnya mudah :

1. Setelah anda download file nya, tinggal klik file nya untuk menjalankan proses instalasi, lalu tinggal next next aja.
2. Lalu pilih IP yang diinginkan, misalnya saya contohkan IP asal Jepang.
3. Setelah itu klik tombol menu "Hide Browser and All New Application IP" di paling atas.
4. Klik Connect dan tunggu beberapa saat.

Aplikasi ini bekerja dengan menyembunyikan atau menyamarkan IP asli kita dan menggantinya dengan IP dari Jepang. Tahu darimana kalau kita sudah menggunakan IP Jepang? Coba tes buka google.com, itu akan langsung di direct/di arahkan ke google.co.jp (lihat ekstensi JP di belakangnya). Satu lagi, dengan aplikasi ini, agan akan mendapatkan BONUS berupa bisa membuka berbagai situs yang telah di blokir pemerintah Indonesia. Engga percaya? Coba tes buka situs "kegemaran" anda dan lihat hasilnya.

Catatan * :
1. Aplikasi DeepFreeze di komputer tidak berpengaruh terhadap waktu trial.
2. Aplikasi yang sejenis adalah Hotspot Shield dengan masa trial 1 hari setelah itu bayar $29,95/tahun.

Update 22 Agustus 2015 :

Pada tanggal 21 Agustus, Chaos server Jepang mulai memblokir IP Asing. Jadi IP yang berasal dari Indonesia sudah tidak bisa login. Harus menggunakan VPN atau IP Hider. Saya baru saja menemukan cara yang baru untuk tetap bisa masuk masuk ke server Nipon tersebut; yakni dengan menggunakan VPN. Namun perlu anda ingat, di Google ada banyak pilihan aplikasi dan setingan VPN, namun yang bisa bekerja hanya sebagian; sementara sebagian lagi berbayar. Namun, ada 1 VPN yang menarik perhatian, saat saya menggunakan kata kunci "download free vpn"; yakni wormholevpn.com.

Layanan wormholevpn.com memberikan waktu trial 7 hari, setelah itu anda hanya perlu membayar $3 per tahun, atau $6 untuk layanan seumur hidup. Disana hanya tersedia 2 server, yakni Jepang dan US. Namun yang menarik adalah, anda TIDAK PERLU mendownload sama sekali aplikasi/program tambahan untuk menggunakan VPN ini; ini akan membuat PC anda tidak terbebani sama sekali. Anda hanya perlu melakukan registrasi awal, lalu selanjutnya anda akan dikirimi beberapa email, yang salah satu emailnya berisi VPN username (email pendaftaran) dan VPN  Password, dan sebuah link panduan dalam melakukan beberapa setingan standart yang dapat saya simpulkan sbb :

1. Masuk ke menu Control Panel > Network Connections
2. Create a new connections > Connect to the network at my workplace > Virtual private network connection
3. Isikan Company name (sembarang saja) > isi host name atau IP Address yang telah disediakan oleh wormholevpn.com > Finish!

Catatan * :
1. Ini benar-benar bagus karena anda tidak perlu menginstall aplikasi/program tambahan apapun. Saya pikir ini juga bisa bekerja pada smartphone anda yang ada fitur VPN nya, karena anda hanya perlu melakukan beberapa setingan dasar seperti diatas.
2. Saat memainkan Chaos Jepang, masih terasa sedikit lag karena ping nya masih agak besar. Namun tidak delay parah seperti anda mengaksesnya tanpa perlindungan VPN. Tapi saya pikir versi berbayarnya akan menyelesaikan masalah itu karena ada beberapa pilihan opsi lain.

Semoga membantu!

7 komentar:

Ino Javaneo mengatakan...

mau tanya gan, sampai sekarang masih bisa kah CHAOS JP ini main dr server indo? sy terakgir bisa pke hide IP bulan november. terima kasih

Herman Tan mengatakan...

Masih bisa kok. Malah sekarang mulai banyak pemain indonya disana.

Rivan mengatakan...

btw saya pecinta game chaos. gila banget cintanya. sampe2 sekarang saya jadi seperti zombie. ngeliat orang main dota steam iri banget. tapi saya sendiri ga berapa suka. nah cara main chaos online jepang gimana ya. mohon petunjuknya. kangen banget sama kingjoe

Herman Tan mengatakan...

Download versi jepang nya. Lalu pake VPN.

yoga mengatakan...

boleh mintak saran ?
saya kan players dari chaos online indonesia , karena game nya ditutup saya pensi de , sekarang mau main chaos JP , tapi gak tau downloadnya dmana ? mohon infonya gan makasih

kagataudeh mengatakan...

ad yg nya link chaos jepang sama VPnx gk...mw download nie

Unknown mengatakan...

chaos brasil aja bro sekarang chaos jepang udah di tutup