12 April 2018

Warnet Sepi = Internet/Paket Data Murahan + Smartphone Murahan + Game Mobile RPG

Menanggapi ulasan yang terdapat pada artikel Warnet! Tempat Menghibur yang Kini Jadi Legenda. Apa Kamu Pernah Jadi Anak Warnet Juga? pasti penulisnya senang ini karna dapat backlink gratis. Gpp lah hehe.


Menurut saya, yg bikin warnet mati, (1) selain koneksi murahan yg skrg bisa dipasang di rumah2, (2) juga smartphone murah yg bisa memainkan game2 mobile.

Kunci warnet itu regenerasi player. Anak2 SD skrg sudah gak mau lagi main warnet karena orang tuanya dulu bekas player warnet. Mereka pasti lebih milih buat beliin anaknya laptop bagus (gak lagi jamannya taruh PC dirumah men!) dan internet murah buat main dirumah ketimbang ke warnet.

Punya dana lebih? betul, kerjasama dengan sponsor VGA kayak diatas. Saya pernah dengar, untuk 1 unit PC dengan engine i7 + > 25 inci + 16 GB RAM + VGA GF dengan seri 4 digit (1000 keatas) + keyboard & mouse mekanik + headset + kursi putar ala2 pegawai bank itu harganya 25 juta.

Kalau masih ada sisa, tambahkan saja biaya seting komputer, dekorasi ruangan dan meja.

10 Unit sudah 250 juta. Minimal 20 unit 500 juta. Taruhlah bangunannya milik sendiri gak bayar sewa. Taruhlah internet skrg pada  murah jadi gak dihitung. 500 juta itu berapa lama mau balik modal, jika harga per jamnya Rp.1.500 seperti di foto akhir? Alamak, bisa sampai tetek bangkotan gak akan BEP itu!

Taruhlah per jam 5 ribu flat/no paket (mahal2 orang tetap lari), sehari penuhnya cuma 6 jam, dapat 600.000 per hari, 18 juta/bulan Bayar OP 3 orang UMP 3 sift 7,5 juta. 10 juta dgn listrik (full AC, engga lucu kalau warnet PC GG tapi modal kipas angin). Sisa 8 juta. Taruhlah 10 juta dgn untung snack + makanan cafe. 120 juta butuh waktu > 4 tahun baru BEP (Break Even Point; ALIAS BALIK MODAL)!!

Itu sudah lama sekali. Dulu warnet 6-12 bulan sudah BEP. Ini perlu sekitar 50 bulan baru BEP. Itupun kalau PC nya masih bagus dan terawat. Artinya, nanti bulan ke 45 baru untung pertama. Yup, dapat 10 juta/bulan dengan catatan keuntungan tidak menurun. Namun biasanya warnet akan meredup setelah tahun ke 3. Kalau tidak, investasi lagi. Belum untung, sudah investasi lagi. Lama2 bangkrut. Kenapa?

Karena BRAND "WARNET TUA" ITU JELEK!!. Beda sama brand perusahaan tua, merek tua, apa2 tua, termasuk orang tua, yg makin tua makin berpengalaman. Warnet Tua = KOMPUTER BUSUK, Tidak ada yg mau masuk warnet Anda, begitu ada warnet baru yg datang sbg pesaing.

Harga barang naik, apa2 semua naik, tapi harga sewa warnet dari tahun ke tahun umumnya cuma 2000-6000 perak/jam. Kalau ada yg pasang 10 ribu/jam/flat itu juga tidak banyak, Dulu dapat 10 juta/bulan bisa ciciln motor mobil rumah sudah ok Skrg 10 juta, bisa buat apa? Itu kuncinya.

Tidak ada komentar: